SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Sebelum Menyewa, Pahami Dulu Standar Keselamatan Bus yang Baik

Begini Standar Keselamatan Bus Yang Baik


Menyewa bus untuk berbagai keperluan saat ini sering dilakukan oleh masyarakat maupun instansi pemerintah maupun swasta. Kepraktisan dan efisien dalam biaya dibanding jika menggunakan kendaraan pribadi, menjadi salah satu alasannya.


Baca juga : Menikmati Kemewahan Medium Luxury Bus


Meski, ada satu alasan lain yang tidak kalah penting saat memutuskan untuk menyewa bus. Alasan itu adalah, merekatkan rasa kebersamaan dan keakraban saat bepergian tersebut.


Namun, apapun alasannya dan keperluannya, memastikan keamanan dan kenyaman bus yang akan disewa adalah hal utama yang wajib dipertimbangkan. Bus yang akan digunakan wajib memenuhi standar keselamatan.


Jangan hanya melihat tampilan luar bus yang akan disewa sebagai patokan untuk melihat aspek keamanan dan keselamatan. Terlebih, jangan pernah tergiur dengan iming-iming harga atau tarif sewa yang murah. Karena faktor keselamatan dan keamanan kala memutuskan untuk memilih layanan sewa bus.


Bus yang memenuhi standar keamanan dan keselamatan bukan sekedar memiliki perlengkapan penunjang keamanan seperti sabuk pengaman, spion, pengereman yang bagus, dan lain-lain yang bersifat teknis. Namun, juga telah meraih sertifikasi uji tipe dan layak jalan dari Kementerian Perhubungan.


Baca juga : Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Perjalanan di Dalam Bus


Bus Harus Melewati Serangkaian Uji Keselamatan


Sebab, di karoseri, bus yang dirakit sejatinya telah melewati uji keamanan. Manajer Karoseri Laksana Semarang, Werry Yulianto, mengatakan bus-bus yang menggunakan karoseri di perusahaannya diuji sesuai dengan standar internasional United Nation Economic Commission of Europe (UNECE) Regulation Number 66.


Pengujian yang dilakukan tidak sebatas uji bus terguling saja, tetapi soal seat and anchorage strength test untuk memastikan kursi dan pengait lantainya berfungsi dengan baik, tidak terlontar saat terjadi kecelakaan atau pengereman mendadak.


Kemudian pengujian flammable test untuk mengetes beragam material dalam kabin bus yang harus memenuhi standar tertentu jik bus mengalami kebakaran.


Baca Juga: Sewa Bus Pariwisata Yang Aman Dan Nyaman, Jangan Tergiur Harga Murah


Meski tidak semua proses pengujian maupun aspek yang diuji itu dilakukan di setiap bus yang karoserinya dilakukan di Laksana. Tetapi, hanya bus-bus yang dipesan dengan tingkat keselamatan tinggi di semua aspeknya.


Tetapi, aspek keselamatan dan keamanan bus yang standar harus memenuhi standar minimal yang ditetapkan pemerintah melalui Kemenhub.


Oleh karena itu, bagi masyarakat yang ingin memastikan layak tidaknya faktor keamanan bus yang akan disewa bisa mencari informasi di situs resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub.


Baca juga : Armada Yang Terawat Jadi Cerminan Pelayanan Perusahaan Sewa Bus


Demi Keselamatan, Pilih Perusahaan Sewa Bus Dengan Reputasi Baik


Memang, dibutuhkan kecermatan dan ketelitian serta usaha ekstra untuk mendapatkan kepastian itu. Namun, hal itu tidak terjadi jika Anda menyewa bus di TRAC Bus.


Perusahaan penyedia jasa sewa kendaraan mobil dan bus ini merupakan bagian dari Astra Group. TRAC menawarkan berbagai tipe bus mulai dari small bus, medium, big hingga luxury.


Anda bisa memilih bus dengan konfigurasi jumlah kursi (tempat duduk) mulai dari 11 hingga 59 seats. Unit armada bus TRAC mengutamakan faktor keamanan, terbukti di setiap kursi terdapat sabuk pengaman.


Sedangkan untuk kenyamanan penumpang beberapa bus dilengkapi dengan fasilitas wifi, LCD TV, toilet, perangkat karaoke, bahkan pantry. Setiap armada TRAC Bus juga dilengkapi dengan palu pemecah kaca, pintu darurat, dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).


Baca juga : Mewah, Berikut Beberapa Fasilitas Luxury Bus Yang Belum Anda Tahu


Perusahaan yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun ini bahkan memastikan setiap pengemudi bus yang mengemudikan bus armadanya merupakan pengemudi terlatih dan sudah berpengalaman. Sehingga, kenyamanan dan keselamatan penumpang lebih terjamin.


Untuk mendapatkan layanan TRAC juga cukup mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di Play Store dan App Store.


Selain itu bisa menghubungi Customer Assistance Center 1500009 maupun email ke rco.nasional@trac.astra.co.id . Untuk mengetahui lebih jauh tentang layanan rental mobil TRAC Anda bisa mengunjungi situs https://www.trac.astra.co.id/

2185
Tags
TRAC