SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Inovasi Jadi Kunci Sektor Logistik Semakin Berkembang di Masa pandemi

Sektor Logistik Semakin Pesat, Kuncinya ada di Inovasi Saat Pandemi


Pertumbuhan kinerja sektor logistik (transportasi dan pergudangan termasuk kurir) di Indonesia sudah terlihat lebih membaik jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilihat berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) hingga Triwulan III-2021, Supply Chain Indonesia (SCI) memperkirakan sektor ini akan berkontribusi sebesar Rp 699,1 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) atau tumbuh sebesar 1,08% (year-on-Year) di 2022. Adapun SCI memproyeksikan kontribusi sektor logistik terhadap PDB Indonesia hingga akhir tahun 2021 kemarin mencapai Rp 676 triliun atau terkontraksi sebesar 2,03% (Year-on-Year).

Sementara menurut laporan dari Google, di mana gross merchandise value (GMV) e-commerce di Indonesia bertumbuh sebesar 52 persen dari USD 35 miliar pada 2020 menjadi USD 53 miliar pada 2021, menjadikan pasar e-commerce Indonesia adalah salah satu sektor yang tumbuh paling cepat di dunia. Sedangkan sektor logistik dan transportasi memiliki peluang pasar senilai USD 81,3 miliar yang siap untuk dikembangkan lebih besar lagi.


Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Sektor Logistik dan Istilah di Dalamnya


Pertumbuhan Logistik Tidak Terlepas Dari Inovasi

Meningkatnya pertumbuhan logistik terutama di sektor e-commerce tentunya tidak lepas dari banyaknya inovasi yang hadir, terutama di saat pandemic Covid-19. Adanya pandemi ini ternyata juga menciptakan berbagai peluang bagi pelaku bisnis untuk mampu menghadirkan inovasi secara cepat dan berkelanjutan.

Salah satu inovasi yang berkembang di sektor logistik ini adalah membantu perusahaan logistik pihak ketiga (3PL) dalam mengelola pesanan, termasuk mengoptimalkan rute pengiriman mereka dan mengemas bersama pesanan yang akan dikirim ke tujuan yang sama, serta membantu pelanggan dalam memanfaatkan fasilitas pergudangan dengan efisien dan memastikan arus pengiriman barang yang lancar.


Baca juga : Logistik dan Transformasi Digital


Pentingnya menyediakan layanan logistik yang memudahkan kegiatan operasional seluruh pelaku usaha dan mengembangkan kapabilitas teknologi yang ditawarkan serta mempercepat digitalisasi UMKM dan bisnis skala enterprise di seluruh Indonesia, ini yang menjadi kunci semakin berkembangnya sektor logistik di Tanah Air.


SELOG Hadir Sebagai Solusi Transportasi Logistik

Sektor logistik ini ternyata juga menjadi salah satu unit bisnis dari SERA yang tergabung dalam Grup Astra. Di bawah brand SELOG, yang hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Termasuk menyediakan solusi logistik terintegrasi untuk berbagai skala usaha dengan pelayanan dari hulu ke hilir (end-to-end).

PT Serasi Logistik Indonesia (SELOG) ini menyediakan solusi layanan logistik mencakup layanan logistik berdasarkan kontrak, layanan pengiriman barang, pengelolaan pergudangan dan freight forwarding melalui jalur transportasi darat, laut dan udara secara menyeluruh. 

Tak hanya itu, tapi SELOG juga memiliki layanan SELOG Express untuk pengiriman dokumen dan paket. Saat ini SELOG melayani segmen industri yang luas, antara lain otomotif, consumer goods, alat berat, kebutuhan bahan pokok dan lainnya.


Baca juga : Ini Perbedaan Jasa Ekspedisi Biasa Dan Freight Forwarding


SELOG memang memiliki spesialisasi di bidang jasa transportasi logistik jalur darat dan freight forwarding. Saat ini Selog memiliki 575 truk. Sementara itu, untuk mengakomodasi jalur laut, khusus dikelola oleh PT Toyofuji Serasi Indonesia yang memiliki 5 kapal Roro (roll on-roll off). 

Bersama dengan sistem Astra FMS (fleet management system), SELOG menjadi solusi terbaik bagi konsumen Indonesia karena didukung dengan fleet management solution berbasis teknologi untuk membantu manajemen transportasi perusahaan baik untuk penumpang ataupun logistik.

SELOG kini juga telah menerapkan layanan Warehouse Management System (WMS). Layanan WMS ini memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. Tidak hanya itu, WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time. 


Baca juga : Sektor Logistik Di Tahun 2022 Diprediksi Meningkat, Ini Faktanya!


SELOG hadir memberikan jasa logistik end to end dengan layanan yang beragam, salah satunya courier services. Secara umum, jasa kurir ekspres ini terbagi dalam dalam layanan standar dan layanan solusi. Layanan standar meliputi same day service, next day service, dan regular service. 

Sementara itu, dengan layanan solusi, Anda tidak perlu khawatir apabila membutuhkan layanan khusus seperti layanan VPD (valuable, perishable, dangerous goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi tautan berikut ini.

3098
Tags
SELOG