SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Kolaborasi Transportasi dan Logistik Dalam Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Terus Meningkat Berkat Kolaborasi Sektor Transportasi dan Logistik


Sektor logistik dan transportasi punya peranan penting dalam perekonomian sebuah negara. Peran keduanya ibarat urat nadi dan darah dalam tubuh manusia. Fakta membuktikan, bertumbuhnya sektor transportasi dan logistik atau pergudangan, sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara, tak terkecuali Indonesia.


Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, sepanjang kuartal pertama tahun 2022 ini transportasi dan pergudangan tumbuh 15,79% year on year (YoY), dan ekonomi nasional tumbuh 5,01% YoY.


Pada kuartal kedua, dua sektor tersebut tumbuh lebih tinggi lagi, yaitu 21,27% YoY. Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, ekonomi nasional pun tumbuh lebih tinggi yakni 5,44% YoY. 


Meski tertinggal dari negara-negara lain yang sudah lebih dulu maju di dunia, bahkan di Asia, langkah Indonesia untuk kembali memperbaiki dan menata infrastruktur transportasinya patut dibanggakan.


Baca juga : Posisi 66 Dunia, Transportasi Publik Indonesia Belum Membaik


Dalam satu dekade terakhir upaya pembangunan dan pengembangan infrastrtur transportasi dilakukan secara masif untuk menopang berkembangtumbuhnya kebutuhan masyarakat Indonesia.


Upaya mengintegrasikan sektor transportasi yang efektif dan efisien terus dilakukan, demikian juga konektivitas transportasi dari satu titik ke titik yang lain, dari satu wilayah ke wilayah yang lain.


Di tengah keterbatasan anggaran yang dimiliki negara dan luasnya jangkauan wilayah Indonesia, strategi desain konektivitas transportasi diarahkan pada prioritas koneksi transportasi yang mendukung pengembangan potensi ekonomi wilayah dan kelancaran logistik.


Transportasi Dan Logistik Punya Peran Vital

Fakta ini sekaligus membuktikan bahwa sektor transportasi dan logistik atau pergudangan memiliki peran vital bagi terjaminnya kegiatan konsumsi masyarakat dan sektor bisnis (baik jasa perdagangan, manufaktur, hingga konstruksi). Keduanya merupakan sektor yang selama ini terbukti menjadi jantung pemicu pertumbuhan ekonomi nasional.


Baca juga : Perbedaan Freight Forwarder Dan Freight Broker


Mengingat bukti betapa pentingnya sektor transportasi dan pergudangan tersebut, tentu pelaku bisnis harus benar-benar memperhatikan tingkat efisiensi dan efektifitas keduanya dalam menopang kegiatan mereka. Efektifitas dan efisiensi menjadi kata kunci bagi dunia usaha untuk mencapai tujuan utama mereka yakni keuntungan yang sebesar-besarnya.


Tentu, pengelolaan transportasi dan logistik sekaligus sulit untuk diterapkan secara efisien jika dilakukan sendiri oleh sebuah perusahaan. Menggandeng mitra perusahaan transportasi dan logistik adalah solusi dari persoalan itu.


Pilih Penyedia Jasa Transportasi dan Logistik Terpercaya

Bicara soal perusahaan jasa layanan transportasi dan logistik yang bisa diandalkan, PT Serasi Autoraya (SERA) adalah jawabannya. SERA adalah anak perusahaan PT Astra International Tbk yang dikenal luas sebagai salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia.


Terlebih, anak usaha dari Astra International yang bergerak di bidang transportasi yang didirikan sejak tahun 1990 itu, tidak hanya memiliki lini bisnis penyewaan kendaraan (TRAC) dan jasa logistik (SELOG) saja, tetapi juga lelang mobil (melalui merek IBID), serta jual beli mobil bekas (melalui mobil88). Rangkaian lini bisnis ini menjadi bukti kekuatan bisnis SERA serta kepercayaan masyarakat terhadapnya.


Baca juga : Meneropong Masa Depan Pergudangan Indonesia


SERA yang pada awalnya perusahaan jasa penyewaan kendaraan, kini telah menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan. Dengan pengalaman 32 tahun lebih dan terus berinovasi, SERA menawarkan layanan jasa logistik yang efektif, efisien, dengan kualitas tinggi melalui perusahaan SERA Logistic (SELOG). 


SELOG sendiri hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Layanan SELOG didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.


Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SERA menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan berbasis teknologi informasi. SERA juga memiliki armada kendaraan yang senantiasa terawat kondisi maupun kelengkapannya, sehingga siap digunakan setiap saat.


Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang diberikan, termasuk SELOG, Anda bisa mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/

1909
Tags
SERA