SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Jangan Tertukar, Ini Bedanya City Car dan LCGC

Perbedaan City Car dan LCGC

Selain MPV dan SUV, mobil city car dan LCGC (Low Cost Green Car) juga termasuk dalam jenis mobil yang punya sejumlah perbedaan. Tapi di sisi lain, memang harus diakui bahwa juga punya banyak kesamaan. Makanya nggak heran kalau banyak orang yang masih sulit membedakannya.

City car merupakan mobil yang dirancang untuk penggunaan di perkotaan. Punya ukuran bodi kecil tapi mengusung fitur dan teknologi yang cukup lengkap. Biasanya city car dibekali mesin berkapasitas 1.200 cc ke bawah sehingga lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

LCGC juga umumnya dirancang untuk masyarakat kota dengan dimensi bodi yang kompak tapi lebih unggul pada harga jual yang terjangkau serta konsumsi BBM irit dan ramah lingkungan.

Mobil LCGC pertama kali diperkenalkan tahun 2013 sebagai bagian dari program Pemerintah untuk meningkatkan produksi mobil ramah lingkungan. Sama seperti city car, LCGC juga punya mesin berkapasitas 1.200 cc ke bawah.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Mobil Overheat Saat Mudik

Mobil jenis city car umumnya mengutamakan fitur canggih untuk kemudahan berkendara,  sedangkan LCGC lebih mengutamakan harga yang lebih ramah di kantong. Biar lebih jelas, berikut beberapa perbedaan city car dan LCGC yang mesti diketahui.

Harga

Perbedaan utama paling menonjol dari segi harga. City car biasanya dijual dengan harga yang lebih tinggi dari LCGC. Ini karena city car dilengkapi dengan lebih banyak fitur dan teknologi terkini.

Harga jual city car mencapai hingga Rp 250 juta, sementara LCGC umumnya dibanderol dengan harga nggak lebih dari Rp. 200 juta.

Sebagai contoh, harga city car seperti Honda Brio RS M/T sekitar Rp. 243 juta sementara harga LCGC seperti Toyota Agya E M/T 1.2 hanya sekitar Rp. 168 juta (varian terendah).

Dimensi

Meskipun tidak selalu, city car biasanya punya dimensi sedikit lebih kecil dibanding LCGC. Tapi, city car tetap bisa mengakomodasi penumpang dengan nyaman. Umumnya city car punya panjang sekitar 3,6 meter hingga 4 meter.

Sedangkan LCGC bisa mencapai panjang 4,2 meter hingga 4,4 meter. Dalam hal lebar dan tinggi, city car dan LCGC memiliki dimensi yang relatif sama. Jika sering mengangkut banyak orang atau barang, LCGC bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

Baca juga: Tips Irit Bbm Saat Mudik Dengan Mobil

Mesin

Baik city car atau LCGC biasanya dilengkapi mesin dengan kapasitas 1.200 cc ke bawah. Biasanya perbedaan terletak pada tujuan akhir rancangan mesin tersebut, LCGC didesain hemat bahan bakar sedangkan city car lebih pada performa.

Karena keduanya punya kapasitas mesin setara, perbedaan performa dan efisiensi BBM antara keduanya juga tidak terlalu signifikan.

Fitur

Selain harga, perbedaan paling kentara antara LCGC dan city car adalah dari segi fitur. Dirancang dengan harga terjangkau, fitur pada LCGC lebih terbatas tapi tanpa mengesampingkan fitur penting seperti keselamatan dan keamanan. City car biasanya memiliki keunggulan dari segi fitur kenyamanan dan hiburan.

Lokasi Produksi

Satu hal yang pasti dari mobil LCGC adalah produksinya dilakukan di Indonesia, mulai dari proses perancangan, perakitan, hingga distribusinya semuanya dilakukan di dalam negeri dan memanfaatkan teknisi dalam negeri sehingga harganya lebih murah.

Baca juga : 5 Tips Usir Bosan Saat Macet Di Jalur Mudik

Sedangkan city car umumnya dirancang dan dirakit di luar negeri yang kemudian diimpor secara utuh untuk dipasarkan di Indonesia.

Merek dan Tipe

Untuk LCGC, saat ini merek dan tipe yang tersedia di pasaran di antaranya Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan Honda Brio Satya. Khusus Daihatsu Sigra dan Toyota Calya juga masih termasuk LCGC meskipun pada dasarnya memiliki bentuk bodi MPV kecil.

Sedangkan untuk city car, pilihannya merek dan tipenya juga tidak kalah banyak. Di antaranya Honda Brio RS, Toyota Agya GR Sport, Suzuki S-Presso, Suzuki Ignis, Renault Kwid, dan Citroen C3.

Itulah beberapa perbedaan city car dan LCGC. Biar lebih hemat, kamu bisa rental mobil untuk menunjang mobilitas setiap hari. Selain lebih leluasa pilih jenis mobil sesuai kebutuhan, kamu juga nggak perlu pusing dengan urusan perawatan rutin mobil.

Tapi jangan sembarangan pilih layanan rental mobil, pastikan dulu reputasi dan kredibilitasnya baik, seperti TRAC. Hadir sebagai pioneer sewa kendaraan, TRAC selalu bisa jadi solusi transportasi, baik untuk kebutuhan perusahaan maupun personal.

Baca juga : 7 Mobil Paling Irit Yang Cocok Buat Mudik

TRAC punya layanan rental mobil harian lepas kunci atau dengan pengemudi. Pilihan mobil yang tersedia beragam, terawat dan pastinya siap pakai. Buat aktivitas harian, ada pilihan city car dan LCGC yang irit BBM seperti Yaris, Agya, Ayla, Calya, hingga Sigra. Pilihan mobil selengkapnya cek disini.

Untuk kemudahan transaksi, kamu bisa pesan langsung di halaman reservasi di website TRAC. Atau bisa juga melalui aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di Playstore dan juga App Store.

Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC, mulai dari sewa bus pariwisata, sewa mobil bulanan, airport transfer hingga sewa motor perusahaan, kamu bisa mengunjungi situs resmi TRAC www.trac.astra.co.id.

398
Tags
TRAC