SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Gaji Rp 4 Juta Ingin Punya Mobil? Ini Tipsnya

Memiliki mobil pertama memang menjadi dambaan hampir setiap orang. Tidak harus mobil baru tapi mobil bekas juga bisa jadi solusi Anda sebagai mobil pertama yang dibeli dengan hasil jerih payah sendiri. Tapi bagaimana cara untuk dapat memiliki mobil dengan gaji yang terbatas, misalnya gaji Anda hanya berkisar di Rp 4 jutaan. Tapi niat untuk punya mobil pertama sudah diujung tanduk. 

Pertanyannya, apakah cukup dengan gaji Rp 4 juta mencicil mobil? Dengan gaji bulanan di angka Rp 4 jutaan, memang pilihan yang masuk akal adalah mobil bekas. Karena harganya lebih terjangkau dan terkadang Anda juga bisa mendapat mobil murah tapi dalam kondisi prima alias seperti baru. Untuk harganya, jelas jauh lebih murah ketimbang membeli mobil baru. 

Mencari mobil bekas dengan harga murah memang cukup mudah, tapi biasanya usia mobil tersebut sudah di atas 10 tahun. Pastinya resiko untuk mengeluarkan uang untuk perbaikan akan ada dan bisa cukup mahal. Jika ingin mobil yang usia di bawah 10 tahun, kisaran harganya masih di angka Rp 70 jutaan sampai Rp 100 jutaan. 

Lantas, apakah dengan penghasilan sekitar Rp 4 jutaan per bulan, uang muka dan cicilan mobil bekas tersebut tetap bisa terjangkau?

Jawaban bisa saja, asal siap dengan pilihan mobil yang tidak banyak, mungkin hanya di segmen mobil LCGC saja. Begitu juga dengan pengeluaran bulanan menjadi terpakai untuk bayar cicilan mobil. 


Dilihat Kebutuhannya Seperti Apa

Dengan gaji bulanan Rp 4 jutaan, memang cukup sulit untuk bisa membeli mobil bekas dengan tahun muda. Untuk itu sebaiknya Anda melihat dulu apa kebutuhannya sehingga Anda perlu mobil dalam keseharian Anda. 

Kalau kebutuhan untuk dijadikan taksi online sudah pasti tidak bisa. Karena usia mobil tidak masuk kategori taksi online. Selain itu cicilannya bisa di angka Rp 2 jutaan dan biasanya pihak leasing akan sulit memberi persetujuan untuk kredit mobil bekas tersebut. 

Kecuali untuk antar jemput anak sekolah, atau untuk digunakan ke kantor sehari-harinya. Biasanya sales bisa mengakali kalkulasi cicilan bulanan untuk gaji Rp 4 jutaan. Tapi bukan berarti membuat karyawan yang bergaji Rp 4 juta per bulan jadi lebih mudah mengambil kredit mobil bekas. Karena pihak leasing akan tetap selektif memberi persetujuan.

Pihak leasing akan bisa memberikan kelonggaran Ketika sudah melakukan pengecekan terhadap calon konsumen. Misal rumahnya sudah milik sendiri dan sudah lunas, tidak ada cicilan lain. Atau ada penjamin, seperti orang tuanya masih produktif. Bisa juga jika Anda punya usaha sampingan lain. Baru itu bisa, karena pihak leasing akan melihat gaji Rp 4 juta tapi ada sampingan. Atau gaji Rp 4 juta tapi istri kerja, jadi bisa double income. 


Pastikan Ada Dana untuk Uang Muka

Membeli mobil bekas tapi hanya untuk gengsi saja? Ini adalah pilihan yang salah dan sebaiknya Anda pertimbangkan lagi. Jangan sampai Anda memaksakan kredit mobil bekas dengan uang muka kecil dan angsuran yang besar. Khususnya jika gaji Anda berkisar Rp 4 jutaan per bulan.

Usahakan ketika membeli mobil bekas ini Anda sudah menyiapkan uang muka. Tapi jangan juga mengandalkan uang muka minim tapi maunya mobil tahun muda yang harganya masih tinggi. Ini sama saja uang Anda akan habis untuk membayar cicilan mobil tiap bulannya. Sementara mobilnya tidak dipakai ke mana-mana karena Anda tidak punya uang untuk jalan-jalan. Jadinya mubazir kan. 

Paling tidak, untuk amannya usahakan biaya angsuran tidak boleh lebih dari sepertiga gaji bulanan. Jadi misalkan gaji per bulan, sekitar Rp 4 jutaaan, angsurannya tidak boleh lebih dari Rp 1,5 juta. Kecuali ada pemasukan tambahan seperti di atas tadi. 

Misal gaji Rp 4 juta, tapi Anda punya usaha, dan beli mobil buat usaha. Berarti dari usaha sampingan itu Anda bisa dapat tambahan penghasilan. Kalau begitu kasusnya baru bisa ambil yang cicilannya lebih besar lagi. 


Mobil Bekas Berkualitas di mobil88

Dengan penghasilan per bulan Rp 4 juta, Anda tentunya tidak bisa asal pilih jenis dan tipe mobil bekas. Demi tidak membebani pengeluaran bulanan, maka hanya ada beberapa jenis dan tipe mobil yang lebih disarankan. 

Pilihannya hanya pada mobil bekas dengan tahun yang tidak muda, karena biasanya harganya lebih terjangkau dari mobil bekas dengan tahun yang lebih muda. Paling tidak di kisaran angka di bawah Rp 100 jutaan. 

Tapi tentunya agar tidak mengalami kecewa saat membeli mobil bekas dengan tahun yang tidak muda, tentu lebih baik jika Anda membeli mobil bekas di mobil88. Karena di sini Anda bisa mendapat mobil bekas dengan harga terjangkau tapi kualitasnya terjamin. 

Mobil88 adalah tempat beli mobil bekas terpercaya yang memiliki jaminan kualitas, dengan banyak pilihan jenis dan tipe mobil di angka Rp 100 jutaan ini. Mulai dari city car, MPV, SUV hingga ke mobil sedan. Tapi memang di kisaran angka ini lebih banyak pilihan di segmen city car atau LCGC, tapi Anda bisa mendapat mobil bekas dengan tahun di bawah 5 tahun. 

Anda bisa melihat daftar mobil bekas dengan rentang harga di bawah Rp 100 juta di website resmi mobil88 e-store via www.mobil88.astra.co.id atau aplikasi yang sudah tersedia di playstore dan app store.

Saat ini, untuk city car ada pilihan Suzuki Karimun Wagon R MT tahun 2015 dengan harga Rp 85 juta, ada juga yang tahun 2013 di angka 82 juta. Kemudian Karimun GS AT tahun 2016 harganya Rp 98 juta. Untuk pilihan city car lain ada Toyota Agya AT tahun 2014 di harga Rp 92 juta. Ada juga stok unit Daihatsu Ayla X MT tahun 2016 yang dijual Rp 96 juta. Kemudian ada Daihatsu Ayla D MT tahun 2018 harganya hanya Rp 92 juta. 

Untuk tipe MPV ada Daihatsu Xenia M Deluxe MT tahun 2014 yang dijual RP 99 juta. Untuk tipe SUV ada Daihatsu Taruna 2003 di harga Rp 75 juta. Sementara untuk jenis sedan ada Hyundai Avega GL AT tahun 2007 yang hanya dijual Rp 68 juta saja. 


Untuk lebih lengkapnya, kunjungi “Daftar mobil bekas mobil88 dibawah 100juta”

324
Tags