SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Negosiasi Gaji Agar Dapat Sesuai Harapan

Gaji atau upah merupakan faktor terpenting yang harus diperhitungkan dan diperhatikan oleh seseorang yang ingin melamar atau mendapatkan tawaran bekerja. Sebab, ujung dari tujuan bekerja tidak lain adalah ingin mendapatkan penghasilan yang benar-benar layak.


Fakta juga menunjukkan, komponen gaji atau upah yang diterima karyawan dengan standar dan ukuran kelayakan secara umum sesuai dengan tingkat atau bobot pekerjaan yang dijalani. Namun sebaliknya, jika tidak sesuai harapan dan standar, tentu akan berpengaruh pada hasil kerjanya.


Bahkan, tidak sedikit karyawan yang mengalami kondisi tersebut, akan sulit fokus bekerja dan berupaya mencari tempat bekerja lain yang memberikan upah atau gaji lebih besar.


Oleh karena itu, bagi Anda yang baru akan melamar sebuah pekerjaan atau tengah menjalani proses rekrutmen di sebuah perusahaan, mencermati proses negosiasi gaji merupakan sebuah keharusan. Agar mendapati penghasilan yang sepadan, dan membuat kerja jadi lebih nyaman.


Baca juga : Lowongan Kerja Paling Banyak Dicari Tahun 2023


4 Tips Negosiasi Gaji saat Interview Kerja

Agar negosiasi gaji benar-benar tepat dan masuk akal sehingga bisa diterima oleh pemberi kerja, maka perlu dilakukan beberapa hal.


Riset Standar Gaji

Pertama, lakukan riset soal gaji yang rata-rata diterima oleh pekerja pada posisi yang dilamar di berbagai perusahaan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah informasi besaran gaji itu yang berlaku di wilayah provinsi atau kota yang sama.


Sebab, membandingkan gaji pekerja di posisi yang sama antara provinsi DKI Jakarta dengan di daerah tidaklah tepat, karena berbagai faktor seperti standar biaya hidup dan lainnya juga berbeda.


Tidak Asal Menyebut Ekspektasi Gaji

Kedua, jangan memberi besaran gaji yang ingin diterima saat interview dengan perekrut sebelum diminta menyebutkannya. Sebaiknya menunggu hingga mereka bertanya.


Di sinilah pentingnya Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum menjalani tahap wawancara dalam rangkaian proses perekrutan pekerjaan.


Baca juga : Cara Membuat Cv Biar Auto Diterima Kerja


Jika telah mendapatkan gambaran soal besaran gaji yang umumnya diterima pegawai di posisi yang Anda lamar, dan Anda harus menurunkan besaran yang harus diterima, turunkan sebesar 20 persen atau 25 persen.


Tetapi hal itu dengan catatan, besaran tersebut Anda terima selama menjalani masa percobaan atau sebelum diangkat sebagai karyawan tetap. Sebab, umumnya, perusahaan memberlakukan masa tertentu sebagai uji coba karyawan baru untuk mengetahui kinerja dan kemampuan mereka.


Sebutkan Ekspektasi Gaji yang Logis

Ketiga, ketika ditanya oleh pewawancara soal berapa besaran gaji yang Anda inginkan, sebutkan besaran yang tertinggi dari rentang gaji karyawan di posisi yang Anda lamar. Tentu, besaran gaji itu akan Anda ketahui setelah Anda melakukan riset.


Mengapa Anda menyebut besaran gaji yang tertinggi di rentang gaji karyawan pada posisi itu? Sebab umumnya, saat wawancara, bagian sumber daya manusia dari perusahaan tersebut akan mengajukan tawaran besaran gaji yang paling bawah atau paling rendah di rentang gaji yang ada.


Beri Alasan Kenapa Layak Mendapat Gaji Sesuai Ekspektasi

Terakhir, pada saat interview tunjukkan kemampuan atau keterampilan Anda benar-benar di atas standar.  Jawab setiap pertanyaan dengan menyakinkan, fokus, dan rasional sesuai dengan konteksnya.


Tetapi satu hal yang juga perlu Anda perhitungkan ketika akan melamar pekerjaan di sebuah perusahaan adalah, bagaimana kondisi perusahaan yang bersangkutan serta prospek perkembangan karir Anda di masa depan. Sebab, tidak sedikit orang yang merasakan ketidaknyamanan kondisi dan lingkungan kerja di tempat mereka bekerja.


Baca juga : Umr 2023, Daerah Mana Paling Tinggi?


Bahkan, tidak sedikit pula yang mengaku merasa menyesal bekerja di perusahaan tempatnya bekerja karena karirnya tidak berkembang. Padahal, perkembangan karir umumnya sejalan dengan perkembangan tingkat kesejahteraan.


Oleh karena itu, memilih perusahaan dengan lingkungan kerja yang nyaman, memberikan penghargaan karyawan berdasar prestasi, serta membuka peluang sebesar-besarnya terhadap perkembangan karir di masa depan, perlu juga dipertimbangkan. Seperti PT Serasi Autoraya atau SERA yang saat ini sedang membuka banyak lowongan kerja.


SERA merupakan perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/


1004
Tags
SERA