SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Jangan Tertukar, Ini Bedanya Programmer dan Developer

Di dalam dunia IT, ada banyak sekali profesi yang bisa digeluti. Diantaranya networking specialist, cloud engineer, IT analyst, IT security, computer support dan beberapa lainnya yang bisa kamu baca di artikel berikut.

Baca juga: Sederet Pekerjaan Bidang IT Beserta Tugas Dan Tanggung Jawabnya

Namun ada dua profesi yang mungkin paling sering membuat orang keliru atau salah persepsi, yakni programmer dan developer. Banyak yang menganggap kalau tugas keduanya sama, yakni sama-sama membuat produk perangkat lunak (seperti program, aplikasi atau situs).

Padahal sebenarnya ada hal-hal mendasar yang membedakan keduanya. Lalu, apa saja yang membedakan kedua profesi tersebut? Simak penjelasannya dibawah ya!

Perbedaan Programmer dan Developer

Programmer

Dibandingkan developer, programmer memiliki tugas yang lebih spesifik, yaitu melakukan coding, menguji kemungkinan adanya bugs dan memperbaikinya.

Programmer juga bertugas mengkonversi desain atau konsep menjadi instruksi yang bisa dijalankan oleh komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti JavaScript, C#, PHP, Oracle, SQL Server, Java dan lain sebagainya. Profesi programmer terbagi menjadi beberapa kategori.

  • Application Programmer (membuat program atau aplikasi tertentu)

  • System Programmer (membuat program untuk pemeliharaan software seperti sistem operasi dan database management systems)

  • AI/Machine Learning Engineer

  • Programmer game dan pengembang

Developer

Dari segi lingkup pekerjaan, developer (sering juga disebut sebagai software engineer) punya cakupan tugas yang lebih luas dibanding programmer. Profesinya ini biasanya juga memiliki pemahaman yang lebih menyeluruh terhadap proyek yang sedang digarap.

Baca juga: Lowongan Kerja Juni 2024 SERA Grup Astra

Sama seperti programmer, developer juga membuat coding. Perbedaannya, developer juga ikut berperan dalam berbagai aspek yang terkait pengembangan produk/proyek.

Secara rinci, tugas developer adalah mendesain perangkat lunak, melakukan pengembangan dan riset, membuat dokumentasi yang terkait dengan proyek, melakukan maintenance, Core implementation dan membuat analisis.

Prospek Karir Programmer dan Developer

Baik programmer maupun developer memiliki tugas yang berhubungan dengan coding. Namun ketika sampai ke ranah profesi, tugas keduanya berbeda. Seorang programmer yang hebat belum tentu bisa jadi developer. Karena ada begitu banyak aspek lain yang harus ditangani oleh developer dan butuh keahlian khusus.

Sederhananya, developer bisa diibaratkan sebagai project manager yang punya kemampuan melakukan coding. Sedangkan programmer adalah teknisinya.

Baca juga: Kesalahan Dalam Karir Yang Jarang Disadari Pekerja

Namun, tugas utama keduanya tetaplah menemukan cara untuk menyelesaikan masalah dalam pengerjaan proyek. Untuk itu, keduanya mesti mencari tahu apa masalahnya dan menemukan kerangka teknis untuk menyelesaikannya.

Dilihat dari peluang yang ada saat ini, mobile punya permintaan cukup tinggi di bursa kerja. Ini karena kebutuhan terhadap aplikasi smartphone, tablet, dan gadget lainnya juga semakin tinggi.

Seorang mobile developer biasanya memiliki spesialisasi pada platform Android (bahasa pemrograman Java atau Kotlin) atau iOS (menggunakan Objective-C atau Swift).

Makanya nggak heran kalau saat ini banyak programmer beralih ke pengembangan aplikasi mobile karena potensi benefit yang lebih tinggi. Gimana, tertarik jadi salah satunya?

Baca juga: Bahasa Tubuh Yang Mesti Diperhatikan Saat Interview Kerja

Selain menyiapkan skill dan keahlian yang dibutuhkan, pastikan juga perusahaan yang kamu lamar punya budaya kerja yang positif dan prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.

Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.

184
Tags
SERA