SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Sewa Bus Pariwisata Untuk Field Trip, Kenali Dulu Jenisnya

Sewa bus pariwisata selalu jadi pilihan untuk berbagai kegiatan liburan dalam jumlah besar. Apalagi, libur panjang sekolah sebentar lagi tiba dan biasanya kegiatan libur ini seringkali diisi dengan kegiatan field trip atau berwisata bersama. Kegiatan field trip ini biasanya diisi dengan kegiatan yang santai namun sarat dengan nilai-nilai edukasi.


Baca juga : Shuttle Bus, Akomodasi Untuk Halal Bihalal Perusahaan


Kegiatan ini bukan hanya bersifat rekreatif untuk merelaksasi serta menyegarkan kembali pikiran dan semangat para siswa, tetapi juga bisa menjadi wahana pembelajaran mengenal daerah-daerah wisata maupun budaya suatu daerah. Selain itu memahami arti penting lingkungan, serta yang tidak kalah penting adalah membangun kebersamaan sesama teman sekolah.


Semua akan berkesan jika dilakukan dalam suasana kebersamaan. Sedangkan perjalanan secara berombongan yang penuh dengan suasana akrab dan kebersamaan akan terjadi jika menggunakan satu kendaraan yang bermuatan banyak, seperti bus pariwisata.


Selain itu, menggunakan bus untuk berwisata secara rombongan juga menjadikan biaya yang ditanggung peserta lebih hemat. Penggunaan lahan parkir di tempat tujuan juga lebih hemat, dan yang pasti lebih mudah dikoordinasikan.


Bahkan perjalanan lebih teratur. Bahkan, membawa barang yang cukup banyak pun bukan persoalan yang sulit dipecahkan.


Baca juga : Sebelum Menyewa, Kenali Dulu Ciri Bus yang Aman Digunakan


Saat Sewa Bus Pariwisata Pilih Jenis Bus yang Sesuai 

Sewa bus pariwisata juga harus dilakukan secara cermat. Pasalnya, belakangan ini banyak kasus bus yang mogok atau bermasalah saat di tengah perjalanan, menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk dicermati.


Sebab, jika itu terjadi, maka bukan suasana kebersamaan dan pengalaman menyenangkan yang tak akan terlupakan, yang terjadi. Tetapi sebaliknya, kesan buruk atau bahkan memunculkan rasa traumatik berliburan tidak menutup kemungkinan akan terjadi.


Di sinilah pentingnya memilih bus pariwisata yang benar-benar layak untuk disewa karena memberi jaminan keamanan dan kenyamanan menjadi langkah utama yang harus dilakukan. Memang, bagi kita yang awam terhadap seluk beluk kendaraan jenis bus, tentu akan menyulitkan.


Terlebih, tidak sedikit bus dengan tampilan eksterior yang menawan ternyata tidak aman, atau tidak nyaman. Terlebih, jangan sesekali memilih bus pariwisata hanya dengan pertimbangan harga murah semata.


Jika Anda ingin sewa bus pariwisata untuk kegiatan field trip tersebut, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa poin di bawah agar perjalanan tak hanya aman, tapi juga nyaman dan berkesan.


Baca juga : Sebelum Menyewa, Pahami Dulu Standar Keselamatan Bus Yang Baik


1. Kredibilitas penyedia layanan sewa bus pariwisata

Pastikan penyedia layanan sewa bus yang masuk dalam daftar memiliki kredibilitas yang baik. Layanan sewa bus wisata yang kredibel tentu akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi para penumpangnya. Salah satu perusahaan yang menyewakan bus untuk field trip ini adalah TRAC. 


2. Kapasitas bus yang akan digunakan

Ketahui jumlah peserta field trip agar bisa memilih kapasitas bus yang akan digunakan. Jangan sampai bus terlalu padat lantaran over capacity namun sebaiknya juga tidak terlalu kosong atau banyak bangku yang tak terpakai agar tak mubazir.


Anda bisa memilih jenis bus sesuai jumlah orang yang akan ikut. Bus wisata biasanya terdapat beberapa pilihan kapasitas mulai dari yang berukuran kecil, medium dan besar. Untuk bus kecil bisanya dapat mengangkut belasan hingga 20 orang.


Bus medium atau yang dikenal dengan bus tanggung biasanya memiliki tempat duduk berjumlah 30-40 seat. Ada pula bus besar dengan kapasitas 40 - 59 orang tergantung jenis bus yang digunakan.


Pertimbangkan juga kondisi jalan ke destinasi yang akan dituju. Apabila jalan yang dilewati cukup sempit sebaiknya tidak menggunakan bus ukuran besar. 


Baca juga : Menikmati Kemewahan Medium Luxury Bus


3. Konfigurasi tempat duduk

Bus wisata berukuran medium biasanya memiliki konfigurasi duduk 2-2 sedangkan untuk bus besar ada yang 3-2 serta 2-2. Konfigurasi duduk 3-2 biasanya hanya terdapat pada bus berkapasitas 59 orang.


Jika mengutamakan kenyamanan, konfigurasi kursi 2-2 tentu bisa menjadi pilihan. Sedangkan konfigurasi 3-2 cocok bagi Anda yang membutuhkan bus dengan kapasitas besar. 


4. Fasilitas yang dimiliki di dalam bus

Cek juga fasilitas yang ditawarkan di masing-masing bus. Saat ini fasilitas hiburan seperti LCD TV, microphone dan speaker sudah menjadi fasilitas standar yang harus ada sehingga Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru di dalam bus seperti bermain games hingga karaoke bersama. 


5. Pesan langsung dari penyedia layanan

Sebaiknya lakukan pemesanan secara langsung dari penyedia layanan. Hindari melakukan pemesanan dari pihak ketiga agar proses pemesanan tidak berbelit, sehingga Anda juga bisa mendapatkan harga terbaik dengan fasilitas yang maksimal.


Perhatikan juga tata cara pemesanan. Pastikan Anda mendapat kemudahan saat melakukan pemesanan dan terbebas dari proses yang rumit dan panjang.


Sewa Bus Pariwisata di TRAC

TRAC menawarkan layanan angkutan bus yang ditujukan baik untuk kebutuhan transportasi grup atau rombongan perjalanan di dalam maupun pun luar kota yang dilakukan oleh korporasi maupun personal. TRAC secara tegas memastikan setiap unit armada busnya dirawat dengan baik.


Unit armada bus TRAC mengutamakan faktor keamanan, terbukti di setiap kursi terdapat sabuk pengaman. Setiap armada TRAC Bus juga dilengkapi dengan palu pemecah kaca, pintu darurat, dan tabung pemadam kebakaran.


Perusahaan yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun ini bahkan memastikan setiap pengemudi bus yang mengemudikan bus armadanya merupakan pengemudi terlatih dan sudah berpengalaman. Sehingga, kenyamanan dan keselamatan penumpang lebih terjamin.


Selain memiliki pengalaman dan bersertifikat pengemudi dengan keahlian safety driving, para pengemudi itu juga dibekali standar etika pelayanan kepada pelanggan. TRAC juga selalu menerapkan protokol ketat bagi konsumen yang ingin menggunakan jasanya. TRAC memiliki SMART protocol dalam setiap penerapan operasionalnya.


Untuk mendapatkan layanan TRAC kini juga semakin mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi TRACtoGo yang tersedia di Playstore dan Appstore. Informasi lebih lanjut tentang layanan sewa bus pariwisata TRAC Anda bisa mengunjungi situs resmi https://www.trac.astra.co.id/produk-layanan/pribadi/sewa-bus

2192
Tags
TRAC