SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Memilih Gudang Logistik yang Tepat untuk Usaha Anda

Adanya PPKM tentunya membuat kegiatan bisnis menjadi terhambat. Meski begitu ada juga bisnis yang tetap laju dan pastinya seiring meningkatnya pertumbuhan bisnis Anda juga butuh gudang untuk menyimpan barang dan hasil produksi.

Untuk membangun gudang logistik sendiri di masa PPKM sekarang tentu akan membebankan perusahaan. Solusinya adalah menggunakan jasa sewa gudang logistik, dibandingkan mendirikan sendiri, harga sewa gudang jauh lebih ramah. Apalagi layanan tambahan yang ditawarkan sangatlah membantu pebisnis.

Bagi Anda yang membutuhkan jasa gudang logistik untuk menyimpan dan menyalurkan barang usaha Anda dengan tetap aman sebaiknya simak tips berikut ini.

Lokasi Gudang

Tentunya lokasi gudang akan sangat menentukan langkah bisnis perusahaan Anda. Pilihlah lokasi yang cukup strategis serta mudah diakses dari dan ke beberapa lokasi. Apabila lokasi mudah dijangkau, pendistribusian barang pun menjadi semakin mudah dan aman. Akan sangat bagus jika Anda memilih gudang yang mudah dijangkau bandara, pelabuhan, dan jalan tol.

Jangan lupa untuk perhatikan keadaan geografis di sekitar gudang logistik, seperti ketinggian tanah, kondisi jalan, atau lebar jalan. Pastikan bahwa daerah di sana bukan tempat yang rawan banjir.

Jenis Barang

Setelah tahu lokasi yang tepat, jangan lupa untuk mempertimbangan jenis dan karakteristik barang yang Anda jalankan. Pastikan gudang logistik yang Anda pilih sesuai dengan jenis barang yang dilakukan perusahaan Anda.

Jika mengabaikan hal ini berpotensi berkurang atau rusaknya kualitas barang. Misalnya gudang untuk menyimpan makanan tentu berbeda dengan tempat menyimpan produk berbahan kimia. Perhatikan juga karakteristik produk seperti volume, ukuran dan banyaknya pengiriman yang akan diterima serta dikirim, sensitivitas temperatur, dan kategori barang apakah berbahaya atau tidak.

Ukuran Gudang

Hal ini tentunya juga penting karena Anda harus menghitung ukuran berapa meter persegi yang dibutuhkan, pastikan gudang mampu menampung semua barang yang akan disimpan. Pelajari ketinggian atap untuk menghindari resiko rusaknya barang karena hujan, sinar matahari berlebih, dan angin.

Tinggi atap minimal adalah empat meter. Kemudian, perhatikan masalah dinding. Dinding gudang harus permanen, tahan, dan aman karena sangat penting dalam segala kegiatan pergudangan. Selain itu, dinding dan atap harus ideal dalam menghindari kemungkinan tindak kriminal seperti pencurian.

Lama Penyimpanan

Carilah gudang yang melayani jasa penyimpanan atau sewa sesuai dengan kebutuhan jangka waktu Anda menyimpan barang. Mengapa hal ini wajib diketahui? Karena tentu saja berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan nantinya.

Semakin lama Anda menumpuk barang di gudang, maka semakin tinggi pula biaya yang harus dibayar. Biaya penyimpanan biasanya juga disertai biaya perawatan oleh staff ahli yang dipekerjakan oleh jasa sewa gudang logistik.

Sumber Daya Manusia

Terakhir adalah Anda harus lihat apakah gudang tersebut dikelola oleh perusahaan dan orang-orang yang kompeten di bidangnya. Jangan sampai Anda memercayakan barang-barang kepada perusahaan logistik yang punya rekam jejak buruk dan mengetahui bahwa sumber daya manusia yang bertanggung jawab adalah tenaga professional, berpengalaman, dan mampu merawat barang-barang dengan baik.

Untuk jasa sewa gudang logistik di Indonesia terbaik, Anda bisa percayakan pada SELOG yang adalah anak usaha dari PT Serasi Autoraya (SERA). SELOG tergabung dalam Grup Astra yang sudah berpengalaman dan juga memiliki sumber daya serta sistem yang terintegrasi dengan baik.

PT Serasi Logistik Indonesia (SELOG) ini menyediakan solusi layanan logistik mencakup layanan logistik berdasarkan kontrak, layanan pengiriman barang, pengelolaan pergudangan dan freight forwarding melalui jalur transportasi darat, laut dan udara secara menyeluruh.

SELOG juga telah menerapkan layanan Warehouse Management System (WMS). Layanan WMS ini memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. Tidak hanya itu, WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time.

SELOG memang memiliki spesialisasi di bidang jasa transportrasi logistik jalur darat dan freight forwading. SELOG kini mengelola 1.600 unit truk dengan 12 kapal angkut. Setiap tahun, SELOG juga menangani kurang lebih 935.000 pengiriman kargo. Sementara itu, untuk mengakomodasi jalur laut, khusus dikelola oleh PT Toyofuji Serasi Indonesia yang memiliki 5 kapal Roro (roll on-roll off).

Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi tautan berikut ini.

3120
Tags
SELOG