SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Pilihan Bus Pariwisata TRAC buat Field Trip Sekolah

Libur panjang siswa sekolah di Indonesia atau akhir semester pertama 2024 akan tiba pada pertengahan Juni nanti. Sederet kegiatan bersifat edukatif sekaligus rekreatif untuk mengisi masa liburan tersebut.

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan saat libur sekolah adalah field trip. Sebab melalui kegiatan itu, selain memberi hiburan yang tujuannya relaksasi, juga bisa menambah wawasan atau pengetahuan di luar pelajaran sekolah.

Misalnya dengan mengunjungi objek-objek tertentu yang berkaitan dengan pengetahuan alam, museum, dan lain-lain. Makanya dibutuhkan sarana transportasi untuk mengangkut rombongan secara efektif dan efisien.

Dalam hal itu, bus pariwisata bisa jadi pilihan paling ideal. Selain punya kapasitas yang cukup menampung banyak penumpang, bus wisata juga mampu melintasi berbagai kondisi jalanan dengan kapasitas mesinnya yang cukup besar.

Baca juga: Ini Jenis Bus Pariwisata Yang Cocok Buat Mudik Bareng Keluarga

Meski begitu, satu hal yang harus diperhitungkan dan menjadi pertimbangan sebelum memilih bus wisata yang akan disewa adalah faktor keamanan dan kenyamanan.

Sebab, kasus kecelakaan yang melibatkan bus pengangkut rombongan anak sekolah dalam kegiatan field trip maupun study tour, beberapa waktu terakhir sering kali terdengar.

Oleh karena itu, sejumlah pelaku usaha bus dan pakar safety driving mewanti-wanti agar pihak sekolah bersama orang tua melakukan perencanaan sedetail mungkin sebelum menggelar kegiatan field trip. Khususnya dalam pemilihan angkutan bus wisata yang akan disewa.

Tips Memilih Bus Wisata yang Aman buat Field Trip Sekolah

Pertama, pastikan kredibilitas perusahaan penyedia jasa sewa bus wisata. Pengecekan dan penelusuran berita yang terkait dengan kasus kecelakaan bus di Tanah Air penting dilakukan, untuk memastikan bus wisata yang digunakan aman disetiap perjalanan.

Kedua, pastikan kapasitas bus yang akan disewa. Untuk memastikan jumlah bus yang akan disewa, hitung jumlah kursi yang ada di bus dan jumlah siswa serta pendamping yang akan ikut dalam kegiatan tersebut.

Pastikan juga kapasitas bus tersebut kenyamanan dan keamanan rombongan. Sehingga perjalanan  terasa menyenangkan dan memberi kesan positif pada siswa.

Baca juga : Hadirkan Layanan Transportasi Yang Aman, TRAC Bus Raih Penghargaan Kemenhub

Ketiga, pastikan konfigurasi tempat duduk di bus nyaman dan memberi keleluasaan bergerak penumpang di dalamnya.

Keempat, fasilitas di dalam bus juga penting diperhatikan untuk meningkatkan kenyamanan seluruh penumpang selama di perjalanan.

Kelima, jangan mudah tergiur harga murah. Pastikan semua fasilitas dan aspek keamanan serta kenyamanannya memadai, sehingga harga yang diberikan memang sesuai dengan fasilitas dan layanan yang didapatkan.

Agar mendapat jaminan kepastian terkait aspek keamanan dan kenyamanan bus wisata yang akan disewa, pastikan untuk memilih penyedia sewa bus terpercaya, seperti TRAC.

Rekomendasi Bus Wisata TRAC buat Field Trip

Small Bus

Ini merupakan jenis bus dengan kapasitas belasan orang, namun setara dengan dua atau tiga mobil keluarga atau MPV.  Bus yang berkapasitas hingga 16 orang ini untuk keluarga yang ingin bepergian bareng tanpa drama pisah kendaraan.

Saat ini, TRAC punya dua jenis armada untuk kategori Small Bus, yakni Toyota Hiace dan Small Bus Jumbo Series, dengan kapasitas masing-masing 15 dan 16 penumpang.

Medium Bus

Jenis bus ini berkapasitas 23-35 orang yang cocok digunakan rombongan yang terdiri banyak orang dan harus melewati medan yang sempit dan sulit dijangkau bus berukuran besar.

Baca juga : Sewa Bus Pariwisata Untuk Field Trip, Kenali Dulu Jenisnya

Medium Bus sendiri dikenal juga dengan istilah bus tanggung. Meski begitu, bus jenis ini juga telah dilengkapi dengan bagasi samping yang bisa memuat koper dan barang bawaan.

Big Bus

Jenis ini merupakan bus yang jadi favorit menjadi pilihan masyarakat pada saat liburan. Bus berukuran besar satu ini memang cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari rombongan keluarga besar, fieldtrip sekolah, hingga outing dengan rekan-rekan sekantor.

Bus berkapasitas 59 tempat duduk itu merupakan bus dengan kapasitas terbesar yang dimiliki oleh layanan sewa bus dari TRAC. Bus ini punya konfigurasi tempat duduk 3-2 sehingga bisa menampung lebih banyak penumpang.

Selain itu juga ada yang kapasitas 48 orang dengan konfigurasi tempat duduk 2-2 yang nyaman. Jenis lainnya yakni big bus dengan kapasitas 40 tempat duduk yang lengkap dengan bilik toilet. Bus jenis ini sangat cocok untuk perjalanan jauh dengan membawa orang tua dan anak-anak.

Luxury Bus

Sesuai dengan namanya, bus jenis ini mengutamakan kenyamanan dan kemewahan. Armada untuk bus jenis ini adalah Toyota Hiace Premio compact dengan kapasitas 8 penumpang. Bus dilengkapi berbagai fasilitas mumpuni, salah satunya fitur massage alias pijat di beberapa kursinya.

Umumnya, bus jenis ini berkonfigurasi jumlah kursi (tempat duduk) mulai dari 11 hingga 59 seats. Unit armada bus TRAC mengutamakan faktor keamanan, terbukti di setiap kursi terdapat sabuk pengaman.

Baca juga : Sebelum Menyewa, Kenali Dulu Ciri Bus yang Aman Digunakan

Beberapa tipe bus TRAC juga dilengkapi dengan fasilitas wifi, LCD TV, toilet, perangkat karaoke, bahkan pantry. Serta, perlengkapan wajib untuk kondisi darurat seperti palu pemecah kaca, pintu darurat, dan tabung pemadam kebakaran.

TRAC juga memastikan setiap pengemudi bus yang disediakannya merupakan pengemudi terlatih dan sudah berpengalaman. Sehingga, kenyamanan dan keselamatan penumpang lebih terjamin.

Selain itu, TRAC memberi jaminan unit-unit kendaraan yang disewakan dalam kondisi prima dan terawat, bahkan model keluaran terbaru. Layanan yang diberikan pun bersifat menyeluruh, termasuk bantuan pelanggan selama 24 jam penuh.

Untuk kemudahan pemesanan, kamu bisa pesan langsung di aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di Playstore dan Appstore. Pilih armadanya, dan bayar langsung hanya dari satu aplikasi.

Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC kamu juga bisa cek langsung website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter @TRACastra.

241
Tags
TRAC