SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Bocoran Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Dilontarkan HRD

Pada tahap interview kerja, Human Resources Department (HRD) memiliki peran penting dalam mengevaluasi kandidat potensial. HRD bertanggung jawab untuk memastikan bahwa calon karyawan memiliki keterampilan, pengalaman, dan kepribadian yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Dalam menjalankan tugas ini, HRD sering mengajukan pertanyaan yang khas untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut tentang calon karyawan. Berikut ini beberapa contoh pertanyaan interview kerja yang sering diajukan oleh HRD.


7 Pertanyaan Interview Kerja yang Umum Ditanyakan


Ceritakan tentang diri Anda

Pertanyaan ini sering menjadi pembuka dalam wawancara kerja. Tujuan jelas untuk memberi kesempatan kepada calon karyawan untuk memperkenalkan diri dengan lebih baik.


Jawaban yang tepat sebaiknya mencakup latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, hingga keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.


Baca juga : Cara Nego Gaji Saat Pertama Kali Melamar Kerja


Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami?

Pada pertanyaan ini, HRD ingin mengetahui apakah calon karyawan memiliki pemahaman tentang perusahaan dan bagaimana peran yang dilamar cocok dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan.


Sebaiknya beri jawaban yang mencerminkan bahwa Anda telah melakukan riset yang dilakukan sebelumnya tentang perusahaan dan mengungkapkan kesesuaian antara tujuan pribadi dengan tujuan perusahaan.


Apa yang Anda ketahui tentang posisi ini?

HRD ingin mengetahui sejauh mana calon karyawan memahami tanggung jawab dan persyaratan pekerjaan yang dilamar. Ini adalah kesempatan bagi calon karyawan untuk menunjukkan wawasan dan potensinya tentang pekerjaan dan seberapa baik persiapan yang dilakukan untuk posisi tersebut.


Apa kekuatan dan kelemahan Anda?

Pertanyaan interview kerja ini paling lumrah dilontarkan. Tujuannya jelas untuk mengevaluasi sejauh mana calon karyawan dapat memahami dirinya sendiri. HRD ingin melihat apakah calon karyawan memiliki pemahaman yang realistis tentang kekuatan dan kelemahannya. Jawab pertanyaan ini dengan jawaban yang jujur dan mencakup contoh konkret sebagai pendukungnya.


Baca juga : Saat Interview Kerja, Hindari Beberapa Hal Ini


Bagaimana cara menghadapi tantangan atau konflik di tempat kerja?

HRD ingin mengetahui kemampuan calon karyawan dalam menghadapi tantangan dan menyelesaikan konflik. Pertanyaan ini memungkinkan HRD melihat bagaimana calon karyawan mengelola stres dan bekerja dalam lingkungan kerja yang dinamis. Jawaban yang baik mencakup strategi yang digunakan untuk mengatasi masalah dan menunjukkan kematangan dalam menghadapi situasi sulit.


Bagaimana Anda bekerja dalam tim?

Banyak perusahaan menghargai kemampuan karyawannya saat bekerja dalam tim. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengevaluasi keterampilan kolaboratif calon karyawan dan kemampuan mereka untuk berkontribusi dalam lingkungan kerja yang kooperatif. Jawaban yang baik akan mencakup contoh konkret tentang bagaimana calon karyawan telah berkontribusi dalam tim sebelumnya.


Dimana Anda melihat diri Anda dalam lima tahun ke depan?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui tujuan jangka panjang calon karyawan dan sejauh mana mereka memiliki visi dan ambisi untuk berkembang dalam karir. HRD ingin melihat apakah calon karyawan memiliki motivasi dan komitmen yang kuat terhadap pertumbuhan profesional.


Baca juga : Cara Membuat Cv Menarik Agar Lamaran Kerja Cepat Dilirik


Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk kami?

Pada akhir wawancara, HRD biasanya memberikan kesempatan kepada calon karyawan untuk mengajukan pertanyaan. Momen ini jadi kesempatan bagi calon karyawan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang perusahaan atau posisi yang dilamar.


Pertanyaan yang baik tentu saja yang relevan dengan wawancara dan menunjukkan minat dan ketertarikan calon karyawan terhadap perusahaan. Jadi, jangan coba bertanya hal-hal yang tidak penting, apalagi jika tidak ada kaitannya dengan perusahaan atau posisi yang dilamar.


Itulah beberapa pertanyaan yang umum diajukan oleh HRD saat interview kerja. Setiap perusahaan dapat memiliki pertanyaan tambahan yang khusus sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, penting mempersiapkan diri dengan baik agar mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.


Setelah mengetahui tipsnya, sekarang saatnya untuk mencari lowongan kerja di perusahaan ternama, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

4348
Tags
SERA