SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Begini Pentingnya Peran Logistik Dalam Proses Distribusi

Seperti Apa Peran Logistik Dalam Proses Distribusi, Simak Penjelasannya!


Pernahkah terlintas di benak Anda pada saat membeli barang kebutuhan, bagaimana seandainya barang tersebut tidak terkirim secara lancar dan dengan ongkos yang lebih murah? Tentu, Anda sebagai konsumen akan merasakan dampak yang luar biasa karena kelangkaan yang berujung melonjaknya harga.


Jika kondisi pernah terlintas di pikiran Anda, maka Anda telah memikirkan betapa pentingnya faktor distribusi barang yang dihasilkan produsen ke konsumen. Dalam arus distribusi inilah peran logistik memegang kendali.


Secara harfiah kata logistik memiliki arti pengadaan fasilitas, perawatan, hingga pemindahan barang atau produk ke konsumen. Atau secara umum, logistik juga bisa diartikan sebagai proses perpindahan produk barang atau jasa, energi, sumber daya alam lainnya dari titik awal sampai ke titik pengguna.


Di era yang menuntut kecepatan dan ketepatan distribusi barang konsumsi, seiring dengan kemajuan teknologi digital yang telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini, peran logistik pun bisa mengimbangi. Sebab, jika tidak maka tujuan produsen maupun bisnis penjual produk akan terganggu, alias tidak tercapai.


Baca juga : Kolaborasi Transportasi Dan Logistik Dalam Pertumbuhan Ekonomi


Pengelolaan peran logistik yang handal dibutuhkan untuk memastikan produk dikirim secara tepat waktu, tepat kuantitas, tepat kualitas, dan tepat lokasi dengan biaya yang paling efisien.


Kegiatan logistik ini meliputi kegiatan pemindahan barang dengan sarana transportasi dan pergudangan untuk penyimpanan sementara barang sebelum disebar ke titik-titik terdekat dari domisili konsumen.


Efisiensi dan ketepatan logistik itu sangat dibutuhkan dan harus diperhitungkan produsen hingga distributor karena tantangan yang dihadapi tidaklah kecil. Tidak semua produk-produk tersebut langsung diperlukan oleh manufaktur atau konsumen, tetapi kontinuitas pasokan produk tetap harus dijaga.


Padahal, mata rantai pergerakan produk dari produsen, distributor, hingga konsumen tidak jarang membutuhkan waktu yang panjang, serta mesti didukung sarana transportasi yang beragam. Mulai dari moda transportasi sea freight, air freight, inland trucking, kereta api, hingga transportasi antarmoda.


Baca juga : Perbedaan Freight Forwarder Dan Freight Broker


Di sinilah produsen, distributor, hingga pengecer yang ingin mengirimkan barang ke konsumen membutuhkan perusahaan jasa logistik yang benar-benar menawarkan kecepatan dan ketepatan proses logistik plus biaya yang efisien.


Terlebih di era e-commerce seperti sekarang, dimana pengelolaan order penjualan maupun pengiriman barang dituntut lebih cepat, tepat, sekaligus murah demi memenangkan persaingan.


Pentingnya Memilih Penyedia Jasa Logistik yang Tepat

Memang, jika melihat kondisi di lapangan perusahaan jasa logistik umumnya telah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mempermudah prosesnya. Seperti Transportation Management System (TMS), Warehouse Management System (WMS), Fleet Management System (TMS), serta proses penerimaan order dan pengiriman barang atau yang biasa dikenal sebagai Supply Chain Management (SCM).


Namun pertanyaannya apakah semua itu berlangsung terintegrasi dan dilakukan dalam satu atap, sehingga kecepatan dan ketepatan proses distribusi dan logistik benar-benar efisien?


Oleh karena itu, memilih perusahaan jasa logistik yang juga menyediakan jasa pergudangan sangatlah penting. Pastikan perusahaan yang memiliki layanan jasa secara menyeluruh dalam satu pintu (one stop service).


SERA Logistic atau SELOG adalah jawabannya. Salah satu lini bisnis dari PT Serasi Autoraya (SERA), yang notabene bagian dari grup PT Astra International Tbk ini, telah dikenal luas sebagai perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia.


Baca juga : Meneropong Masa Depan Pergudangan Indonesia


SERA yang pada awalnya merupakan perusahaan jasa sewa kendaraan, kini telah menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan. Dengan pengalaman lebih dari 33 tahun dan terus berinovasi, SERA menawarkan layanan jasa logistik yang efektif, efisien, dengan kualitas tinggi dengan menghadirkan SELOG.


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, serta Courier Services.


Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait layanan SELOG, Anda bisa mengunjungi situs resmi di tautan berikut ini https://www.sera.astra.co.id/id/page/35/perusahaan-logistik-pengiriman-cargo


1906
Tags
SELOG