SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Kenali Standar Pelayanan Minimal Bus Pariwisata, Agar Perjalanan Semakin Aman dan Nyaman

Pahami Sebelum Menyewa, Ini Standar Pelayanan Minimum Bus Pariwisata


Kelayakan bus pariwisata sebagai sarana angkutan berwisata yang layak Anda sewa sejatinya harus memiliki standar minimal yang disebut sebagai Standar Pelayanan Minimum (SPM). Standar ini bukan hanya menetapkan kondisi keamanan bus untuk digunakan, tetapi juga kenyamanan bagi penumpangnya.

Bagi Anda yang ingin menyewa bus pariwisata wajib memastikan hal ini. Jangan hanya tergiur harga atau tarif sewa yang murah semata. Sebab, aspek –aspek dalam SPM itu bukan hanya menyangkut kenyamanan perjalanan saja tetapi juga keselamatan jiwa.


Baca juga : Kenali Tipe Bus Pariwisata Sebelum Anda Menggunakannya Untuk Liburan Bersama Rombongan


Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus Anda tanyakan ke Perusahaan tempat bus pariwisata yang akan Anda sewa. Selain itu, Anda juga harus mengecek  atau mengkonfirmasi track record armada bus pariwisata perusahaan tersebut hingga saat ini.


1. Memiliki Izin Operasi

Pertama, pastikan bus yang akan disewa memiliki izin operasi. Dengan mengantongi surat izin operasi, maka bus setidaknya telah menjalani inspeksi kelayakan digunakan oleh petugas dari lembaga pemerintah atau dalam hal ini Kementerian Perhubungan.


2. Pastikan Bus Layak Jalan

Kedua, cek fisik bus yang akan disewa. Pengecekan bisa mulai dari kondisi ban apakah masih layak atau tidak, yakni dengan memastikan ukiran di permukaan tapak ban yang masih dalam dan bukan vulkanisir.

Kemudian, pastikan tidak ada kaca yang retak atau pecah. Pastikan pula kondisi spion yang jelas dan lengkap. Cek pula kondisi joknya, dan yang tidak kalah penting adalah cross check antara tampilan bus dengan dokumen tahun model bus.

Jika bus tersebut merupakan bus model lama, sebaiknya dihindari meski secara tampilan masih terlihat oke. Walaupun soal tampilan bukan jaminan kondisi keamanan pasti layak, namun tahun model lama juga berkorelasi dengan masa pakai yang sudah sering.


Baca juga : Nikmati Liburan Sekolah Dengan Pariwisata Bersama Keluarga Besar Menggunakan Bus


3. Cek Rekam Jejak Perusahaan Bus

Ketiga, telisik rekam jejak perusahaan tempat penyewaan bus yang bersangkutan. Gali informasi di internet tentang kecelakaan bus pariwisata yang terkait dengan nama perusahaan tersebut.


4. Pastikan Fasilitas Berfungsi Baik

Keempat, cek fasilitas yang tersedia. Mulai dari fasilitas pendukung keamanan  seperti palu pemecah kaca saat kondisi darurat, sabuk pengaman, hingga perlengkapan obat-obatan ringan P3K. Selain itu, pastikan kondisi TV dan perangkat audio plus microphone yang disediakan, kondisi AC, dan jika perlu pastikan apakah ada Wifi, bantal dan selimut, hingga aroma kabin apakah wangi atau tidak.


5. Sikap dan Pelayanan Kru Bus

Kelima, sikap dan pelayanan kru bus. Anda dapat mengkonfirmasi atau menggali informasi soal ini dari orang-orang yang pernah menggunakan bus dari PO yang bersangkutan. Minimal bisa dilihat dari beragam komentar di situs resmi perusahaan dari konsumen atau masyarakat.

Jika layanan kru tidak bagus, lebih baik lupakan saja untuk menyewa bus dari perusahaan tersebut. Karena sikap yang tidak baik dari kru akan menjadikan perjalanan wisata yang tidak menyenangkan, Anda dan rombongan justru kecewa.


Baca juga : 4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Bus Pariwisata


Kerisauan terhadap kemungkinan bus pariwisata yang akan disewa tidak aman dan tidak nyaman, tak akan terjadi jika Anda menyewa di TRAC Bus. Sebab, TRAC sebagai perusahaan penyewaan kendaraan mulai dari mobil hingga bus ini merupakan bagian dari Astra Group yang menawarkan berbagai tipe bus mulai dari small bus, medium, big hingga luxury yang dikenal sangat mengutamakan faktor keamanan.

TRAC yang berdiri sejak tahun 1986 ini juga dikenal sangat ketat dalam menerapkan peraturan dan standar kepada para pengemudi kendaraan yang disewakan, termasuk bus.  Selain memiliki pengalaman dan bersertifikat pengemudi dengan keahlian safety driving, para pengemudi itu juga dibekali standar etika pelayanan kepada pelanggan.

TRAC juga selalu menerapkan protokol ketat bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasanya. TRAC memiliki SMART protocol dalam setiap penerapan operasionalnya. SMART (Sanitized, Wear a Mask, Ready to Go) protocol sendiri merupakan protokol kesehatan yang dijalankan oleh TRAC yaitu Sanitize (mobil operasional sebelum dan sesudah digunakan akan didisinfecant terlebih dahulu), Wear a Mask (driver dan penumpang diwajibkan untuk menggunakan masker), dan Ready to Go (siap untuk melayani pelanggan).


Baca juga : Liburan Naik Bus, Simak Cara Memilih Bus Pariwisata Yang Aman Dan Nyaman


Untuk menunjang kebutuhan transportasi ataupun berwisata Anda, TRAC juga menyediakan layanan sewa kendaraan dengan pengemudi yang telah terlatih secara profesional. Pengemudi TRAC direkrut dengan seleksi yang ketat serta dibekali berbagai pelatihan dan pembinaan yang komprehensif, salah satunya defensive driving dengan instruktur bersertifikat internasional.

Mereka juga dibekali standar pelayanan TRAC dimana tiap pengemudi tidak hanya terlatih secara skill teknis saja namun juga memiliki sikap dan penampilan yang santun untuk selalu dapat melayani pelanggan dengan baik. Bukan hanya itu, layanan sewa mobil TRAC juga tersedia di seluruh jaringannya yang tersebar di 50 kota di Indonesia. 

Untuk mengetahui lebih jauh tentang layanan ini, Anda bisa menghubungi Customer Assistance Center TRAC di nomor 1500009 atau kunjungi www.trac.astra.co.id

3408
Tags
TRAC