SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Jual Mobil Dengan Cara Baru, Melalui Lelang!

Cara Baru yang Praktis dan Cepat Jual Mobil Bekas melalui Titip Lelang


Ingin jual mobil bekas dengan cepat dan harga bagus? Bagi sebagian besar pemilik mobil, proses menjual mobil bekas tidaklah sesederhana yang dibayangkan. Benar saat ini Anda sebagai pemilik mobil bisa memasang iklan di situs jual beli mobil bekas. Tinggal unggah foto dan iklan pun tayang. 

Tapi tidak ada jaminan mobil bekas yang diiklankan akan dilirik calon pembeli karena harus bersaing dengan ratusan mobil lain dengan merek dan tipe yang sama. Kalau pun dihubungi oleh calon pembeli, sang pemilik harus mengalokasikan waktu agar calon pembeli bisa melihat mobil secara langsung untuk selanjutnya bernegosiasi. 


Baca juga : Bijak Memilih Balai Lelang di Tengah Maraknya Penipuan Online


Dan tidak ada jaminan mobil pasti laku setelah calon pembeli datang berkunjung. Proses ini bisa berulang-ulang terjadi terhadap beberapa calon pembeli. Bisa dibayangkan betapa sangat menyita waktu dan konsentrasi sang pemilik hanya sekedar untuk menjual mobil bekasnya.

Mau cara lebih mudah? Anda bisa menitip jual mobil bekas dengan cara lelang di IBID-Balai Lelang Serasi.Program ini disebut dengan metode TITIP LELANG. Selama ini, objek lelang di IBID berasal dari korporasi, finance, perusahaan swasta, hingga Pemerintah. Namun sekarang, IBID juga melayani titip lelang mobil bekas untuk perorangan atau personal. 

Keuntungan yang Anda dapatkan adalah praktis karena tidak perlu mengorbankan waktu berulang-ulang untuk bertemu dengan calon pembeli dan mendapatkan rekomendasi harga terbaik sesuai kondisi mobil bekas. Tata cara mengikuti lelang di IBID pun mudah dan cepat, berikut ini adalah caranya.


1. Kunjungi Website IBID atau Unduh Aplikasinya 

Pertama kunjungi website resmi IBID di ibid.astra.co.id atau unduh aplikasi IBID yang tersedia di PlayStoreIOS AppStore dan Huawei AppGallery. Kemudian pilih tab TITIP LELANG. Selanjutnya pilih DAFTAR SEBAGAI INDIVIDU jika mobil yang ingin Anda lelang merupakan mobil pribadi atau DAFTAR SEBAGAI PERUSAHAAN jika mobil yang akan dilelang merupakan unit milik perusahaan

.

2. Isi Formulir Titip Lelang

Selanjutnya, lengkapi data pribadi seperti nomor telepon, nama dan rekening bank, serta foto KTP untuk Anda yang belum sempat melengkapi data pribadi. Sedangkan, bagi Anda yang sudah melengkapi data tersebut, Anda dapat melanjutkan untuk mengisi formulir detail mobil bekas yang ingin dilelang.


3. Bawa Unit ke Cabang Terdekat untuk Diinspeksi 

Datang ke cabang IBID terdekat sesuai jadwal inspeksi yang telah Anda tetapkan. Mobil bekas milik Anda akan diperiksa oleh petugas Astra Car Valuation (ACV) mulai dari eksterior, interior, rangka, dan juga kondisi mesin. Hasil pemeriksaan ini jugalah yang akan menentukan grade mobil apakah dalam kondisi sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, atau sangat kurang baik.


Baca juga : Beli Mobil Lelang Dijamin Aman, Asalkan Pilih Balai Lelang Terpercaya


4. Mendapatkan Rekomendasi Harga 

Setelah inspeksi selesai, petugas Astra Car Valuation (ACV) akan memberikan rincian detail kesehatan mobil beserta rekomendasi harga dasar yang dapat Anda pilih. Rekomendasi harga ini diambil berdasarkan harga yang tertera pada database Market Price Auction (MAP) yang telah menyimpan ribuan data mobil bekas yang telah terjual secara lelang di IBID.

Anda pun bisa mengecek pasaran harga mobil bekas saat ini dengan mendaftarkan diri sebagai anggota MAP melalui website MAP. Data-data di MAP dapat Anda kustomisasi sesuai kebutuhan saat ini. Untuk menjadi anggota MAP, Anda hanya perlu registrasi dan setelah itu Anda bisa berselancar mencari pasaran mobil bekas. Fitur MAP ini gratis, tak akan dipungut biaya sepeser pun.


