SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Ini Tahap Selanjutnya yang Perlu dilakukan Setelah Menang Lelang

Mengikuti lelang mobil di balai lelang milik Astra Group, Balai Lelang Serasi (IBID) benar-benar sangat mudah dan menyenangkan. Setelah dinyatakan menang, maka proses selanjutnya yang harus dilakukan adalah pelunasan harga mobil yang telah ditetapkan dalam lelang itu.

Proses pelunasan ini juga sangat mudah. Bahkan bisa dilakukan secara online melalui website www.ibid.astra.co.id atau aplikasi IBID yang dapat diunduh di Google Playstore atau Appstore.


Baca juga : Keuntungan Membeli Mobil Bekas Operasional Perusahaan Melalui Lelang



Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka menu transaksi pada opsi. Kemudian pilih unit yang akan dilunasi dan download Konfirmasi Pemenang Lelang (KPL). Tetapi, selain mengakses KPL melalui aplikasi tersebut, biasanya Anda juga akan mendapatkan kiriman form KPL melalui email begitu dinyatakan memenangkan lelang (ingat setiap peserta lelang selalu dimintai alamat email).

2. Setelah itu, transfer uang pelunasan dengan nominal yang disebutkan pada form KPL melalui nomor virtual account (VA) bank yang ditunjuk.

3. Transfer pelunasan ini harus dilakukan maksimal lima hari kerja setelah hari lelang. Jika tidak, Anda dinyatakan wanprestasi dan kemenangan lelang dinyatakan gugur dan uang deposit hangus.

4. Jika pelunasan telah dilakukan, Anda pun bisa langsung mengambil unit mobil yang Anda menangkan di cabang IBID yang ditunjuk. Caranya, cukup menunjukkan bukti transfer dan form KPL.Pengambilan mobil yang dimenangkan, bisa diwakilkan ke perusahaan ekspedisi jika Anda berhalangan atau jarak tempat yang cukup jauh. Namun, Anda harus berkoordinasi dengan cabang IBID dimana mobil tersebut berada.


Baca juga : Beli Mobil Lelang Dijamin Aman, Asalkan Pilih Balai Lelang Terpercaya


Pada saat pengambilan mobil itu, Anda juga akan mendapatkan surat atau dokumen kendaraan. Tetapi jika surat tersebut belum tersedia, Anda tetap bisa membawa mobil pulang dan surat-surat akan antara 3 – 14 hari kerja.

IBID akan memberikan notifikasi berupa pesan pendek (SMS), melalui email, atau surat dari IBID yang menyatakan surat-surat kendaraan telah tersedia dan bisa diambil. Jadi mudah kan?

Untuk Anda yang belum tahu, PT Balai Lelang Serasi (IBID) merupakan balai lelang terpercaya yang memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat untuk mengikuti lelang. IBID juga menawarkan kemudahan lelang secara online atau live auction, yaitu mengikuti proses lelang melalui aplikasi IBID. Sehingga para peserta bisa nge-bid dari mana saja tanpa harus ke lokasi. 

Balai lelang IBID juga memiliki frekuensi lelang yang lebih dari 50 kali per bulan, jaringan lelang di lebih dari 30 kota di Indonesia serta jaminan keamanan dari proses lelang yang transparan.

Beberapa metode lelang di IBID yang bisa kamu ikuti adalah Live auction, Flash auction, dan Timed Auction.


Baca juga : Makin Mudah Transaksi Saat Mengikuti Lelang Dengan Metode Pembayaran Virtual Account


Live auction, menjadikan peserta dapat mengikuti lelang dari mana saja tanpa perlu datang ke lokasi. Jika peserta menang, maka barang yang dilelang akan segera dikirimkan ke rumah.

Keuntungan lain dari live auction adalah caranya yang mudah. Calon peserta cukup mendaftarkan diri di website atau aplikasi IBID dengan melengkapi data diri berupa nama, e-mail, dan password. Namun jika ingin jauh lebih mudah kamu dapat memilih registrasi menggunakan Facebook, Google, Twitter, dan Linkedin.

Live auction merupakan versi virtual dari lelang onsite, di sini peserta dapat nge-bid secara fleksibel bahkan sembari minum kopi via website ataupun aplikasi IBID yang dapat diunduh di Google Play Store. Jadwal live auction sama dengan jadwal lelang onsite.

Ada juga metode Flash Auction, yang merupakan cara baru lelang online di IBID yang diselenggarakan secara cepat, tidak terikat dengan jadwal lelang manapun. Selain itu, peserta lelang dapat melihat unit melalui Live Streaming dan mengajukan pertanyaan interaktif melalui Live Chat. 


Baca juga : Bijak Memilih Balai Lelang di Tengah Maraknya Penipuan Online


Flash Auction adalah solusi bagi penjual yang ingin mobil bekasnya cepat laku. Sedangkan bagi pembeli, metode ini juga akan membantu Anda menemukan mobil bekas terbaru yang dilelangkan di IBID. Jadi, Anda sudah tidak perlu menunggu jadwal reguler lagi.

Sementara untuk Timed Auction adalah versi terbaru dari lelang online yang diadakan oleh IBID. Berbeda dengan flash auction yang dapat dilakukan melalui website dan aplikasi. Penawaran lelang pada timed auction hanya dapat dilakukan melalui aplikasi IBID saja. 

Jadwal lelang timed auction dan flash auction juga berbeda. Pada umumnya, timed auction memiliki periode lelang lebih panjang yaitu dua hari hingga seminggu. Sehingga Anda bisa lebih leluasa dalam manajemen waktu dalam mengikuti lelang tipe ini. Sementara flash auction memiliki jadwal lelang yang cepat sesuai Namanya, sehingga Anda bisa mendapatkan mobil atau menjual mobil lama dengan lebih cepat. 

Untuk mengetahui secara lebih jelas, Anda bisa mengunjungi situ resmi IBID di  https://www.ibid.astra.co.id.
2228
Tags
IBID