SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

5 Cara Membuat CV dengan Mudah dan Praktis

Mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilan tentu menjadi tantangan tersendiri. Tetapi jangan patah semangat. Langkah pertama yang bisa dilakukan agar mendapat pekerjaan impian adalah menyiapkan Curriculum Vitae (CV) yang menarik.


CV menjadi dokumen penting yang bisa merefleksikan diri Anda secara singkat. Sehingga perekrut di perusahaan tempat Anda melamar kerja dapat mengenali calon karyawannya.


Untuk itu, saat melamar kerja pastikan membuat CV yang dikirim cukup menarik, baik secara tampilan maupun isinya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat CV. Berikut ini panduan sederhana membuat CV dengan mudah dan praktis namun tetap berkualitas.


1. Pilih Format yang Tepat

Sebelum mulai membuat CV, pertimbangkan format yang akan digunakan. Ada beberapa format yang umum, seperti kronologis, fungsional, atau kombinasi keduanya. Pilih format yang paling sesuai dengan pengalaman Anda dan jenis pekerjaan yang Anda incar.


2. Identitas dan Kontak

Hal pertama yang harus ditonjolkan pada CV adalah informasi pribadi. Pastikan Anda mencantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang masih aktif digunakan. Pastikan alamat email Anda profesional, hindari penggunaan alamat email yang tidak pantas.


Baca juga : Persiapan Interview Kerja Agar Tampil Percaya Diri


3. Ringkas dan Jelas

CV Anda harus memberikan gambaran singkat dan jelas tentang siapa Anda, latar belakang pendidikan, serta pengalaman yang dimiliki. Gunakan kalimat-kalimat sederhana agar mudah dimengerti, dan jangan bertele-tele. Hindari penggunaan kata-kata tak bermakna yang tidak relevan.


4. Uraikan Pendidikan dan Pengalaman yang Dimiliki

Bagian terpenting dalam CV Anda tentu mencakup pendidikan dan pengalaman yang Anda miliki. Uraikan pendidikan Anda dan relevansinya dengan bidang pekerjaan yang dituju.


Jika Anda sudah bekerja sebelumnya, ceritakan secara singkat tugas dan tanggung jawab Anda, beserta prestasi atau hal-hal luar biasa yang pernah dicapai.


Tapi kalau ini merupakan pekerjaan pertama, Anda bisa bercerita tentang kegiatan-kegiatan positif yang pernah dilakukan semasa kuliah. Atau aktivitas non-formal lainnya. Jelaskan seperti apa peran dan pengaruh Anda di dalamnya.


5. Koreksi dan Revisi

Sebelum mengirimkan CV yang telah Anda buat, pastikan untuk mengoreksinya secara cermat. Periksa tata bahasa, ejaan, dan format yang digunakan. Minta saran dan masukan dari teman atau atau kerabat yang Anda percaya. Jika Anda informasi yang kurang, segera perbaiki agar terlihat lebih berkualitas dan profesional.


Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat CV yang mudah dibaca dan praktis. Tips ini tentu akan membantu Anda untuk tampil lebih menonjol di mata perekrut dan meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan impian Anda.


Baca juga : Cara Negosiasi Gaji Agar Dapat Sesuai Harapan


Ingat selalu kalau CV yang Anda buat merupakan representasi diri Anda. Jadi pastikan untuk memberi kesan baik dan fokus pada hal-hal yang relevan dengan tujuan Anda.


Gimana, sekarang sudah tahu kan cara membuat CV dengan mudah? Setelah mengetahui tipsnya, sekarang saatnya untuk mencari lowongan kerja di perusahaan ternama, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan kerja, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

608
Tags
SERA