SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Hati-hati Penipuan, Ikuti Lelang dari Balai Lelang Terpercaya

Cara Aman dan Nyaman Membeli Mobil Melalui Lelang


Tawaran mobil bekas dengan embel-embel melalui lelang juga ikut marak di tengah masyarakat menjelang lebaran tiba. Berburu mobil bekas melalui mekanisme itu bisa menjadi alternatif cara untuk mendapatkan kendaraan sarana mudik ke kampung halaman.

Hanya saja, yang perlu dicatat adalah perlunya kewaspadaan dan kehati-hatian sebelum mengikutinya. Sebab, mekanisme lelang juga tak jarang dimanfaatkan orang maupun sekelompok oknum untuk melakukan penipuan.


Tetap Waspada, Jangan Sampai Penipuan Lelang 2021 Lalu Terulang

Masih lekat dalam ingatan kita, aksi penipuan yang dilakukan orang atau oknum tertentu yang mengatasnamakan lembaga lelang dari sebuah lembaga pemerintah. Bahkan mereka berani mencatut nama mantan pejabat tinggi sebagai penjamin, dalam sebuah lelang mobil jenis MPV mewah di awal tahun 2021 lalu.


Baca juga : Bijak Memilih Balai Lelang di Tengah Maraknya Penipuan Online


Sejatinya, jebakan penipuan bisa dihindari jika seseorang yang berminat mengikuti lelang tak tergiur iming-iming berupa bualan sebagai cara paling mudah untuk mengikutinya. Apalagi ditambah “bumbu-bumbu” barang yang dilelang di tempat tersebut berharga lebih murah ketimbang di tempat lain.

Melakukan cek dan ricek sekaligus tak gegabah adalah sikap yang bijaksana, meski tawaran keuntungan selalu digaungkan.  Karena faktanya, membeli mobil di tempat perusahaan atau lembaga lelang memang memiliki sederet nilai lebih.


Nilai Lebih Membeli Mobil di Lelang

Nilai lebih yang pertama adalah, soal keakuratan dan kualitas barang. Sebab, balai lelang memiliki tenaga ahli atau inspektor yang ahli di bidangnya termasuk soal mobil. Mereka menginspeksi mobil-mobil yang akan ditawarkan.


Baca juga : Bisa Menang Lelang Secara Otomatis, Aktifkan Fitur Ini


Pengecekan tak sebatas fisik tetapi juga non fisik atau software-nya, dengan cara manual maupun dengan sarana komputer. Dari hasil pengecekan nilai plus dan minus itu, ditetapkan kelas kualitas mobil mulai dari grade A hingga C.

Walhasil, masyarakat akan mendapatkan benda yang asli dari sang maestro karena terjamin keakuratannya secara transparan. Barang yang dibeli benar-benar sesuai antara harga dengan kualitas yang ada.

Kedua, saat menggelar pelelangan balai atau lembaga lelang menawarkan sejumlah pilihan barang. Sehingga, masyarakat memiliki beragam pilihan yang bisa dibelinya sesuai kemampuan finansial maupun tujuannya.

Ketiga, penawaran harga yang dilakukan tidak sembarangan. Semua akan disesuaikan dengan berbagai faktor. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan mendapatkan barang yang harganya tak sepadan dengan kualitasnya.

Namun, sekali lagi, untuk mendapatkan keuntungan seperti itu juga harus dipastikan lembaga atau balai lelang yang menggelarnya. Pastikan memiliki reputasi dan rekam jejak yang benar-benar diakui khalayak maupun otoritas resmi pemerintah.


Baca juga : Wajib Tahu, Ini Alasan Kenapa Harga Mobil Bekas di Balai Lelang Bisa Lebih Murah


Pilih Balai Lelang Terpercaya

Salah satu perusahaan lelang yang terpercaya kredibilitasnya adalah PT Balai Lelang Serasi (IBID). Telah berdiri sejak 2007 sebagai balai lelang yang bernaung di bawah grup Astra, IBID selalu melakukan berbagai inovasi baik dari segi pelayanan, proses, hingga objek lelang. 

Apalagi di kondisi pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang melakukan segala sesuatu dengan cara online. Ikut lelang di IBID pun semakin mudah dan menguntungkan, daripada ikut lelang di tempat lain. 

Jadi sekarang ini ada banyak pilihan atau banyak cara untuk bisa ikut lelang. Di balai lelang IBID pun sekarang ini juga sudah memudahkan konsumennya dengan teknologi digital melalui lelang online. Tidak hanya itu sekarang ini di IBID Anda juga bisa melakukan titip jual mobil lama dengan metode lelang. Fitur ini namanya Flash Auction yang bisa membuat mobil bekas Anda bisa laku dengan cepat.


Baca juga : Jual Mobil Cepat? Coba Flash Auction di Balai Lelang IBID


Lantas apa bedanya fitur Flash Auction ini dengan metode lelang yang lain di IBID seperti Timed Auction? 

Flash Auction merupakan cara baru lelang online di IBID yang diselenggarakan secara cepat, tidak terikat dengan jadwal lelang manapun. Selain itu, peserta lelang dapat melihat unit melalui Live Streaming dan mengajukan pertanyaan interaktif melalui Live Chat. 

Flash Auction adalah solusi bagi penjual yang ingin mobil bekasnya cepat laku. Sedangkan bagi pembeli, metode ini juga akan membantu Anda menemukan mobil bekas terbaru yang dilelangkan di IBID. Jadi, Anda sudah tidak perlu menunggu jadwal reguler lagi.

Sementara untuk Timed Auction adalah versi terbaru dari lelang online yang diadakan oleh IBID. Berbeda dengan flash auction yang dapat dilakukan melalui website dan aplikasi. Penawaran lelang pada timed auction hanya dapat dilakukan melalui aplikasi IBID saja.


Baca juga : Keunggulan IBID Dibanding Tempat Lelang Lainnya


Jadwal lelang timed auction dan flash auction juga berbeda. Pada umumnya, timed auction memiliki periode lelang lebih panjang yaitu dua hari hingga seminggu. Sehingga Anda bisa lebih leluasa dalam manajemen waktu dalam mengikuti lelang tipe ini. Sementara flash auction memiliki jadwal lelang yang cepat sesuai Namanya, sehingga Anda bisa mendapatkan mobil atau menjual mobil lama dengan lebih cepat. 

Lelang online antara timed auction dan flash auction tidak terlalu berbeda jauh. Untuk jenis NPL yang digunakan juga sama yaitu NPL timed auction. Sedangkan, waktu pelaksanaan timed auction jauh lebih panjang. Anda bebas menentukan mau ikut tipe lelang yang mana, jika suka persaingan ketat yang menantang dan selesai di hari itu juga, Anda bisa memilih flash auction. Namun, kalau Anda suka persaingan yang santai tidak terlalu mengikat maka sebaiknya menjajal timed auction.

Dengan metode flash auction dan timed auction, Anda bisa ikutan lelang dari mana saja tanpa harus datang ke cabang IBID terdekat. Anda juga bisa mengecek kondisi objek lelang dengan membaca detail di setiap lot yang tersedia. Ayo ikut lelang mobil di IBID sekarang! Kunjungi www.ibid.astra.co.id.

2706
Tags