SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Jangan Asal, Begini Cara Pindah Gigi Mobil Manual yang Benar

Mobil manual, bagi sebagian orang merupakan mobil yang punya sederet keunggulan yang tidak dimiliki mobil matic. Selain cocok untuk pengemudi pemula, mobil manual juga dianggap lebih irit bahan bakar.

Bahkan, dengan sistem transmisi yang melibatkan peran pengemudi melalui tuas transmisi dan pedal kopling, mobil manual memiliki kelebihan dalam kontrol yang lebih aman dan pasti saat dikendarai.

Meski begitu, jangan asal saat mengendarai mobil manual, terlebih saat proses pemindahan gigi transmisi. Ada cara-cara yang mesti dilakukan dengan benar dan tepat untuk menjaga performanya.

Karena kalau tidak, bukan cuma keausan atau kerusakan pada komponen-komponen transmisi saja yang terjadi, tetapi juga membahayakan keamanan berkendara. Misalnya, mobil bisa melompat atau melambat secara tiba-tiba dan menyebabkan kecelakaan.

Untuk itu, buat pengemudi mobil manual terutama pemula, ada beberapa hal yang mesti dipahami saat berkendara demi menjaga keamanan dan keselamatan di jalan.

Baca juga: Tips Aman Melewati Tanjakan Pakai Mobil Manual

Tips Pindah Gigi Manual yang Benar

Pahami Fungsi Gigi Transmisi

Pemindahan gigi dari posisi rendah ke posisi yang lebih tinggi, harus dilakukan ketika pengemudi ingin menambah kecepatan. Begitupun sebaliknya. Saat laju kecepatan mobil rendah, maka posisi gigi harus dipindahkan ke posisi yang lebih rendah.

Kalau ingin melaju lebih cepat, maka posisi gigi juga harus dipindahkan ke posisi yang lebih tinggi, dan sebaliknya. Posisi gigi di tingkat yang lebih rendah juga harus dilakukan ketika mobil akan diajak menanjak, maupun melintasi turunan yang curam.

Irama Injakan Kopling dan Gas

Saat ingin memindahkan posisi gigi, pengemudi harus menginjak pedal kopling. Hal ini dimaksudkan agar terjadi sinkronisasi antara kopling dan gas, sehingga perpindahan gigi terjadi halus. Lepas kopling perlahan agar gigi transmisi bekerja sehingga mobil kembali melaju secara mulus.

Downshifting

Pahami proses downshifting atau perpindahan posisi gigi dari tinggi ke rendah. Khususnya, seberapa kecepatan mobil untuk melakukan perpindahan gigi, dan kecepatan proses pemindahan tuas transmisi saat proses pemindahan gigi tersebut.

Baca juga: Sewa Mobil Bulanan, Solusi Kalau Pembatasan Kendaraan Berusia 10 Tahun Diberlakukan

Itulah beberapa tips oper gigi mobil manual yang benar. Karena nggak bisa dipungkiri, hingga ini masih banyak pengemudi yang salah kaprah dan asal dalam melakukan hal tersebut. Kalau terus dilakukan jangka panjang, akibatnya tentu bisa fatal dan menyebabkan kecelakaan.

Rental Mobil TRAC Biar Lebih Praktis

Selain itu, kondisi mobil juga perlu diperhatikan. Lakukan perawatan rutin, agar semua komponen vital, terutama kopling kondisinya selalu terjaga. Tapi kalau nggak mau ribet dengan urusan perawatan, biar lebih praktis kamu juga bisa rental mobil buat menunjang aktivitas harian.

Tapi jangan sembarangan pilih layanan rental mobil, pastikan dulu reputasi dan kredibilitasnya baik, seperti TRAC. Hadir sebagai pioneer sewa kendaraan, TRAC selalu bisa jadi solusi transportasi, baik untuk kebutuhan perusahaan maupun personal.

Sebagai pioner layanan sewa kendaraan khususnya rental mobil, TRAC telah berpengalaman lebih dari 37 tahun. TRAC menyediakan pilihan mobil yang beragam, mulai dari city car hingga MPV dan SUV premium.

Untuk jenis hatchback/sedan, tersedia mulai dari Daihatsu Ayla, Toyota Corolla Altis, hingga BMW 5 Series bahkan juga mobil listrik Toyota Prius.

Baca juga: Lebih Untung Mana, Beli Atau Rental Mobil?

Jika membutuhkan MPV, tersedia pilihan mulai dari Toyota Calya, Daihatsu Gran Max hingga Toyota Innova Zenix dan Toyota Alphard/Vellfire. Untuk SUV, tersedia pilihan mulai dari Daihatsu Terios, BMW X6, Lexus RX300 hingga Toyota Land Cruiser.

Selain itu, TRAC memberi jaminan unit-unit kendaraan yang disewakan dalam kondisi prima dan terawat, bahkan model keluaran terbaru. Layanan yang diberikan pun bersifat menyeluruh, termasuk bantuan pelanggan selama 24 jam penuh.

Di TRAC kamu bisa rental mobil dengan pengemudi atau lepas kunci. Cara pesannya juga mudah, lewat halaman reservasi di website TRAC atau aplikasi TRACtoGo yang tersedia di Playstore dan Appstore.

Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC kamu juga bisa cek langsung website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter (X) @TRACastra.

47
Tags
TRAC