SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tips Buat Fresh Graduate Mudah Dapat Kerja

Mendapatkan pekerjaan impian tentu menjadi goals hampir semua orang, terlebih mereka yang sebentar lagi menyelesaikan pendidikannya di jenjang sarjana. Dunia kerja seakan menjadi lingkungan yang dinanti, untuk menerapkan setiap ilmu yang dimiliki semasa kuliah, sambil mendulang pundi-pundi rupiah.


Hanya saja, bagi para lulusan baru atau yang populer dengan sebutan fresh graduate, mendapatkan pekerjaan pertama nampak terasa menyulitkan. Hal ini mungkin bisa dimaklumi, karena pada beberapa posisi perusahaan lebih menginginkan calon karyawan yang sudah berpengalaman.


Namun, jangan dulu berkecil hati. Sebagai seorang fresh graduate yang baru saja menyelesaikan pendidikan, mencari pekerjaan pertama bisa menjadi tugas yang cukup menantang. Namun, dengan tips-tips ini, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dengan lebih cepat.


Baca juga : Cara Buat Lamaran Kerja Online Agar Cepat Diterima


10 Tips Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja


Persiapkan CV dan Portofolio yang Menarik

Pastikan CV dan portofolio terstruktur dengan baik, menyoroti pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian yang relevan. Jangan lupa cantumkan prestasi akademik dan non-akademik yang pernah Anda raih.


Jaringan dan Berinteraksi

Manfaatkan jaringan dengan komunitas alumni, teman seangkatan, dan dosen. Bergabung dalam acara atau seminar yang relevan dengan bidangmu juga dapat membantu memperluas jaringan dan mendapatkan wawasan baru.


Peningkatan Keterampilan

Menjadi fresh graduate berarti masih banyak ruang untuk meningkatkan keterampilan. Ambil kursus tambahan, ikuti workshop, atau peroleh sertifikasi yang relevan dengan bidang yang Anda minati. Ini akan menunjukkan keinginan untuk terus belajar dan berkembang.


Kerja Praktek dan Magang

Ambil kesempatan untuk mengikuti program kerja praktek atau magang di perusahaan yang Anda minati. Ini memberikan peluang untuk belajar lebih dalam tentang industri dan membangun pengalaman kerja yang berharga.


Baca juga : Cara Menjawab Kelebihan Dan Kekurangan Saat Interview


Siapkan Diri untuk Wawancara

Latihan wawancara adalah kunci kesuksesanmu. Persiapkan jawaban untuk pertanyaan umum dan pertanyaan khusus tentang perusahaan yang Anda lamar. Jangan lupakan juga untuk mengenakan pakaian yang sopan dan rapi saat wawancara.


Perluas Cakupan Pencarian

Jangan hanya terpaku pada satu atau dua perusahaan yang Anda minati. Coba cari peluang kerja di berbagai bidang yang sejalan dengan minat dan keahlianmu.


Gunakan Platform Pencarian Kerja

Manfaatkan platform pencarian kerja seperti LinkedIn, JobStreet, atau Karir.com untuk mencari lowongan kerja yang sesuai dengan keinginanmu. Jangan lupa untuk secara teratur memperbarui profil dan mengirim aplikasi dengan lengkap.


Tingkatkan Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting dalam dunia kerja. Pelajari cara berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis, dan aktif dalam berpartisipasi dalam diskusi.


Baca juga : Bocoran Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Dilontarkan HRD


Jaga Motivasi dan Tetap Positif

Mencari pekerjaan tidak selalu mudah dan mungkin ada beberapa kali penolakan. Tetaplah termotivasi dan jaga sikap positif. Ingatlah bahwa setiap penolakan adalah kesempatan untuk belajar dan tumbuh.


Pahami Industri dan Pasar Kerja

Lakukan riset tentang industri dan pasaran kerja yang Anda minati. Ketahui tren terkini, persyaratan perusahaan, serta kualifikasi yang diinginkan oleh perekrut.


Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dengan lebih cepat. Tetap konsisten dan percaya pada diri sendiri, dan semoga Anda segera berhasil mendapatkan pekerjaan yang diimpikan!


Setelah mengetahui tipsnya, sekarang saatnya untuk mencari lowongan kerja di perusahaan ternama, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/


2167
Tags
SERA