SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Jangan Asal, Kenali Dulu Jenis Jasa Logistik Sesuai Kebutuhan Usaha

Pilih Jasa Logistik Sesuai dengan Jenis Usaha 


Industri logistik terus berkembang seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional maupun internasional dan sejalan dengan tingkat konsumsi masyarakat maupun pemerintah.


Perusahaan penyedia jasa logistik semakin banyak dan tumbuh subur bak jamur di musim hujan, hingga membuat persaingannya kian ketat.


Baca juga : Jangan Bingung, Pahami Istilah yang Umum Digunakan Di Industri Logistik


Kondisi itu sejalan dengan pertumbuhan pengguna jasa logistik yang terus meningkat dengan jenis usaha yang kian beragam. Terutama di era ekonomi digital dengan munculnya e-commerce.


Orang menggunakan jasa logistik untuk mencapai efisiensi. Sebab, jika harus melakukannya sendiri, justru tidak efisien sehingga bisa menggerus keuntungan bisnis.


Namun, untuk mendukung kegiatan bisnis dan tetap untung saat menggunakan jasa logistik, ada beberapa hal penting yang harus dipahami terlebih dahulu. Terlebih soal jenis dari keberagaman jasa logistik. 


Baca juga : Pertumbuhan Bisnis Logistik Di Era Digital


6 Jenis Jasa Logistik Untuk Kebutuhan Usaha


1. Layanan Gudang

Layanan ini diberikan sebelum barang atau kargo Anda dikirim dari satu titik ke titik lain, mungkin akan disimpan di satu atau banyak gudang.


Sebelum menggunakan layanan ini, sebaiknya pilih gudang yang tepat, perkirakan berapa banyak ruang yang dibutuhkan, berapa lama Anda menyimpannya, aksesnya, dan keamanan.


2. Layanan Logistik Pihak Ketiga (3PL)

Layanan 3PL berguna untuk menjembatani kesenjangan antara produsen dan konsumen. Penyedia logistik akan memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam proses memenuhi kewajibannya; dari saat kargo meninggalkan titik tertentu sampai tiba di lokasi yang ditentukan.


3. Pengiriman Kargo

Ini merupakan layanan proses pengiriman kargo dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan, seperti kereta api, kapal laut, atau truk.


Sebagian besar digunakan untuk pengiriman kargo atau barang besar dengan volume tinggi. Dalam proses pengiriman barang ini, terutama yang menggunakan transportasi darat, hingga truk.


Baca juga : Pentingnya Manajemen Sistem Keselamatan Dalam Bisnis Transportasi


Umumnya layanan dengan truk menggunakan dua sistem Full Truck Load (FTL) dan Less Than Truckload  (LTL).


Sistem pertama adalah sistem yang sangat cocok untuk muatan besar karena dapat mengirim dengan satu muatan penuh. Sedangkan yang kedua untuk muatan kecil. Sehingga sebagian yang memungkinkan Anda untuk berbagi biaya dengan pengiriman dari perusahaan lain.


4. Pengiriman Kurir

Pengiriman kurir berfungsi untuk pengiriman paket atau pesanan kecil. Jika mungkin pengiriman kargo dilakukan untuk distribusi bisnis ke titik gudang, maka pengiriman kurir biasanya untuk tahapan akhir karena ditujukan langsung ke rumah atau tempat konsumen.


5. Layanan Logistik In-house

Layanan ini merupakan layanan mandiri, dimana perusahaan pengguna melakukan sendiri mulai dari perencanaan, jaringan, manajemen, dan komunikasi untuk logistik produknya. Sehingga bisa memiliki kontrol penuh terhadap pergerakan produk, dan bisa menghemat biaya.


Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Transportasi Dan Logistik Di Indonesia


6. Software Logistik TMS

Transportasi sangat penting dalam hal rantai pasokan, maka dibutuhkan suatu sistem fungsional yang membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Inilah alasan munculnya layanan logistik sistem manajemen transportasi (Transport Management System atau TMS).


Dengan platform itu maka bisnis dapat direncanakan, dilaksanakan, dan dioptimalkan melalui aktivitas yang terlibat dalam transportasi kargo. Pengoperasian platform ini didasarkan koordinasi semua titik data di jaringan transportasi.


Memilih Perusahaan Jasa Logistik Berpengalaman

Namun, Anda yang ingin lebih praktis dan efisien dalam proses logistik bisa mempercayakan proses tersebut ke perusahaan logistik. Meski harus dicari perusahaan logistik terpercaya dengan reputasi dan kredibilitas yang diakui.


Salah satu perusahaan penyedia jasa logistik itu adalah SELOG yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA, serta bagian dari PT Astra International Tbk yang telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri ini


Baca juga : Fungsi Penting Transportasi Dalam Logistik


SERA yang pada awalnya perusahaan jasa penyewaan kendaraan, kini telah menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan.


Dengan pengalaman 32 tahun lebih dan terus berinovasi, SERA menawarkan layanan jasa logistik yang efektif, efisien, dengan kualitas tinggi melalui perusahaan SERA Logistic (SELOG).


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, hingga Courier Services.


Layanan SELOG didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.


Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.


Perusahaan ini juga memiliki armada kendaraan yang senantiasa terawat kondisi maupun kelengkapannya, sehingga siap digunakan setiap saat. Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang diberikan, termasuk SELOG, Anda bisa mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/

2351
Tags
SELOG