SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Pentingnya Work Life Balance, Jangan Cuma Omong Kosong

Kita sering mendengar ungkapan hidup ini harus seimbang, yakni seimbang antara menjalankan tanggung jawab pekerjaan dengan melakukan kegiatan lain di luar pekerjaan.

Semboyan ini dikenal dengan istilah prinsip Work Life Balance (WLB). Istilah ini pasti sudah sering kamu dengar kan, namun mungkin kamu masih bingung bagaimana cara menerapkan prinsip tersebut.

Menurut Hudson (2005), Work Life Balance merupakan kemampuan seseorang untuk menyeimbangkan antara waktu kerja dengan waktu di luar pekerjaan termasuk waktu bersama keluarga tentunya. Keseimbangan itu termasuk pengaturan waktu untuk kedua kegiatan tersebut.

Jika kamu atau seseorang mampu mewujudkan WLB, maka akan mendapatkan banyak manfaat. Terhindar dari stres, ritme kehidupan yang teratur, fisik tetap bugar, hingga produktivitas dan kreativitas yang tinggi.

Bahkan kualitas kehangatan keluarga pun meningkat. Sebab dengan mendapatkan keseimbangan antara waktu bekerja dan waktu di luar pekerjaan yang seimbang menjadikan komunikasi dan kebersamaan lebih intens.

Baca juga : Ciri Lingkungan Kerja Toxic Yang Mesti Dihindari

Cara Ampuh Menerapkan Work Life Balance

Untuk mewujudkan WLB, ada beberapa hal yang harus dilakukan seseorang. Pertama menyusun jadwal kerja maupun jadwal di luar aktivitas kerja, sekaligus selalu konsisten mematuhi jadwal tersebut.

Kedua, berani mengatakan tidak terhadap hal-hal yang di luar yang telah dijadwalkan. Jika ajakan itu datang dari teman akrab, sampaikan penolakan kamu dengan baik dan sopan disertai alasan yang kuat.

Ketiga, jangan memikirkan soal pekerjaan ketika kamu tengah bersantai atau pada saat waktu di luar bekerja. Jadi intinya, menjaga disiplin waktu dan komitmen menghargai waktu merupakan kunci utama.

Keempat, menjaga kebersamaan dengan keluarga. Komunikasi yang bagus dengan seluruh anggota keluarga akan menghindarkan kemungkinan munculnya masalah keluarga yang bisa merembet ke urusan pekerjaan.

Mewujudkan WLB sangat penting bagi para karyawan. Meski, untuk keberhasilan mewujudkan tidak hanya tergantung faktor internal tetapi juga faktor eksternal, seperti lingkungan kerja misalnya.

Baca juga : Coba Ini Biar Kembali Produktif Dan Semangat Kerja Usai Liburan

Yang terpenting saat mencari lowongan kerja, pelajari dulu latar belakang hingga budaya kerja di perusahaan tersebut. Pilih perusahaan yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/


167
Tags
SERA