SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Begini Cara Mengatasi Pekerjaan Menumpuk Menjelang Akhir Tahun

Hindari Pekerjaan Menumpuk Menjelang Akhir Tahun Dengan Hal Berikut


Akhir tahun tidak hanya menandai berakhirnya masa perjalanan waktu selama 12 bulan seperti yang ditetapkan dalam ketentuan penanggalan kalender masehi. Namun di akhir tahun itu pula, semua proses pekerjaan yang telah direncanakan dan dijalankan perusahaan juga harus diselesaikan.

Oleh karena itu, pada saat di penghujung tahun itulah volume pekerjaan yang harus diselesaikan karyawan biasanya jauh lebih banyak alias menumpuk. Sehingga, kadar beban pekerjaan pun meningkat dan bisa berujung meningkatnya kadar stress karyawan yang mengerjakannya.

Keluhan terkait beban berat akibat pekerjaan yang jauh lebih banyak itu banyak terlontar. Bahkan, tidak jarang, karyawan yang senior pun juga mengungkapkan rasa kepenatan psikis dan fisik akibat beratnya tugas itu.


Baca juga : Asah Skill Kepemimpinan Dengan Lakukan Hal Berikut


Maklum, umumnya para karyawan menyelesaikan pekerjaan dengan melakukan lembur atau bekerja dengan menambah waktu ekstra. Sehingga, waktu yang semestinya untuk beristirahat seperti biasanya juga tersita.

Namun sejatinya, rasa penat psikis akibat kelelahan fisik akibat mengerjakan tugas pekerjaan yang jauh lebih banyak dari biasanya itu bisa diatasi. Jika berhasil, maka kegiatan menyelesaikan pekerjaan itu akan tetap mengasyikan.

Sejumlah literatur yang memuat hasil penelitian lembaga akademik terkenal di dunia tentang menjaga kebugaran kesehatan psikologis dan fisik saat menjalankan tugas pekerjaan yang berlebihan memberikan satu kesimpulan, kunci dari keberhasilan melewati kondisi seperti itu adalah keteraturan dan runut menentukan langkah bekerja, fokus, dan tetap rileks.

Setidaknya ada empat langkah yang harus dilakukan agar pekerjaan menumpuk menjelang akhir tahun menjadi terasa ringan, yakni sebagai berikut:


Baca juga : Empat Cara Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Kerja


Buat Skala Prioritas

Pertama, buat skala prioritas pekerjaan yang harus dilakukan. Tetap pekerjaan yang memiliki sifat sangat mendesak untuk dilakukan karena tenggat waktu yang sangat dekat atau kurun waktu masa pengerjaan yang terbatas.

Jika ternyata semua pekerjaan memiliki tenggat waktu yang hampir sama tetapi bukan sangat mendesak untuk dikerjakan hari itu juga, maka tetapkan pekerjaan yang memiliki dampak atau menjadi titik simpul pengerjaan dari tugas-tugas pekerjaan lainnya. Jika ternyata sulit untuk melihat kriteria itu, maka tetapkan pekerjaan yang paling sulit di urutan pertama atau prioritas untuk dikerjakan.


Fokus Terhadap Pekerjaan yang ada Pada Skala Prioritas Tersebut

Kedua, jika telah membuat daftar skala prioritas maka upayakan untuk fokus ke proses pengerjaan tugas tersebut. Jangan memikirkan hal-hal lain selama dalam proses mengerjakan tugas itu.

Bahkan, sebaiknya mematikan notifikasi di telepon seluler atau bahkan menonaktifkan telepon seluler Anda, selama mengerjakan tugas. Jika satu tahap atau satu pekerjaan telah berhasil dikerjakan, sebaiknya tetap fokus untuk melangkah ke pekerjaan berikutnya.

Pada saat itu, Anda bisa melakukan istirahat sejenak dengan melakukan kegiatan yang tidak banyak menyita waktu atau menjadikan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan kendur. Tetapi, lakukan relaksasi dengan berjalan di sekitar ruangan kerja atau sekadar melihat pemandangan di luar kantor dari jendela.


