SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Beli Mobil Tarikan Leasing, Bisa Lewat Lelang

Beli Mobil Tarikan Leasing di Balai Lelang, Simak Caranya Berikut Ini!


Beli mobil bekas di balai lelang sekarang ini banyak pilihan dan caranya, termasuk membeli mobil bekas tarikan leasing yang saat ini menjadi incaran pembeli mobil bekas.


Balai lelang mobil pada umumnya dapat menawarkan ratusan unit kendaraan ketika kegiatan lelang berlangsung. Dari ratusan unit banyak yang asalnya diperoleh dari perusahaan leasing. 


Mobil tarikan leasing adalah mobil yang dibeli secara kredit melalui perusahaan leasing (pembiayaan), namun kemudian ditarik kembali oleh pihak leasing jika mobil tidak berhasil terbayarkan kreditnya kepada perusahaan leasing tersebut. 


Saat debitur tidak sanggup membayar angsuran mobil yang mereka beli, maka perusahaan leasing akan menarik mobil tersebut. Biasanya mobil tarikan leasing tersebut juga akan dilepas ke balai lelang.


Beli mobil tarikan leasing aman, jika Anda membelinya dari balai lelang yang terpercaya. Perlu diketahui bahwa membeli mobil bekas tarikan leasing legal untuk dilakukan.


Baca juga : Beberapa Istilah Lelang Yang Perlu Dipahami


Meskipun demikian, agar Anda terhindar dari masalah maka Anda harus membelinya dari balai lelang mobil profesional dan terpercaya seperti Balai Lelang Serasi (IBID).


Meski begitu, agar Anda bisa merasa lebih tenang ketika membeli mobil lelang tarikan leasing, maka Anda juga tetap perlu selektif dan melakukan beberapa pengecekan seperti berikut:


1. Memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan

Sebelum membeli mobil tarikan leasing, Anda harus melakukan pemeriksaan pada kelengkapan surat-surat kendaraan. Hal ini wajib dilakukan karena bisa jadi mobil terpaksa ditarik oleh pihak leasing di jalan sehingga kelengkapan surat-suratnya tidak ada.


Oleh karena itu, pastikan unit mobil lelang tersebut dilengkapi dengan surat-surat kendaraan mulai dari STNK, BPKB, faktur, hingga Surat Pelepasan Hak atau Surat Keterangan Pelepasan Hak Kendaraan.


Perlu Anda ketahui, Surat Pelepasan Hak adalah dokumen atau surat yang dibuat oleh perusahaan yang akan melelang atau menjual mobil atas nama perusahaan. Nantinya, dokumen ini akan Anda perlukan untuk proses balik nama yaitu dari nama PT ke nama pribadi.


Baca juga : Hati-Hati, Begini Ciri Modus Penipuan Lelang


2. Pastikan surat hutang piutang sudah diterbitkan

Tips selanjutnya ketika membeli mobil lelang tarikan leasing adalah memastikan bahwa semua proses administrasi keuangan dari mobil tersebut sudah terselesaikan dengan baik.


Jangan sampai ketika mobil sudah Anda beli kemudian terdapat pihak leasing yang menghubungi Anda karena mobil ternyata masih bermasalah.


Kondisi tersebut biasanya terjadi karena unit mobil diperoleh dari pihak leasing-leasing "nakal". Oleh karena itu, pastikan Anda membelinya dari balai lelang profesional karena mereka akan membantu memastikannya.


3. Cek keadaan fisik mobil

Tips selanjutnya ketika membeli mobil lelang tarikan leasing adalah memeriksa keadaan fisik mobil. Sebenarnya, cek kondisi mobil memang wajib dilakukan ketika Anda ingin membeli mobil bekas.


Namun ketika Anda ingin membeli mobil tarikan leasing dari balai lelang, maka hal tersebut wajib dilakukan untuk menghindari masalah.


