SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Membuat CV Biar Auto Diterima Kerja

CV atau Curriculum Vitae merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin melamar pekerjaan. CV harus berisi berbagai informasi tentang pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, serta keterampilan yang dimiliki.


Karena harus bersaing dengan banyak pelamar, CV yang dibuat harus mampu mencuri perhatian. Sebab, CV yang menarik dan berkualitas tentu dapat meningkatkan peluang Anda diterima kerja pada perusahaan yang dituju.


Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk membuat CV yang menarik dan berkualitas biar auto diterima kerja.


6 Tips Membuat CV Menarik


1. Sesuaikan dengan posisi yang dilamar

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan CV dengan posisi yang dilamar. Ini sangat penting agar CV Anda terlihat relevan dan menarik bagi HRD.


Baca juga : Umr 2023, Daerah Mana Paling Tinggi?


Jangan lupa mencantumkan informasi yang relevan dengan posisi yang dituju, seperti pendidikan, pengalaman, serta keahlian yang dimiliki.


2. Buat secara singkat tapi jelas

CV yang terlalu panjang hanya akan membuat HRD bosan dan malas membacanya. Buat CV secara singkat dan padat, namun pesannya bisa tersampaikan dengan jelas. Jangan buat CV lebih dari dua halaman. Cukup cantumkan informasi yang penting dan relevan dengan posisi yang dilamar saja.


3. Bahasa sederhana dan mudah dipahami

Saat membuat CV, gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Jangan menggunakan istilah-istilah yang terlalu teknis karena tidak semua orang paham, malah nanti bisa jadi salah tafsir. Sebaiknya pilih kalimat-kalimat aktif dan positif agar CV yang dikirim terlihat lebih menarik.


4. Gunakan kata kunci yang relevan

Gunakan kata kunci yang relevan dengan posisi yang dilamar dalam CV Anda. Hal ini akan membantu CV Anda mudah ditemukan oleh HRD saat melakukan pencarian. Anda dapat menggunakan kata kunci yang sering digunakan dalam lowongan pekerjaan untuk posisi yang dilamar tersebut.


5. Desain menarik

Tak hanya isinya, desain CV yang menarik juga perlu diperhatikan. Dengan tampilan yang mencolok, akan membuat HRD tertarik untuk memeriksa CV Anda. Gunakan desain yang bersih dan rapi, dengan paduan warna yang tidak terlalu mencolok, agar tetap terlihat profesional.


Baca juga : Kenali Perbedaan Hard Skill Dan Soft Skill Untuk Peningkatan Karir


6. Periksa ulang CV yang telah dibuat

Setelah selesai dibuat, periksa kembali CV dengan cermat sebelum dikirim ke perusahaan yang dituju. Pastikan tidak ada typo atau kesalahan informasi yang bisa membuat keliru. Bila perlu minta bantuan rekan atau sahabat untuk memeriksanya agar dapat saran dan masukan yang tepat.


Namun, selain memahami tips membuat CV yang menarik, ada beberapa kesalahan yang juga perlu dihindari dalam prosesnya. Berikut contoh kesalahan yang sering terjadi dalam membuat CV.


6 Contoh Kesalahan Dalam Membuat CV


  • Kesalahan ketik atau informasi

  • Membuat CV terlalu panjang atau terlalu pendek

  • Informasi dalam CV tidak relevan dengan posisi yang dilamar

  • Bertele-tela dan menggunakan bahasa yang tidak jelas atau terlalu teknis

  • Tidak menggunakan kata kunci yang relevan

  • Desain CV kurang menarik atau terlalu umum


Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat CV yang menarik dan berkualitas yang dapat membantu Anda meningkatkan peluang untuk diterima kerja.


Baca juga : Apa Itu Soft Skill, Dan Bagaimana Melatihnya


Nah, setelah mengetahui tipsnya, sekarang saatnya untuk mencari lowongan kerja di perusahaan ternama, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

786
Tags
SERA