SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Hati-Hati, Begini Ciri Modus Penipuan Lelang

Waspada Modus Penipuan Berkedok Balai Lelang


Membeli barang, termasuk mobil melalui proses lelang kini semakin diminati masyarakat karena memberikan keuntungan. Selain harga yang lebih miring dibanding pembelian di luar lelang, proses untuk mengikutinya pun semakin mudah.


Baca juga : Mobil Hingga Gadget, Sederet Barang Ini Bisa Dibeli Lewat Lelang Online


Tawaran lelang, khususnya lelang mobil bekas semakin banyak bermunculan di saat liburan panjang seperti mudik lebaran. Masyarakat pun antusias menyambutnya, karena di bulan-bulan menjelang lebaran itu harus mempersiapkan kendaraan untuk mudik.


Hanya, yang patut diwaspadai adalah aksi penipuan yang dilakukan orang atau sekelompok orang dengan modus penyelenggaraan lelang. Caranya pun semakin canggih dan rapi karena menggunakan prosedur-prosedur layaknya lelang resmi yang digelar oleh balai lelang yang sebenarnya.


Meski begitu, serapi apapun modus dan trik yang digunakan, jika dicermati ternyata banyak sekali kejanggalan yang kerap ditemukan. Ibarat tak ada kejahatan yang sempurna, sistem yang digunakan penipuan berkedok lelang juga tidak ada yang benar-benar rapi.


Baca juga : Tips Dapat Mobil Dengan Harga Murah Di Balai Lelang


Jeli Dalam Memilih Balai Lelang

Kunci untuk mengetahui aksi itu penipuan atau lelang asli adalah jeli dan tak mudah tergiur dengan tawaran barang yang jauh di bawah harga rata-rata pasar. Begitu pun dengan iming-iming proses yang mudah dan tak merepotkan.


Secara umum, aksi penipuan berkedok proses lelang bisa dikenali dari tiga hal yang kerap ditawarkan para penipu.


4 Indikasi Penipuan Di Balai Lelang

Penawaran Harga Murah

Untuk meyakinkan calon korban para penipu membumbui tawarannya dengan beragam cerita yang menjadi latar belakang  penetapan harga murah itu. Mulai dari cuci gudang, stok barang yang berlimpah, hingga kebutuhan dana yang sangat mendesak dari pemilik barang.


Sementara di lelang resmi yang asli digelar oleh balai atau lembaga lelang yang sah selalu menetapkan nilai limit lelang. Nilai limit adalah harga minimal barang yang akan dilelang dan nilai itu ditetapkan oleh penjual yang kemudian diumumkan secara terbuka dalam pengumuman lelang.


Baca juga : Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Menang Lelang Mobil Bekas


Jaminan Pasti Menang

Padahal dalam lelang resmi dan asli yang digelar balai atau lembaga lelang selalu dan harus menerapkan mekanisme bidding (penawaran) yang diajukan peserta baik secara terbuka (open bidding) maupun tertutup (closed bidding).


Jika ada tawaran yang lebih tinggi maka tawaran tertinggi yang memenangi lelang, maka harga barang yang dilelang itu terbentuk. Artinya besaran harga terbentuk dari hasil penawaran terbaik. Bukan ditetapkan secara sepihak oleh penyelenggara.


Meminta Pembayaran Uang Muka

Ciri terakhir dari aksi penipuan berkedok lelang adalah penyelenggara meminta uang muka atau down payment dan pembayaran atas harga barang bisa dicicil. Modusnya dengan cara meminta calon korban untuk mengirim uang tersebut ke rekening pribadi.


Aksi tersebut jelas menunjukkan  sebuah modus penipuan. Sebab semua itu tidak ada dalam proses lelang resmi yang digelar oleh balai atau lembaga lelang yang sah.


Dalam lelang resmi hanya ada persyaratan menyetorkan uang jaminan lelang (UJL) dengan nomor Virtual Account (VA) yang diperoleh dari akun lelang paling lambat 1 (satu) hari kalender sebelum proses lelang digelar. Uang jaminan tersebut bukan uang muka.


Baca juga : Pakai Cara Ini Agar Auto Menang Di Lelang Mobil


Menggunakan Nomor Pribadi

Perlu dicatat, balai atau lembaga penyelenggara lelang tidak menggunakan nomor pribadi maupun grup Whatsapp untuk proses pendaftaran maupun pengumuman lelang.


Mereka umumnya menggunakan website resmi atau aplikasi resmi yang dimiliki secara khusus balai atau lembaga itu. Sehingga jika ada tawaran atau pengumuman melalui nomor telepon pribadi atau grup Whatsapp bisa dipastikan itu bagian dari aksi penipuan.


Agar Anda yang ingin mengikuti lelang mendapatkan kepastian dan keamanan, sebaiknya mengikutinya di lembaga atau balai lelang resmi. Meski soal kemudahan dan kenyamanan relatif tergantung balai atau lembaga masing-masing.


Baca juga : Ini Cara Menghindari Penipuan Mobil Bekas Di Balai Lelang


Salah satu perusahaan lelang yang terpercaya kredibilitasnya adalah PT Balai Lelang Serasi, dengan kegiatan usaha jasa balai lelang bermerek IBID.


Balai lelang resmi milik PT Serasi Autoraya (SERA) yang berdiri sejak tahun 2007 itu selain terpercaya, juga menawarkan kemudahan mengikuti lelang live auction melalui aplikasi IBID yang tersedia di Google Play Store dan App Store.


Untuk informasi selengkapnya silahkan mengunjungi situs resmi IBID https://www.ibid.astra.co.id

2314
Tags
IBID