SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tips Berkendara Aman di Jalan Raya

Semua orang pasti ingin berkendara dengan aman dijalan raya, namun perlu kita pahami bahwa tidak semua orang bisa tertib saat verlalu lintas di jalan raya. Nah, tertib dalam berlalu lintas adalah suatu kewajiban bagi semua pengguna jalan, siapa pun itu tanpa terkecuali. Karena dengan Anda tertib berlalu lintas dan menaati peraturan yang ada saat berkendara tujuannya hanya satu, agar Anda dan juga pengguna jalan lainnya selamat sampai tujuan dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Nyatanya di jalan raya masih ada saja pengendara-pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas. Padahal, melanggar aturan dalam berlalu lintas dapat membahayakan diri sendiri ataupun pengguna jalan lainnya. Mulai sekarang mari berbuat positif dengan melakukan tertib berkendara yang aman.

Berikut ini beberapa tips berkendara yang aman di jalan raya :


Sebelum Pergi Selalu Periksa Kendaraan Anda

Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum berkendara, dengan memeriksa kondisi mobil Anda terlebih dahulu. Tidak hanya cek bagian mesin kendaraan anda, tapi juga kondisi ban dan tekanan anginnya, serta apakah ada cairan yang menetes dari mobil ke garasi. Selain itu selalu bawa perlengkapan Anda sebelum meninggalkan rumah. 


Selalu Gunakan Sabuk Pengaman

Begitu meninggalkan rumah, pastikan Anda telah menggunakan sabuk pengaman dengan benar. Karena peranti ini akan menjaga Anda dari benturan ketika terjadi kecelakaan. Selain itu atur juga posisi mengemudi yang baik, atur posisi duduk yang benar agar tidak terjadi kram atau hal lain yang bisa mengganggu selama berkendara. 


Jangan Pernah Melawan Arus

Berikutnya adalah harus tertib berlalu lintas dengan selalu berkendara di jalur yang sudah ditetapkan. Jangan pernah sekalipun mencoba untuk melawan arus, karena hal ini sangat berbahaya tidak hanya bagi Anda tapi bagi pengguna jalan lain. Taati juga rambu-rambu lalu lintas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Mematuhi Kecepatan Berkendara

Hal ini sering terjadi di jalan tol biasanya, dimana kecepatan kendaraan selalu melebihi batas dari seharusnya. Padahal dengan melakukan aksi kebut-kebutan di jalan tol Anda juga bisa membahayakan pengendara lain. Akibat kecepatan tinggi pula, fokus Anda terhadap rambu lalu lintas maupun marka jalan jadi berkurang. Begitu juga saat di jalan perkotaan, jangan pernah melebihi batas kecepatan. Biasanya sekitar 40 km/jam di jalan protocol. Sebaiknya hormati juga pengguna jalan lain agar semua dapat berjalan aman dan nyaman. 


Dilarang Menyalip dari Bahu Jalan

Hal ini sering ditemui saat kondisi jalan tol sedang padat, di mana banyak pengendara yang menyalip dari lajur kiri atau bahkan dari bahu jalan yang ditujukan untuk kendaraan darurat. Sudah banyak kasus kecelakaan yang terjadi karena nekat menyalip dari bahu jalan lho. 


Baca juga : “Begini Cara Menggunakan Jalur Darurat Dijalan Tol”


Dilarang Bermain Handphone

Ini juga menjadi perhatian bagi semua pengendara di mana masih banyak yang menggunakan handphone sembari mengemudi. Hal ini sangat berbahaya, karena mengemudi adalah pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Sedikit saja gangguan dari layar handphone Anda maka bisa fatal akibatnya. Selain itu kini di jalan-jalan protkol pun sudah banyak kamera tilang elektronik yang siap memberikan Anda sanksi denda jika melanggar peraturan lalu lintas seperti menggunakan handphone saat mengemudi. 


Jangan Lupa Istirahat Ketika Mengantuk

Mengemudi itu ada batasnya, tidak bisa berjam-jam Anda mengemudi mobil. Pasti akan timbul rasa kantuk dan juga Lelah. Jika sudah begini usahakan untuk istirahat sejenak agar tetap aman. Karena mengantuk saat mengemudi ini juga bisa fatal akibatnya. Usahakan juga istirahat setelah mengemudi setiap 3 jam ya, agar konsentrasi Anda tetap penuh dan badan juga fit. 

Ingat juga keselamatan harus tetap diutamakan, mau seperti apa kondisi di jalan raya. Karena keselamatan berkendara itu tidak hanya untuk diri sang pengendara, tapi juga untuk pengguna jalan yang lain. Ingat juga ada keluarga yang menanti Anda tiba di rumah dengan selamat. Taat pada peraturan lalu lintas menjadi langkah awal untuk menjaga keselamatan diri dan orang lain saat berkendara.


250
Tags
SERA