SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mobil Bekas Menggeliat di Era Dagang Elektronik

Seiring perkembangan teknologi, platform bisnis penjualan mobil bekas semakin luas. Tidak hanya melalui showroom dan balai lelang, tapi juga melalui dagang elektronik atau e-commerce. Banyak dealer mobil bekas yang sudah merasakan manfaat dari platform tersebut termasuk mobil88.

Senior Sales Officer mobil88 Kenjeran Surabaya Guntoro Wiharjo mengaku, mendapatkan dampak positif melalui e-commerce. ''Kalau selama ini Mobil88 kenal hanya di seputaran Surabaya dan sekitarnya, kini dikenal di seluruh Jawa Timur, bahkan luar pulau,'' kata Guntoro. (Republika, 11/10/2012).

Guntoro menyebutkan, menjual mobil bekas melalui e-Commerce memiliki daya tarik sendiri, terutama dari segi kemudahan. Biasanya, calon konsumen sekadar bertanya mengenai harga mobil yang dipajang, hingga kemudian beberapa diantaranya langsung melakukan transaksi. Tidak sedikit juga yang mengunjungi showroom mobil88 setelahnya.

Mobil88 mulai masuk dunia e-commerce pada pertengahan Juli 2012. Dalam dua bulan berikutnya, Agustus dan September, omset mobil88 naik hingga 30 persen. Di sisi lain, saat itu adalah masa peak bagi penjualan mobil sebelum Lebaran.

Oleh karena itu, Guntoro menambahkan, Mobil88 akan terus memaksimalkan penjualan dengan tetap menjadi members dan memasang iklan seluruh produk stok mobil yang dimiliki. Dengan begitu, lebih banyak masyarakat yang mengetahui. Kemudahan akses internet yang bisa dilakukan di e-commerce diyakini mampu mempercepat perputaran dan penjualan mobil, tidak hanya di Jatim, bahkan ada yang dari luar pulau.

Presiden Direktur mobil88 Halomoan Fischer Lumbantoruan mengatakan, perusahaannya sudah lama untuk menyasar e-commerce. Mobil88 juga sudah melakukan kerja sama dengan sejumlah platform besar seperti blibli.com pada April 2018. “Melalui kerjasama ini kami siap memberikan yang terbaik termasuk kemudahan dalam pelayanan jual beli bagi pelanggan Blibli.com," kata dia dilansir dari situs resmi Mobil88, Rabu (04/04/2018).

Melalui kerja sama ini, Mobil88 akan menilai dan membeli mobil bekas yang dimiliki oleh pelanggan yang ingin membeli mobil baru di Blibli.com.

Walau sudah memiliki divisi khusus penjualan daring yang diberi nama Belimob.com, Fischer menyatakan tak ingin membuang peluang untuk bekerja sama dengan mitra yang lebih berpengalaman dalam perdagangan secara daring.

"Kami bisa belajar banyak dari kerja sama ini, serta tentunya juga memberi kemudahan bagi para pelanggan kami yang menjual mobil bekas untuk kemudian membeli mobil baru dalam satu pintu. Sehingga memudahkan pelanggan dari berbagai aspek," kata Fischer. (Beritagar.com, (06/04/2018).

Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com Lay Ridwan Gautama mengatakan, layanan ini sebenarnya untuk lebih mempermudah dan memberikan solusi bagi konsumen yang ingin melakukan tukar tambah mobil.

Ridwan menambahkan, keputusan untuk memilih Mobil88 sebagai rekanan dalam bisnis ini diambil setelah mereka melakukan riset yang mendalam. Blibli.com ingin memastikan memiliki mitra yang memiliki visi serupa dengan level penjualan yang kurang lebih sama.

Pembukaan layanan tukar tambah ini juga, menurut Ridwan, didorong oleh angka penjualan mobil di e-commerce yang cukup menggembirakan. Hal itu menunjukkan masyarakat semakin menginginkan kemudahan dalam membeli barang, termasuk mobil.


Untuk satu bulannya, Ridwan mencatat, penjualan mobil di Blibli.com sudah mencapai puluhan unit, baik untuk pembeli secara kredit maupun tunai. “Ini bukti kalau layanan kami ini diterima masyarakat luas," kata Ridwan.

Selain memanfaatkan e-commerce, mobil88 yang berada di bawah naungan SERA juga tetap fokus pada pengembangan showroom. Hingga saat ini, 20 cabang showroom Mobil88 telah tersebar di kota-kota besar Indonesia.

Sebagai showroom yang telah berpengalaman selama lebih dari 30 tahun, mobil88 berani memberikan jaminan buyback guarantee mencakup mobil bukan bekas tabrakan atau terendam banjir. Selain itu, nomor rangka dan mesin dijamin sesuai STNK serta BPKB. Odometer pun tidak diputar balik.


5574
Tags