SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Melakukan Kunjungan ke IBID Jakarta

Pada tanggal 17 Januari 2023, PT Balai Lelang Serasi (IBID) Jakarta mendapatkan kunjungan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Rionald Silaban bersama dengan Direktur Lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Joko Prihanto. Kedatangan Dirjen KN dan Direktur Lelang DJKN ini disambut hangat oleh Daddy Doxa Manurung selaku President Director IBID, Wisnu Pryasto selaku Head of Digital Business Marketing and Product Development IBID beserta tim IBID lainnya.


“Terima kasih kepada Dirjen KN dan Direktur Lelang DJKN atas kunjungannya ke Balai Lelang Serasi (IBID). Sebuah kehormatan untuk bisa memperkenalkan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh IBID sebagai perusahaan lelang di Indonesia.”, sambut Daddy Doxa Manurung.


Kegiatan yang dilakukan selama kunjungan tim IBID adalah memperkenalkan metode lelang live auction dan flash auction melalui video. Live auction adalah metode lelang rutin yang dilakukan sesuai dengan jadwal masing-masing cabang balai lelang IBID. Sementara flash auction merupakan metode lelang eksklusif dimana penitip bisa menentukan sendiri jadwal lelangnya. Kelebihan dari metode lelang flash auction adalah selama berjalannya lelang terdapat fitur live streaming, dimana bidders bisa mengajukan pertanyaan dan berinteraksi dengan petugas lelang yang sedang melakukan live streaming.


Dalam kunjungan ini pun, IBID juga mendapatkan kesempatan untuk mengadakan demo mengenai sistem yang digunakan pada saat melakukan inspeksi atau pengecekan sebelum kendaraan dilelang yaitu Astra Car Valuation (ACV) ACV 2.0 for auction. Sistem inspeksi ini tidak hanya berfokus pada pelayanan jasa inspeksi secara individu atau konsumen akhir saja, namun dapat digunakan untuk perusahaan yang membutuhkan jasa inspeksi seperti dealer mobil bekas, perusahaan transportasi ataupun logistik. Sistem ACV 2.0 ini telah mampu mengecek sistem kelistrikan mobil dengan menggunakan OBD scanner, dimana pada ACV versi sebelumnya, sistem hanya bisa melakukan pengecekkan sebatas eksterior, interior, rangka dan mesin mobil.


Tidak hanya itu, IBID juga memiliki Market Auction Price (MAP) yang tidak kalah penting dalam mendukung proses pra lelang secara online. MAP berfungsi sebagai peta untuk para pelelang dan bidder agar mengetahui pasaran harga mobil sepanjang waktu. Dengan adanya ACV dan MAP, para peserta lelang dapat lebih percaya diri dalam melakukan pembelian unit lelang secara online.


“Untuk saat ini IBID sudah siap untuk bertransformasi ke dunia digital. Semua proses lelang yang ada di IBID telah berubah menjadi 100% online. Baik dari proses pra lelang, lelang hingga paska lelangnya. Harapannya, teknologi ACV yang dapat membantu proses inspeksi kendaraan ini dapat digunakan sebagai standar inspeksi mobil lelang dan bisa terus mendukung transformasi digital industri lelang secara nasional”, tutup Daddy Doxa Manurung.

2002
Tags
IBID