Baca juga : Ingin Berkarir di Bidang IT? Simak Beberapa Tips Berikut Ini


Anda juga bisa melakukan relaksasi dengan senam ringan di kursi. Caranya, dengan menggerakan persendian bahu, telapak tangan, engsel mata kaki, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk meminum air putih yang cukup. Upayakan air hangat, karena akan membuat kondisi tetap terjaga. Hindari minuman yang sekiranya berpotensi memicu gangguan di lambung dan sebagainya.


Buat Kondisi Ruang Kerja Rapi dan Nyaman

Ketiga, membuat kondisi ruang kerja rapi dan nyaman. Sebab, lingkungan yang nyaman akan menjadikan mood bekerja tetap terjaga. Penciptaan kondisi nyaman bisa Anda mulai dari diri sendiri dengan menata rapi meja kerja. Pastikan buku-buku, tempat alat tulis, foto, dan sebagainya tetap tertata rapi.

Hindari ada barang berserakan di sekitar Anda. Termasuk tempat sampah atau gelas bekas pakai yang tidak segera dikembalikan ke tempat yang seharusnya. Meski terdengar dan terlihat sepele, namun kenyamanan ruang atau area kerja memberikan kontribusi dalam semangat menyelesaikan pekerjaan. Ruang yang berantakan akan cepat membuat seseorang bosan, lebih stres, yang berujung cepat lelahnya psikis dan bahkan fisik.

Jika itu terjadi, maka energi dan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat juga akan menurun. Ujung-ujungnya penyelesaian pekerjaan tidak tepat waktu, dan berdampak ke proses pengerjaan tugas selanjutnya.


Baca juga : Startup Vs Corporate, Mana Yang Lebih Cocok Untuk Karir Anda


Perhatikan Jam Tidur

Keempat, segera tidur setelah menyelesaikan pekerjaan. Selama ini banyak orang yang salah kaprah dalam memahami relaksasi setelah menyelesaikan satu pekerjaan dengan menghasilkan waktu dengan menonton film atau hiburan lainnya, padahal pada hari berikutnya masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan.

Hindari kebiasaan seperti itu, meski hanya menyita waktu satu jam dua jam. Sebaiknya jika pekerjaan hari itu telah diselesaikan dan jam kantor berakhir, segera pulang ke rumah dan tidur. Sebab, tidur merupakan obat yang paling ampuh untuk mengembalikan kebugaran. Dengan tidur yang cukup, maka saraf motorik dan sensorik tubuh akan beristirahat, begitu pun dengan otak kita.

Setelah beristirahat yang cukup maka kedua syaraf itu maupun otak akan kembali prima. Sehingga, semangat dan mood untuk menyelesaikan sisa pekerjaan yang ada juga kembali menyala dan etos kerja Anda pun tetap tinggi.

Etos kerja seperti itu sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan kelas global yang memiliki sistem dan kultur kerja bagus. Salah satu perusahaan papan atas yang memiliki sistem dan budaya etos kerja yang bagus adalah PT Serasi Autoraya (SERA). 

SERA yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk itu, saat ini mengoperasikan tiga lini bisnis, yaitu solusi transportasi yang terintegrasi melalui TRAC-Astra Rent a Car, kemudian bisnis penjualan kendaraan bekas melalui mobil88 dan IBID-Balai Lelang Serasi, serta bisnis logistik terintegrasi melalui SELOG.

Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, setiap tahunnya melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Saat ini di SERA sedang ada perekrutan karyawan untuk posisi Information System & Technology seperti Business Analyst, Mobile Developer, dan IT Secure Analyst. Kemudian ada juga lowongan di bagian Finance Accounting Tax untuk posisi Accounting Analyst, Finance Staff (Jakarta). Untuk lowongan Sales juga ada beberapa posisi yang bisa dicoba seperti, Sales Officer (Surabaya), Account Executive, serta posisi Marketing Research Analyst. 

Jika Anda tertarik untuk bergabung mengisi lowongan posisi yang ditawarkan, Anda dapat mengunjungi situs resmi https://career.sera.astra.co.id/

2495
Tags
SERA