SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Strategi Pemerintah Dalam Pemulihan Industri Logistik Saat Pandemi

Di masa pandemi, banyak sektor usaha yang mengalami penurunan profit bahkan sampai harus gulung tikar. Untuk itu pemerintah Indonesia terus berusaha untuk memulihkan kembali sektor-sektor usaha yang terdampak pandemi ini. Salah satunya adalah sektor logistik yang terus mendapat dukungan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kemenhub agar kembali pulih.

Pasalnya, logistik menjadi tulang punggung dari sektor lain yang membutuhkan distribusi barang, terutama di saat semua orang melakukan kegiatan dari rumah. Dibutuhkan penyesuaian dan strategi baru antara rantai pasok global dengan adaptasi, digitalisasi, kesiapsiagaan untuk keberlanjutan sistem logistik di masa pandemi. Guna mendorong pemulihan logistik ini dibutuhkan kebijakan dan dukungan penuh dari pemerintah sebagai regulator agar proses distribusi barang bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Oleh karena itu, diperlukan kesiapan sistem distribusi logistik yang matang, yakni melalui dukungan peran berbagai pihak guna mewujudkan percepatan distribusi logistik dan peluang usaha baru di era pandemi ini.


Pemulihan Industri Jasa Logistik

Di saat komunitas industri tidak sanggup mengubah bisnis modelnya karena keterbatasan dana selama pandemi maka Pemerintah dapat melakukan stimulus keuangan guna memicu dan memacu pergerakan angkutan barang.

Pasalnya, industri logistik merupakan tulang punggung perdagangan dan industri lainnya yang tetap membutuhkan distribusi barang. Namun, hal ini juga memerlukan kebijakan yang tepat karena tidak semua industri jasa logistik yang terkena dampak negatif dari COVID-19.

Sektor logistik ini ternyata juga menjadi salah satu unit bisnis dari PT. Serasi Autoraya (SERA) yang tergabung dalam Grup Astra. Di bawah brand SELOG, PT. Serasi Autoraya hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang bervariatif.


PT. Serasi Logistik Indonesia (SELOG)

PT Serasi Logistik Indonesia (SELOG) menyediakan solusi layanan logistik mencakup layanan logistik berdasarkan kontrak, layanan pengiriman barang, pengelolaan pergudangan dan freight forwarding melalui jalur transportasi darat, laut dan udara secara menyeluruh. 

SELOG memang memiliki spesialisasi di bidang jasa transportrasi logistik jalur darat dan freight forwading. SELOG kini mengelola 1.600 unit truk dengan 12 kapal angkut. Setiap tahun, SELOG juga menangani kurang lebih 935.000 pengiriman kargo. Sementara itu, untuk mengakomodasi jalur laut, khusus dikelola oleh PT Toyofuji Serasi Indonesia yang memiliki 5 kapal Roro (roll on-roll off). 

SELOG kini juga telah menerapkan layanan Warehouse Management System (WMS). Layanan WMS ini memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. Tidak hanya itu, WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time. 

SELOG hadir memberikan jasa logistik end to end dengan layanan yang beragam, salah satunya courier services. Secara umum, jasa kurir ekspres ini terbagi dalam dalam layanan standar dan layanan solusi. Layanan standar meliputi same day service, next day service, dan regular service.

Informasi lebih lanjut, kunjungi https://www.sera.astra.co.id/id/page/35/perusahaan-logistik-pengiriman-cargo

5116
Tags
SELOG