SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mengenal Lebih Jauh Transportasi dan Logistik di Indonesia

Apa Saja Peran Transportasi dan Logistik Bagi Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia


Logistik merupakan pengelolaan aliran perpindahan barang dari tempat asal menuju ke tempat lain untuk memenuhi permintaan konsumsi individu maupun perusahaan. Oleh karena itu, sektor logistik memiliki peran kunci dalam kegiatan produktif maupun konsumsi yang menentukan seberapa besar ekonomi sebuah wilayah atau negara bertumbuh.

Dalam kegiatan logistik ini, kendaraan atau sarana transportasi yang merupakan alat untuk perpindahan barang itu menjadi unsur yang sangat menentukan. Seberapa efisien dan efektifnya kegiatan logistik juga sangat tergantung sarana transportasi atau kendaraan yang digunakan.


Baca juga : Fungsi Penting Transportasi Dalam Logistik


Bagi Indonesia yang secara geografis terdiri dari rangkaian pulau-pulau (yakni 17.500 pulau) dengan total panjang wilayah mencapai 5.120 kilometer dari timur ke barat, dan lebar 1.760 kilometer dari utara ke selatan, aspek logistik dan transportasi ini menjadi tantangan tersendiri. Belum efisiennya biaya logistik masih menjadi tantangan tersendiri.

Oleh karena itu, pemerintah terus melakukan pembenahan dengan menghilangkan regulasi yang kontraproduktif sekaligus melakukan pembenahan infrastruktur mulai dari jalan, stasiun kereta api, hingga pelabuhan dan bandar udara. Pemerintah juga mengalokasikan sekitar 24% PDB Indonesia untuk sektor logistik dan transportasi.

Dua sektor itu bukan hanya menentukan lancar tidaknya di mata rantai pasokan (supply chain) barang untuk produksi, tetapi juga menentukan keberhasilan operasi perusahaan. Bahkan tingkat keuntungan perusahaan.


Baca juga : Transportasi Dan Logistik Terbukti Memicu Pertumbuhan Perekonomian Nasional


Membangun Sektor Transportasi dan Logistik yang Efektif

Untuk mewujudkan sektor logistik dan transportasi yang efektif dan efisien tidak hanya dibutuhkan kendaraan yang handal dalam performa semata, tetapi juga harus efisien dalam biaya. Sehingga, keuntungan perusahaan pengguna jasa sektor ini juga optimal atau bahkan maksimal.

Ada beberapa jenis sarana transportasi logistik yang perlu dipahami termasuk tingkat keefektifan dan efisiensinya ketika digunakan.  Meski sarana transportasi yang digunakan dalam proses logistik bisa saling berkaitan antara sarana transportasi darat seperti truk dan kapal laut, atau dari pesawat terbang ke truk, kemudian dari kereta api pindah ke kapal laut dan pindah lagi ke truk.

Oleh karena itu, faktor efisiensi biaya menjadi tantangan terbesar logistik dan transportasi di Tanah Air. Padahal, efektif dan efisiennya transportasi dalam logistik sangat menentukan bagus tidaknya rantai pasokan (supply chain) yang merupakan kunci dari kelangsungan dan keberhasilan operasi bisnis.


Baca juga : Revolusi Industri 4.0 Bergantung Pada Peran Logistik Berbasis Digital


Melihat fakta ini, mempercayakan sarana transportasi untuk kegiatan logistik ke pihak ketiga (outsourcing) merupakan pilihan terbaik karena lebih efisien dan efektif dibanding jika dilakukan sendiri. Meski dengan catatan, perusahaan logistik yang digunakan jasanya haruslah memiliki kredibilitas terpercaya.

PT Serasi Autoraya atau biasa disebut sebagai SERA merupakan perusahaan transportasi dan logistik terpercaya di Tanah Air. Anak usaha Astra International bahkan dikenal sebagai perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia, yang memiliki tahun 2020 memiliki kantor cabang di 26 kota di Indonesia.

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun membuat PT Serasi Autoraya sangat memahami kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya di bidang logistik dan transportasi. SERA menjadi perusahaan besar dengan fasilitas teknologi mumpuni dan menyediakan layanan jasa terbaik bagi masyarakat Indonesia.


Baca juga : Platform Digital Jadi Kunci Perkembangan Bisnis Transportasi Dan Logistik


Unit bisnis SERA di Indonesia terdiri dari beberapa bisnis transportasi dan logistic, mulai dari bisnis penjualan mobil bekas yaitu mobil88, kemudian ada juga unit bisnis lelang mobil bekas yaitu Balai Lelang Serasi (IBID) hingga ke bisnis sewa mobil baik untuk individu maupun korporasi yaitu TRAC. 

Selain itu, perusahaan ini memiliki unit bisnis layanan logistik yang bernama SERA Logistics atau SELOG. Unit ini menawarkan pelayanan jasa logistik yang cepat, tepat, aman, dan senantiasa tepat waktu dengan dukungan teknologi dan sumberdaya manusia yang sangat mumpuni serta sudah terlatih dan andal dalam memberikan pelayanan.

Untuk informasi mengenai bisnis SERA, Anda bisa mengunjungi mengunjungi situs resmi www.sera.astra.co.id.

4422
Tags
SERA