SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tingkatkan Produktivitas Kerja Dengan Lakukan Beberapa Hal ini

Ini Cara Menghindarkan Stres dan Menjaga Produktivitas Kerja


Rutinitas menjalani pekerjaan di setiap hari, sering kali menimbulkan rasa penat baik fisik maupun psikis. Jika hal itu terjadi dan tidak dicarikan solusi akan berujung menurunnya produktivitas, bahkan menimbulkan stres.

Namun, sejatinya kepenatan fisik maupun psikis itu bisa disiati. Bahkan, tanpa melibatkan orang lain maupun sistem atau lingkungan di tempat kerja sekali pun.

Kuncinya adalah kemauan dan memahami cara-cara untuk melakukan relaksasi psikis, tanpa merusak ritme tugas atau pekerjaan yang tengah dijalani. Jika itu berhasil dilakukan, maka produktivitas akan tetap terjaga, meski dilakukan secara mandiri.

Sejumlah literatur yang ditulis berdasar hasil survei maupun testimoni orang-orang yang berhasil melakukannya menunjukkan, setidaknya ada ada lima sikap yang dapat menghindarkan seseorang terjebak dalam kejenuhan yang berujung kepenatan fisik dan psikis saat menjalani rutinitas pekerjaan.


Baca juga : Hindari 3 Bahasa Tubuh Ini Saat Proses Interview Kerja


1. Lakukan Ritual Pribadi

Ritual pribadi memang perlu dilakukan pada saat bekerja, atau baru mau memulai pekerjaan. Tentunya ritual yang dimaksud ini adalah kegiatan yang tidak melanggar norma, aturan, maupun etika di lingkungan pekerjaan.

Ritual itu misalnya membuat minuman hangat yang paling disukai, misal segelas kopi, teh susu, atau lainnya. Ritual lainnya, mendengarkan musik atau lagu favorit begitu telah merasa jenuh dengan pekerjaan yang tengah dijalankan, sehingga begitu ritual pribadi ini dikerjakan akan muncul kembali semangat untuk menyelesaikan pekerjaan.


2. Membuat Prioritas dalam Pekerjaan

Jika Anda mendapatkan tugas dari atasan yang bertubi-tubi, maka lihat kapan deadline dari pekerjaan itu ditetapkan.

Kemudian urutkan dari pekerjaan itu yang paling urgen untuk dikerjakan terlebih dahulu, urutan kedua, ketiga dan seterusnya berdasar waktu deadline tersebut. Dengan begitu, maka kemungkinan terjadinya kepenatan fisik dan psikis alias stres juga akan kecil.


3. Hindari Distraksi

Hasil penelitian Profesor Gloria Mark di Department of Informatics di University of California AS menunjukkan kala seseorang terinterupsi atau terganggu aktivitas pekerjaannya, maka butuh waktu 23 menit 15 detik untuk kembali berkonsentrasi secara penuh.

Sehingga, kondisi tersebut akan mengurangi produktivitasnya. Oleh karena itu, menghindarkan lingkungan kerja dari kemungkinan distraksi sangat penting. Misalnya, matikan ponsel Anda, jauhi suara berisik dari televisi, dan jauhi area yang menjadi akses keluar masuk orang.


4. Disiplin Waktu Istirahat

Meski, pekerjaan belum selesai jika waktu istirahat tiba sebaiknya beristirahatlah. Sebab, dengan beristirahat bukan hanya merelaksasi otot-otot tubuh, dan juga merelaksasi saraf sensorik maupun ritme kerja otak. Dengan relaksasi maka ketegangan psikis juga akan memudar, dan ini penting karena psikis yang tegang dan penat, akan menjadikan tubuh cepat lelah.

Jika hal itu terjadi, maka produktivitas kerja akan menurun. Bahkan, kalau tetap dipaksakan maka kualitas hasil kerja juga akan menurun.Oleh karena itu, bagi Anda yang bekerja secara mandiri buatlah jadwal istirahat yang teratur dan disiplin.


5. Buat Rencana Harian, Mingguan, Bulanan

Dengan jadwal tersebut, tetapkan target dan deadline pekerjaan yang Anda jalani. Atur waktu untuk mengerjakan pekerjaan. Bikin daftar prioritas pekerjaan apa saja yang harus dilakukan berdasar deadline. Dengan begitu, Anda tahu persis kapan waktu harus bekerja keras dan istirahat, sehingga bekerja juga teratur.

Bekerja secara efektif sebenarnya menyenangkan, karena produktivitas dapat terus terjaga atau bahkan bisa naik. Terlebih, bila Anda ingin bekerja di perusahaan ternama seperti di SERA.


SERA atau PT Serasi Autoraya adalah perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, setiap tahunnya melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung grupnya. Untuk mengetahui lebih jelas informasi ini, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau langsung klik di tautan berikut ini https://career.sera.astra.co.id/

2147
Tags
SERA