SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Ini Cara Menghindari Penipuan Mobil Bekas di Balai Lelang

Perkembangan teknologi ponsel dan sosial media semakin memudahkan para penggunanya dalam melakukan berbagai kegiatan. Termasuk di antaranya beli mobil bekas melalui proses lelang. Tapi di sisi lain, potensi terjadinya penipuan lelang mobil juga meningkat pesat.


Kasus-kasus penipuan lelang mobil tersebut dilakukan dengan berbagai modus. Mulai dari iklan lelang mobil dengan harga jauh di bawah harga pasaran, meminta transfer uang muka dan banyak lagi.


Baca juga : Menimbang Untung Rugi Beli Mobil Bekas Melalui Lelang


Tapi diantara berbagai modus yang digunakan, yang paling sering digunakan adalah modus dengan mengatasnamakan badan lelang mobil terpercaya.


Agar tidak terjebak dalam skema penipuan, berikut ini tips agar terhindar dari penipuan lelang mobil bekas.


Cari Tahu Informasi Balai Lelang

Saat ini Anda bisa dengan mudah mengecek keaslian penyelenggara atau balai lelang melalui internet, mulai dari media sosial, website, hingga testimoni di beberapa forum diskusi.


Lewat media sosial Instagram misalnya, Anda bisa melihat profil akun penyelenggara. Akun resmi biasanya memiliki warna, pola, dan desain yang konsisten. Demikian pula dengan postingan, akun balai lelang resmi biasanya memiliki postingan yang konsisten. 


Selain profil, cek juga bio akun Instagram tersebut. Akun lelang resmi biasanya terhubung dengan website dan media sosial lainnya yang juga merupakan link resmi dari akun lelang tersebut.


Baca juga : Flash Auction, Metode Spesial Lelang Mobil Yang Wajib Dicoba


Lakukan cross-check dengan cara mengunjungi websitenya. Apabila tercantum akun media sosial yang sama, bisa dipastikan balai lelang tersebut bisa dipercaya. Sebagai contoh Balai Lelang Serasi - IBID dengan nama akun Instagram resmi @ibid_balailelangserasi dan website https://www.ibid.astra.co.id/


Selain itu, pengguna juga bisa mencari tahu alamat kantor atau pool penyelenggara balai lelang dan mengunjunginya. Apabila tidak sesuai, harus berhati-hati dan waspada!


Jangan Tergiur Harga Murah!

Kenali unit kendaraan yang akan dilelang oleh penyelenggara atau balai lelang. Salah satu modus penipuan balai lelang yang umum dilakukan adalah menawarkan mobil bekas kondisi bagus dengan harga murah dan tidak wajar.


Salah satu cara mudah mencari referensi harga pasaran adalah dengan melihat harga jual mobil bekas di Market Auction Place (MAP) milik IBID. Di MAP, pengguna bisa mendapatkan kisaran harga jual mobil berdasarkan tipe, kondisi mobil, dan harga jual di pasaran.


Agar tidak seperti membeli kucing dalam karung, Anda juga bisa mengunjungi secara langsung pool yang dimiliki IBID untuk melihat kondisi mobil yang akan dilelang. Dengan begitu, Anda bisa leluasa melakukan pemeriksaan fisik atas mobil bekas yang ingin dimiliki.


Baca juga : Pakai Cara Ini Agar Auto Menang Di Lelang Mobil


Baca Informasi Lelang

Salah satu ciri balai lelang resmi dan tepercaya adalah memiliki prosedur dan jadwal lelang yang jelas. Oleh karena itu, pastikan untuk mencari tahu prosedur dan jadwal lelangnya secara lengkap dengan menghubungi kontak yang tertera pada informasi.


Tanyakan mengenai jadwal lelang rutin yang dilakukan, unit yang dilelang pada jadwal tersebut, cara pendaftaran, prosedur pelelangan, dan uang jaminan.


Jika prosedur lelang tersebut sesuai dengan ketentuan lelang pada umumnya, terutama sesuai dengan apa yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), bisa dipastikan bahwa penyelenggara atau balai lelang tersebut merupakan badan yang terpercaya.


Seperti halnya IBID yang merupakan bagian dari Astra Group dan berada di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), sehingga proses pelelangannya dijamin aman.


Pastikan Metode Pembayaran Aman

Cara lain untuk mengetahui apakah balai lelang mobil bekas tersebut bebas dari penipuan adalah dengan cara memperhatikan metode pembayaran yang digunakan.


Pertama, Balai lelang resmi bisa dipastikan tidak pernah menggunakan metode pembayaran Down Payment (DP) dalam jumlah besar. Balai lelang resmi hanya mensyaratkan uang jaminan untuk mendapatkan Nomor Peserta Lelang (NPL).


Baca juga : Tips Aman Ikuti Lelang Online Agar Anda Tidak Tertipu


Kedua, Balai lelang resmi juga tidak pernah menggunakan rekening atas nama pribadi, tetapi menggunakan rekening Virtual Account (VA). Penggunaan rekening VA ini jelas lebih aman karena dalam pembuatan rekening tersebut, pihak Bank mensyaratkan akta pendirian perusahaan, rekening giro perusahaan, dan NPWP perusahaan.


Dengan kata lain, rekening VA bisa menjadi petunjuk untuk calon peserta lelang bahwa balai lelang tersebut telah melalui persyaratan administrasi resmi yang telah diakui keabsahannya oleh perbankan.


Demi memudahkan para calon peserta lelang, IBID memiliki berbagai virtual account dari berbagai bank ternama. Di antaranya adalah Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI, Bank Syariah Indonesia, Bank Sahabat Sampoerna (BSS), dan Permata Bank.


Pastikan untuk mengikuti tips-tips di atas agar terhindar dari jebakan penipuan lelang mobil bekas agar bisa mendapatkan mobil bekas pilihan dari balai lelang tepercaya.


Agar tidak tertipu saat mengikuti lelang mobil bekas, sebaiknya pilih balai lelang yang sudah jelas kredibilitasnya, seperti IBID.


IBID atau balai lelang resmi milik PT Serasi Autoraya (SERA) yang telah berdiri sejak tahun 2007. Selain terpercaya, IBID juga menawarkan kemudahan mengikuti lelang live auction melalui aplikasi IBID yang tersedia di Google Play Store maupun Apple App Store.


Dengan demikian, peserta bisa mengajukan bidding dari mana saja tanpa harus ke lokasi. Bahkan bisa diakses lewat aplikasi mobile IBID pada smartphone Anda.


Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs resmi https://www.ibid.astra.co.id/

1932
Tags
IBID