SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Investasi di Sektor Transportasi dan Logistik Adalah Hal yang Tepat

Sektor transportasi dan logistik di Indonesia memiliki prospek yang sangat cerah dan memiliki peran penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi, mengingat sekitar 24% PDB Indonesia datang dari sektor ini. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan dengan lebih dari 17.500 pulau, itu sebabnya sektor transportasi dan logistik memiliki peranan yang sangat penting.

Selain itu, transportasi dan logistik merupakan salah satu sektor di mana pemerintah Indonesia menaruh minat yang besar. Bahkan Presiden Indonesia Joko Widodo telah mengeluarkan 13 kebijakan logistik pada 2015, termasuk penyederhanaan prosedur lisensi, pembatalan peraturan regional yang tidak menarik.

Kebijkan ini bertujuan untuk mengurangi biaya serta meningkatkan perkembangan sektor ini. Kinerja sektor transportasi dan logistik yang bagus berarti biaya transportasi yang murah untuk barang-barang, yang pada akhirnya meningkatkan tingkat persaingan ekonomi Indonesia.

Pertumbuhan Transportasi Dan Logistik Di Indonesia

Selama lebih dari 10 tahun sektor transportasi dan logistik Indonesia telah menikmati pertumbuhan sebesar dua digit. Menurut riset yang dilakukan oleh Frost & Sullivan, pertumbuhan di sektor ini tetap positif dan akan terus seperti ini hingga 2020.

Diprediksi akan ada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 15.4% hingga 2020. Dana dari pemerintah Indonesia dan pemasukan yang meningkat serta bertumbuh pesatnya sektor e-commerce berkontribusi terhadap pertumbuhan industri transportasi dan logistik Indonesia.

Bisnis E-commerce sendiri terus mengalami peningkatan setiap tahunnya di Indonesia dengan lebih dari 100 juta pengguna internet. Belanja online merupakan salah satu kegiatan di internet yang dominan di Indonesia. Sebagai hasilnya, penjualan online melonjak pesat, mengambil keuntungan dari kemajuan ini.

Peningkatan di bisnis e-commerce ini juga berdampak terhadap industri transportasi dan logistik Indonesia, dalam hal jumlah dan kualitas layanan kurirnya. Tentunya kinerja dari layanan kurir ini juga terus meningkat sehubungan dengan kualitas, ketepatan waktu dan frekuensi.

Oleh karena itu, banyak pusat pemenuhan, depot distribusi dan jaringan transportasi yang harus dibangun untuk memenuhi permintaan untuk mengantar barang dan konsumen yang terus meningkat. Perusahaan-perusahaan internasional, terutama yang memiliki teknologi canggih untuk operasi logistik, telah melihat adanya kesempatan luar biasa di sektor ini.

Investasi Di Transportasi Dan Logistik

Sejak 2016, pemerintah Indonesia sudah menggelontorkan dana untuk membangun beberapa Pusat Logistik Berikat (PLB). Dan per 2017, bertambah menjadi 50 PLB karena besarnya ekonomi yang dihasilkan dari sektor ini di Indonesia.

Selain pengeluaran pemerintah yang besar-besaran, investasi asing senilai multi-miliar dolar juga terlihat membanjiri sejumlah pelabuhan, bandar udara, jalan raya dan proyek kereta. Dengan adanya upaya konstruksi infrastruktur transportasi dan logistik melalui investasi asing, Indonesia ditakdirkan untuk menyediakan kenyamanan transportasi dan logistik yang lebih lancar dan kuat.


258
Tags
SELOG SERA