SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mengenal Crab Mentality dan Cara Mengelolanya

Pernahkah kamu mendengar istilah Crab Mentality saat berdiskusi dengan teman atau kerabat? Wajar kalau kamu masih cukup dan belum pernah mendengarnya, karena istilah itu biasa digunakan pada kalangan tertentu.

Meski begitu, mentalitas seperti ini banyak diidap atau muncul pada banyak orang, terutama pada karyawan atau pekerja kantoran.

Apa itu Crab Mentality?

Istilah Crab Mentality muncul terinspirasi dari perilaku kawanan kepiting yang di dalam sebuah wadah. Masing-masing kepiting seakan berusaha untuk keluar dari wadah tersebut.

Namun disaat bersamaan, kepiting lainnya juga berusaha menarik lagi kepiting yang sudah berada di tempat yang sudah nyaris lolos tersebut. Alhasil, tidak satu pun kepiting yang berhasil lolos.

Sekilas, perilaku kepiting itu seperti menjaga solidaritas senasib dan sependeritaan, sehingga mereka tidak ingin ada teman yang meninggalkan teman lainnya. Tetapi, faktanya justru sebaliknya.

Baca juga : Ciri Lingkungan Kerja Toxic Yang Mesti Dihindari

Kepiting-kepiting tersebut tidak rela dan tidak ingin ada salah satu teman mereka bebas. Mereka ingin mati bersama-sama dalam sebuah wadah yang sempit itu, atau bersama-sama menunggu nasib.

Mentalitas kepiting atau Crab Mentality ini sama persis dengan orang yang tidak suka melihat orang lain di lingkungannya maju atau lebih berhasil. Nggak terkecuali karyawan di sebuah perusahaan.

Di lingkungan kerja selalu ada kompetisi, sehingga ada persaingan yang membuat karyawan tidak rela tertinggal dari rekan lainnya. Karyawan dengan mental seperti itu merupakan ciri karyawan yang tidak sanggup menerima kekalahan dan tidak jujur pada diri sendiri.

Mereka cenderung menyalahkan kondisi sekitarnya atau orang lain jika mengalami kegagalan. Bahkan tidak mau introspeksi dan memperbaiki diri.

Orang-orang seperti ini selalu dikuasai perasaan iri, dengki, suka mencari keburukan orang lain, hingga memanipulasi kondisi diri agar terlihat selalu baik. Kondisi mental yang tentu tidak sehat bagi diri sendiri dan bisa mengganggu orang lain.

Baca juga : Coba Ini Biar Kembali Produktif Dan Semangat Kerja Usai Liburan

4 Cara Menghindari Crab Mentality

Pilih Pergaulan

Bergaulah dengan lingkungan yang positif. Lingkungan yang positif adalah orang-orang memiliki sikap objektif dan sportif. Meski ada persaingan, masing-masing akan bersaing dengan sehat dan fair.

Fokus Pada Diri Sendiri

Fokus untuk mengembangkan potensi dan kemampuan diri. Bukan sibuk mencari atau mengomentari kekurangan orang lain.

Dengan fokus pada pengembangan diri, seseorang akan lebih suka mengevaluasi diri sendiri untuk menjadi lebih baik. Ingat, untuk mencapai kesuksesan diperlukan usaha keras bukan cara instan.

Belajar dari Kegagalan

Belajarlah untuk mengakui kelemahan dan menerima bila terjadi kegagalan. Mengakui kelemahan yang ada pada diri sendiri merupakan awal dari sebuah perbaikan diri.

Baca juga : Resolusi 2024 Yang Bisa Bikin Karir Melonjak

Jadikan Iri dengan Keberhasilan Orang Lain

Terakhir, jangan pernah bersedih melihat orang lain lebih berhasil. Sebaliknya, jadikan kesuksesan orang lain itu sebagai inspirasi untuk mencapai sesuatu yang lebih baik.

Bila perlu bertanya dan belajarlah kepada mereka bagaimana mencapai keberhasilan itu. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari rasa iri dengki atas keberhasilan orang lain atau mengidap Crab Mentality.

Mentalitas karyawan yang sehat, jujur, dan mau belajar dari kesuksesan orang lain maupun kegagalan diri sendiri sangat sangat penting jika ingin bekerja di perusahaan-perusahaan yang menerapkan sistem dan budaya kerja yang objektif, profesional, dan terukur.

Oleh karena itu, penting saat mencari lowongan kerja, pelajari dulu latar belakang hingga budaya kerja di perusahaan tersebut. Pilih perusahaan yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Baca juga : 5 Cara Membuat CV Dengan Mudah Dan Praktis

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

77
Tags
SERA