Baca juga :Mobil Hingga Gadget, Sederet Barang Ini Bisa Dibeli Lewat Lelang Online


IBID Balai Lelang Terpercaya Bereputasi Tinggi

Bicara balai lelang terpercaya di Indonesia, salah satunya adalah PT Balai Lelang Serasi, dengan kegiatan usaha jasa balai lelang bermerek IBID. Balai lelang resmi milik PT Serasi Autoraya (SERA) yang berdiri sejak tahun 2007 itu selain terpercaya, juga menawarkan kemudahan mengikuti lelang live auction melalui aplikasi IBID yang tersedia di Playstore dan Appstore.


IBID yang bernaung di bawah bendera Grup Astra hingga akhir 2016, telah menjual lebih dari 27.000 kendaraan roda empat di ajang lelang dan mengadakan lebih dari 500 event lelang setiap tahunnya.


Setiap minggunya secara rutin IBID mengadakan lelang di 10 cabang yang tersebar di Indonesia. Selain itu IBID juga sudah mengadakan lelang di lebih dari 30 kota di Indonesia.


Metode Lelang IBID


Live Auction

Merupakan tipe lelang real-time di mana setiap lot objek lelang tampil bergiliran pada satu jadwal lelang yang telah ditetapkan. Ketika objek lelang itu tampil, maka para peserta lelang boleh memberikan penawaran terbaiknya hingga mencapai satu harga tertinggi.


Maka setelah peserta dengan penawaran tertinggi itu menang, IBID akan melanjutkannya dengan lot objek lelang selanjutnya. Metode lelang ini berbeda dibandingkan dengan Timed Auction dan Flash Auction.


Baca juga :Tips Dapat Mobil Dengan Harga Murah Di Balai Lelang


Timed Auction dan Flash Auction

Setiap objek lelang mulai pada waktu yang sama sesuai dengan jadwal lelang. Perbedaannya, Flash Auction memiliki durasi waktu yang pendek yaitu sekitar satu jam saja, sedangkan Timed Auction bisa beberapa jam hingga hari. 


Misalnya Timed Auction minggu ini terdapat 10 mobil bekas yang akan dilelang pukul 12:00 hingga 17:00 WIB. Semua mobil tersebut akan tampil serempak pada jam tersebut dan setelah lelang berakhir, barulah diputuskan siapa peserta yang berhak membawa pulang mobil bekas tersebut berdasarkan penawaran tertinggi.


Ada satu kelebihan Flash Auction yang tidak dimiliki oleh metode lelang lainnya, yaitu mobil bekas yang dilelang dalam Flash Auction bisa dikatakan fresh from the oven karena baru saja selesai diinspeksi oleh tenaga ahli Astra Car Valuation (ACV).


Dari sisi penitip lelang, mobil bekasnya bisa lebih cepat laku. Sedangkan dari sisi peserta lelang bisa mendapatkan mobil bekas yang fresh. Hal ini berbeda dengan Timed Auction yang merupakan lelang terjadwal seperti Live Auction.


Baca juga : Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Menang Lelang Mobil Bekas


Keunggulan lain Flash Auction adalah tersedianya fitur Live Streaming dan Live Chat untuk peserta lelang. Setiap peserta lelang yang sudah memiliki NPL bisa menanyakan 10 pertanyaan mengenai detail kondisi mobil bekas kepada inspektor melalui fitur Live Chat. Sang inspektor pun bisa menunjukkan detail mobil bekas melalui Live Streaming dengan langsung mengarahkan kamera ke bagian yang ditanyakan oleh peserta lelang.


Flash Auction hadir sebagai jawaban untuk menciptakan kenyamanan lelang online. Cukup dari rumah, peserta lelang bisa melihat detail objek lelang melalui Live Streaming sehingga tidak ada lagi kekhawatiran akan mendapatkan mobil yang bermasalah karena kondisi kendaraan dijabarkan secara rinci dan lengkap. 


Tertarik untuk mengikuti lelang di IBID? Unduh aplikasi IBID lewat Google Play Store dan Apple App Store atau kunjungi https://www.ibid.astra.co.id

5688
Tags
IBID