SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Perhatikan Usia Efektif Kendaraan Operasional Agar Tidak Merugi

Perhatikan Usia Efektif Kendaraan untuk Memaksimalkan Efisiensi Perusahaan


Salah satu efisiensi yang bisa dimaksimalkan oleh perusahaan adalah pengeluaran biaya untuk kendaraan operasional. Selain penggunaan dan perawatannya, usia kendaraan juga perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan perusahaan harus benar-benar bisa mengukur perbandingan antara produktifitas mobil dengan perawatannya. 

Saat mobil masih baru, produktifitasnya tinggi karena selalu siap digunakan, sementara perawatannya sangat minim karena biasanya hanya berupa servis rutin. Tapi seiring berjalannya waktu, produktifitas mobil mulai menurun karena faktor pemakaian, sementara perawatannya juga semakin menyita waktu dan biaya. Ini disebut usia efektif kendaraan.


Baca juga : Driver Profesional Jadi Kunci Kenyamanan Dalam Memilih Rental Mobil


Beberapa Hal yang Menentukan Usia Efektif Kendaraan

Sebenarnya usia efektif setiap kendaraan tidaklah persis sama karena juga bergantung pada aktivitas penggunaan dan jadwal perawatannya. Secara umum, kendaraan operasional perusahaan idealnya digunakan paling tidak selama 3 tahun, namun bisa dimaksimalkan hingga 5 tahun. 

Jika dalam kesehariannya kendaraan tersebut digunakan untuk aktivitas yang tidak berat. Misalnya menempuh perjalanan kurang dari 100 km per hari, membawa beban tidak melebihi 1000 kg, dan menempuh jalan perkotaan (bukan daerah perbukitan/pegunungan atau jalan yang terjal).

Selain usia mobil dan cara penggunaannya, perawatan kendaraan juga menentukan usia efektif mobil. Perawatan kendaraan memang menyita waktu dan biaya, tapi sangat penting untuk memperpanjang usia efektif mobil. 

Harus diingat bahwa kerusakan yang diabaikan atau perawatan yang ditunda dapat menimbulkan akumulasi kerusakan yang lebih parah dan pada akhirnya memakan biaya lebih besar sehingga menurunkan efisiensi dan efektifitas mobil.


Baca juga : Lepas Kunci Ataupun Dengan Driver, Pastikan Memilih Rental Mobil Terpercaya


Ada satu faktor lagi yang mempengaruhi usia efektif kendaraan tapi mungkin sering dilupakan perusahaan. Yaitu frekuensi penggunaan atau seberapa sering mobil tersebut digunakan. Bisa saja perusahaan menganggap bahwa usia efektif mobil tersebut adalah 5 tahun, tapi pada kenyataannya lebih rendah karena ternyata mobil tersebut hanya digunakan beberapa kali dalam sebulan. 

Padahal biaya yang dikeluarkan untuk pembelian mobil, pajak, perawatan dan lainnya tidaklah sedikit. Bukankah lebih baik dana tersebut dialokasikan untuk pengembangan perusahaan yang lebih produktif?


Rental Mobil Jadi Solusi Maksimalkan Usia Efektif Kendaraan

Solusi yang lebih baik untuk memaksimalkan usia efektif kendaraan operasional adalah dengan rental atau sewa mobil. Selain tidak perlu memikirkan biaya dan waktu untuk perawatan, kondisi kendaraan serta jenis kendaraan yang diinginkan pun sudah pasti dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan menyewa mobil, perusahaan akan selalu mendapatkan mobil baru dengan kondisi prima serta biaya operasional yang lebih terjangkau.

Tapi tentu saja jangan asal pilih rental mobil. Pastikan bahwa perusahaan sewa mobil yang dipilih telah memiliki pengalaman yang panjang dengan reputasi baik. Di antaranya adalah TRAC yang merupakan bagian dari keluarga Astra. 

Berdiri sejak tahun 1986, TRAC memberikan layanan solusi transportasi secara menyeluruh. Kini TRAC telah berkembang menjadi market leader di bidang solusi transportasi yang mengelola hingga ribuan kendaraan, yang terdiri dari mobil, sepeda motor, dan bus. Tidak hanya untuk perusahaan, TRAC juga menyediakan solusi untuk kebutuhan sewa mobil secara individu. Tersedia berbagai pilihan tipe mobil yang sesuai untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari Daihatsu Ayla, Toyota Avanza hingga Toyota Fortuner dan Alphard.


Baca juga : Astra FMS Solusi Manajemen Armada Perusahaan Anda


Salah satu keunggulan utama TRAC adalah penggunaan teknologi untuk memudahkan dan menjamin pelayanan terhadap para konsumennya. Reservasi bisa dilakukan dengan mudah melalui website dan aplikasi TRAC. Dengan dukungan jaringan luas yang tersebar di lebih dari 50 kota di Indonesia, TRAC siap melayani kebutuhan transportasi di berbagai wilayah.


Keutamaan Rental Mobil Korporat dari TRAC

Salah satu produk TRAC untuk perusahaan adalah Rental Mobil Harian Korporat yang memungkinkan perusahaan menyewa mobil hanya ketika membutuhkannya. Setiap pemesanan mobil dapat disesuaikan dengan durasi pemakaian yang dibutuhkan. Minimal durasi pemakaian adalah 4 jam dan dapat ditambah sewaktu-waktu sesuai keperluan.

Didukung aplikasi reservasi korporat yang bisa diunduh di smartphone, pemesanan mobil pun dapat dilakukan secara online dari mana saja. Karyawan yang sudah memiliki akses dapat melakukan login dan pemesanan secara mandiri melalui aplikasi korporat dari layar ponsel.

Perusahaan bisa menentukan siapa saja yang memiliki akses melakukan pemesanan, untuk keperluan karyawan atau tamu penting. Tak hanya itu, karyawan yang memiliki kewenangan tersebut dapat memantau dan mengatur penggunaan mobil melalui dasbor khusus.

TRAC juga akan membantu perusahaan dalam menganalisis pemakaian transportasi berdasarkan hasil laporan berkala untuk memudahkan perusahaan melakukan efisiensi biaya. Bahkan, perusahaan dapat mengatur biaya transportasi untuk setiap divisi. 

Untuk memberi ketenangan dan rasa aman selama sewa kendaraan, TRAC memberi perlindungan dengan proteksi asuransi dan jaminan kondisi armada yang selalu prima. Jika ada hal darurat penting, para pelanggan bisa menghubungi Customer Assistance Center di nomor 1500 009 untuk pusat bantuan, informasi, maupun pemesanan. Layanan pelanggan ini tersedia setiap hari selama 24 jam penuh. Dengan berbagai layanan dan teknologi yang disediakan TRAC, penyewaan mobil akan terasa lebih mudah, efisien dan aman.

Untuk informasi selengkapnya mengenai layanan rental mobil korporat dari TRAC, kunjungi https://www.trac.astra.co.id/produk-layanan/rental-mobil-korporat

2296
Tags
TRAC