SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tips Aman Ikuti Lelang Online Agar Anda Tidak Tertipu

Cara Menghindari Penipuan Lelang Online


Membeli mobil bekas melalui cara online kini semakin populer seiring dengan semakin tumbuhnya minat masyarakat untuk memiliki kendaraan bermotor roda empat. Namun, tren ini ternyata juga digunakan sebagai cara untuk meraup untuk dengan cara penipuan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sekarang ini penipuan berkedok lelang mobil secara online semakin marak. 

Seperti diungkap Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Polri belum lama ini, laporan yang disampaikan masyarakat terkait tindak kejahatan yang terjadi melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan lainnya.


Baca juga : Bijak Memilih Balai Lelang di Tengah Maraknya Penipuan Online


Umumnya, korban merupakan masyarakat yang tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh penawaran lelang online, namun tidak dibarengi dengan langkah hati-hati, teliti dan cermat. Terutama langkah antisipatif dan pemeriksaan lebih lanjut terhadap validitas situs atau penawaran lelang online tersebut.

Padahal, untuk melakukan antisipasi agar tidak tertipu dalam lelang online itu sejatinya cukup mudah.  Caranya dengan mencermati cara mereka melakukan penawaran.


Perhatikan Akun Balai Lelang Tersebut

Pertama, jika Anda dihubungi oleh seseorang yang mengatasnamakan balai lelang terkenal melalui akun media sosial, Anda dapat memperhatikan tampilan atau feed akun media sosial tersebut. Jika di akun itu terdapat banyak tipografi, desain konten dan pengambilan gambar atau foto yang tidak bagus, maka kemungkinan besar akun itu palsu.


Jangan Mudah Tergiur Harga Murah

Kedua, perhatikan harga yang ditawarkan. Jika harga tersebut dipatok jauh lebih murah dari pasar, maka Anda patut curiga. Sebab, harga lelang tidak akan selalu murah karena penjual atau pemilik barang, tentu ingin melelang

Selain itu, harga barang yang dilelang pasti memiliki batas (limit) harga dasar. Besaran batas atau limit tersebut akan ditetapkan oleh penjual atau pemilik barang, sehingga besaran harga lelang yang terbentuk akan lebih tinggi dari nilai limit yang sudah ditetapkan oleh penjualnya, bukan sebaliknya, menjadi lebih murah.


Baca juga : Beli Mobil Lelang Dijamin Aman, Asalkan Pilih Balai Lelang Terpercaya


Pahami Prosedur Lelang

Ketiga, pahami prosedur lelang dan pilih lembaga lelang yang memiliki kredibilitas tinggi. Jika ada prosedur yang janggal atau tidak dipahami, lakukan pengecekan ke lembaga lelang penyelenggara di saluran komunikasi yang resmi. Dengan demikian, Anda akan langsung mendapatkan kepastian apakah lelang yang ditawarkan ke Anda resmi atau tidak.

Itulah serangkaian langkah untuk menghindari penipuan lelang online. Ingat, sebaiknya hanya mengikuti lelang yang digelar oleh lembaga lelang resmi dan berkredibilitas tinggi.

Salah satu lembaga lelang dengan karakter seperti itu adalah PT Balai Lelang Serasi (IBID), yang merupakan anak perusahaan PT Serasi Autoraya (SERA) yang bernaung dibawah bendera Grup Astra.

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2007 ini memiliki kegiatan usaha jasa balai lelang bermerek IBID. Kelebihan lain dari IBID selain terpercaya adalah, masyarakat dapat mengikuti live auction lewat aplikasi IBID yang sudah tersedia di Google Play Store, sehingga mereka bisa nge-bid dari mana saja tanpa harus ke lokasi.Bahkan lelang di IBID bisa diakses dengan mudah secara online, yakni situs dan aplikasi pada smartphone. Dengan memilih IBID, masyarakat telah memilih cara aman dan nyaman ketika mengikuti lelang. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs resmi https://www.ibid.astra.co.id/ atau download juga aplikasi lelang IBID di Google Play Store maupun Apple App Store.

2010
Tags
IBID