SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Perayaan Istimewa SERA Day & SQC 2020 - “SERA Resilience”

Pada tahun 2020 ini, acara SERA Dayyang merupakan acara tahunan leaders forumPT Serasi Autoraya, dilaksanakan secara berbeda. Jika pada tahun-tahun sebelumnya dalam pelaksanaannya dilakukan dengan berkumpul di hotel dengan menggunakan kostum-kostum tematik, maka tahun ini acara SERA Day dilaksanakan secara online. Dengan mengangkat tema “SERA RESILIENCE”, sangat menggambarkan bagaimana perusahaan dan semua Insan SERA memberikan segenap kemampuan yang ada untuk bertahan dan tetap berjuang di tengah kondisi pandemi ini.

Acara SERA Resilience mengusung tagline “Embracing Collaborative Innovation To Make A Big Impact” yang memiliki makna SERA memiliki kemampuan untuk selalu proaktif dalam menjawab tantangan dengan semangat kolaborasi untuk menghasilkan inovasi yang berdampak besar sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Acara bertajuk SERA Resilience ini telah dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 September 2020. Dimana pada hari pertama, Rabu 9 September 2020 dilaksanakan penjurian untuk final SQC 2020 dan acara utamaawarding SERA Day & SQC dilaksanakan pada Kamis10 September 2020. Walaupun acara dilaksanakan secara online, namun antusias insan SERA sangat tinggi dalam mengikuti acara.

Acara Penjurian Final SQC 2020

Ajang penjurian SQC merupakan kompetisi yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya inovasi Insan SERA dalam berkarya. Dari 661 risalah yang terdiri dari berbagai kategori improvement dan telah terkumpul selama periode waktu Oktober 2019 - Mei 2020, telah terpilihlah 15 tim finalis Insan SERA yang merupakan tiga tim improvement terbaik dari masing-masing kategori yang dikompetisikan.Kelima kategori improvement tersebut adalah Quality Control Project, Technical Quality Control Circle, Non-Technical Quality Control, Technical Suggestion System, Non-Technical Suggestion System.Pada tahun ini, terdapat pula kategori khusus yang baru diadakan dalam ajang penjurian SQC yaitu kategori design thinking yang bersifat exhibition. Design thinking yang dimaksud adalah sebuah metode baru dalam menyelesaikan masalah yang berfokus pada manusia. Dalam kategori ini terdapat dua tim yang mencoba melakukan improvement menggunakan metode design thinking.

Untuk acara penjurian masing-masing kategori SQC dilaksanakan di 6 room MicrosoftTeams yang berbeda. Seluruh Insan SERA dapat mengikuti dan menyaksikan penjurian melalui live event di Microsoft Teams dan dapat memilih untuk mengikuti penjurian di salah satu kategori, karena proses penjuriankeenam kategori SQC ini dimulai di waktu bersamaan. Dalam proses penjurian, setiap tim mempresentasikan proyek masing-masing di hadapan dewan juri yang merupakan jajaran manajemen.Acara penjurian berlangsung lancar, dimana finalis dan juri dapat berinteraksi dengan baik dan dapat melakukan sesi tanya jawab meskipun tidak bertatap muka secara langsung.

SERA DAY 2020

Untuk hari kedua, acara dimulai tepat pukul 08:30 oleh MC Ismu Puput dan Imam Pribadi yang membuka acara dengan meriah meskipun hanya tampil secara live pada online event ini. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden Direktur SERA Firman Yosafat Siregar, dimana beliau membawakan materi Resilience untuk membangun semangat Insan SERA dalam menghadapi situasi saat ini yang kurang menentu. Sambutan berikutnya juga diberikan oleh Yoana Fransiska selaku SERA Corp. Management Development yang menyampaikan pencapaian Quality Improvement di SERA Group selama periode waktu Oktober 2019 - Mei 2020.

Acara juga diisi dengan seminar dari 2 pembicara yang memberikan topik menarik untuk diikuti. Seminar pertama dibawakan oleh Isdar Marwan yang merupakan Director Career Service Mercer Indonesia dan Luthfi Khairawan Putra selaku moderator dengan tema Resilient Culture, Leadership and Well Being. Sedangkan untuk seminar kedua, dibawakan oleh Shirley Santoso dari AT Kearney dan Fransisca sebagai moderator dengan judulGlobal Economy Situation and the Impact to Indonesia. Insan SERA sangat antusias dengan kedua topik yang dibawakan oleh pembicara seminar kali ini. Hal ini dapat dilihat dari banyak pertanyaan yang diajukan di kolom QnA.

Acara puncakpun berlangsung meriah dengan menampilkan para pemenang dari 16 kategori penghargaan di acara awarding SERA Day & SQC 2020 ini. Selain pemenang dari kategori yang ada di SQC, kategori lainnya adalah Best Branch untuk pencapaian performance di setiap bisnis unit yang ada, Best Green Branch for HSE Implementation dan Best Branch for Security Implementation. Selain itu ada juga kategori untuk penghargaan Best Supporting Corporate Function serta penghargaan untuk individu untuk kategori Best Project Improvement Management Trainee dan Best Facilitator.

Untuk pertama kalinya, SERA Isolated Concertyang merupakan Choir Concertmengisi acara hiburan di event SERA Day. Choir Concertini dibawakan oleh Benhard Humisar dan tim secara virtual. Alunan lagu Indonesia Pusakadibawakan dengan merdu oleh insan-insan SERA berbakat yang tergabung dalam arahan Benhard. Selain SERA Isolated Concert, tak ketinggalan juga hiburan dari Band Internal SERA “Ruding and Friends” yang membawakan lagu-lagu andalan sesuai dengan tema Resilience. Dipenghujung acara, Suparno Djasmin selaku Presiden Komisaris SERA juga memberikan pesan secara virtual kepada insan SERA.

Pengumumanpara pemenang pre-event SERA DAY2020 juga dilakukan dihari ini. Terdapat 2 perlombaan untuk pre-event ini yaitu “Virtual Run and Virtual Bike for Resilience” dan “Resilience versi kamu”.Para pemenang lomba Virtual Run and Virtual Bike for Resilience diambil dengan pengundian dari para finisher yang mampu menyelesaikan lari dengan jarak tempuh 5 KM dan bersepeda dengan jarak tempuh 30 KM. Sedangkan untuk Resilienceversi kamu, para pemenang dinilai dari foto/video dengan caption resilience terbaik.

Banyak sekali hal yang berkesan pada acara online SERA Resilience tahun ini. Hal ini tak luput dari hasil usaha kerja keras para panitia yang telah berusaha menghadirkan acara awarding dan penjurian SQCsecara virtual, serta peran serta aktif dari semua tamu undangan yang hadir.


253
Tags
TRAC