5.  Ikut Jadwal Lelang IBID Terdekat

Jika sudah sepakat, maka mobil bekas akan langsung dilelang pada jadwal terdekat IBID baik secara Live Auction ataupun Timed Auction. Ada promo cashback 1.4% untuk harga mobil terbentuk dan biaya fee turun dari dari 5% menjadi 2,5% saja. 

Mengapa harus titip lelang di IBID? Berdiri sejak tahun 2007, IBID yang bernaung di bawah bendera Grup Astra yang hingga akhir 2016 telah menjual lebih dari 27.000 kendaraan roda empat di ajang lelang dan mengadakan lebih dari 500 event lelang setiap tahunnya. Setiap minggunya secara rutin IBID mengadakan lelang di 10 cabang yang tersebar di Indonesia. Selain itu IBID juga sudah mengadakan lelang di lebih dari 30 kota di Indonesia.


Buat yang belum tahu, saat ini IBID memiliki tiga metode lelang utama yaitu Live Auction, Timed Auction, dan Flash Auction. Live Auction merupakan tipe lelang real-time di mana setiap lot objek lelang tampil bergiliran pada satu jadwal lelang yang telah ditetapkan. Ketika objek lelang itu tampil, maka para peserta lelang boleh memberikan penawaran terbaiknya hingga mencapai satu harga tertinggi. Maka setelah peserta dengan penawaran tertinggi itu menang, IBID akan melanjutkannya dengan lot objek lelang selanjutnya. Metode lelang ini berbeda dibandingkan dengan Timed Auction dan Flash Auction

Di Timed Auction dan Flash Auction, setiap objek lelang mulai pada waktu yang sama sesuai dengan jadwal lelang. Perbedaannya, Flash Auction memiliki durasi waktu yang pendek yaitu sekitar satu jam saja, sedangkan Timed Auction bisa beberapa jam hingga hari. 


Baca juga : Ini Tahap Selanjutnya yang Perlu Dilakukan Setelah Menang Lelang


Misalnya Timed Auction minggu ini terdapat 10 mobil bekas yang akan dilelang pukul 12:00 hingga 17:00 WIB. Semua mobil tersebut akan tampil serempak pada jam tersebut dan setelah lelang berakhir, barulah diputuskan siapa peserta yang berhak membawa pulang mobil bekas tersebut berdasarkan penawaran tertinggi. Sedangkan untuk Flash Auction, misalnya terdapat 5 mobil yang dilelang pada jam 14:00 WIB sampai 15:00 WIB. 

Untuk NPL (Nomor Peserta Lelang), di IBID terdapat dua jenis NPL (Nomor Peserta Lelang) yaitu NPL Live (untuk Live Auction) dan NPL Timed (untuk Timed dan Flash Auction).

Ada satu kelebihan Flash Auction yang tidak dimiliki oleh metode lelang lainnya, yaitu mobil bekas yang dilelang dalam Flash Auction bisa dikatakan fresh from the oven karena baru saja selesai diinspeksi oleh tenaga ahli Astra Car Valuation (ACV). Dari sisi penitip lelang, mobil bekasnya bisa lebih cepat laku. Sedangkan dari sisi peserta lelang bisa mendapatkan mobil bekas yang fresh. Hal ini berbeda dengan Timed Auction yang merupakan lelang terjadwal seperti Live Auction.

Keunggulan lain Flash Auction adalah tersedianya fitur Live Streaming dan Live Chat untuk peserta lelang. Setiap peserta lelang yang sudah memiliki NPL bisa menanyakan 10 pertanyaan mengenai detail kondisi mobil bekas kepada inspektor melalui fitur Live Chat. Sang inspektor pun bisa menunjukkan detail mobil bekas melalui Live Streaming dengan langsung mengarahkan kamera ke bagian yang ditanyakan oleh peserta lelang. 

Flash Auction hadir sebagai jawaban untuk menciptakan kenyamanan lelang online. Cukup dari rumah, peserta lelang bisa melihat detail objek lelang melalui Live Streaming sehingga tidak ada lagi kekhawatiran akan mendapatkan mobil yang bermasalah karena kondisi kendaraan dijabarkan secara rinci dan lengkap. 

Tertarik untuk mengikuti Flash Auction? Unduh aplikasi IBID lewat Google Play Store dan Apple App Store atau kunjungi https://www.ibid.astra.co.id/flash-auction

2248
Tags
IBID