SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Panduan Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

CV (Curriculum Vitae) merupakan dokumen penting dalam mencari pekerjaan, terutama bagi para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja.


Meski tanpa pengalaman, Anda dapat membuat CV yang menarik dan profesional untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan dari perusahaan yang diinginkan.


Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat CV yang tepat bagi fresh graduate.


9 Hal Penting saat Membuat CV Fresh Graduate


1. Informasi Pribadi

Mulailah membuat CV dengan mencantumkan informasi pribadi yang lengkap dan akurat. Seperti nama, alamat, nomor telepon, serta email. Pastikan informasi ini mudah diakses dan terlihat jelas.


2. Deskripsi Diri

Sampaikan ringkasan singkat tentang diri Anda, termasuk minat, keterampilan, dan aspirasi karir. Fokus pada keinginan untuk belajar dan berkembang di industri tertentu.


Baca juga : Lowongan Kerja Paling Banyak Dicari Tahun 2023


3. Latar Belakang Pendidikan

Jangan lupa juga memasukan latar belakang pendidikan Anda, mulai dari pendidikan terakhir hingga yang terdahulu. Cantumkan nama institusi, jurusan, tahun lulus, serta prestasi yang pernah diraih baik akademik, maupun non akademik. Meski tanpa pengalaman kerja, perusahaan dapat melihat kualitas Anda dari latar belakang pendidikan yang disampaikan.


4. Skill

Tuliskan juga skill dan keterampilan yang dimiliki dan relevan dengan posisi pekerjaan yang dituju, baik yang diperoleh selama kuliah, magang, atau kegiatan ekstrakurikuler. Misalnya kemampuan public speaking, keterampilan teknis, bahasa asing, atau kemampuan pemecahan masalah.


5. Pengalaman Organisasi

Meskipun bukan pengalaman yang bersifat formal, pengalaman di organisasi mahasiswa, volunteer, ataupun kegiatan positif lain yang pernah dikerjakan, bisa dimasukkan ke dalam CV. Jelaskan bagaimana peran Anda dan seperti apa pencapaian yang pernah diraih pada pengalaman-pengalaman tersebut.


6. Proyek atau Tugas yang Pernah Dikerjakan

Jika pernah mengerjakan sebuah proyek atau tugas kuliah yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, Anda juga bisa mencantumkannya di dalam CV. Jelaskan peran, proses, hingga hasil dari proyek tersebut. Agar perusahaan dapat menilai apakah Anda orang yang tepat dengan posisi pekerjaan yang dilamar.


7. Kursus dan Sertifikat

Sebutkan kursus atau sertifikat pelatihan tambahan yang Anda ikuti, terutama yang berkaitan dengan posisi yang Anda lamar. Ini dapat menunjukkan komitmen Anda untuk terus belajar dan meningkatkan diri.


8. Minat dan Hobi

Menambahkan informasi tentang minat dan hobi yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dituju juga bisa dicoba. Misalnya, jika Anda melamar di bidang teknologi, sebutkan minat Anda dalam pengembangan aplikasi atau pemrograman.


Baca juga : Cara Membuat Cv Biar Auto Diterima Kerja


9. Referensi

Informasi dari beberapa orang referensi yang mengenali kualitas Anda juga diperlukan. Anda bisa mencantumkan user di tempat magang sebelumnya, atau rekan yang pernah mengerjakan proyek bersama. Namun, pastikan meminta izin dari orang-orang tersebut, sebelum mencantumkannya dalam CV.


Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate


  • Gunakan bahasa yang jelas, ringkas, dan profesional.

  • Sesuaikan CV dengan pekerjaan yang Anda lamar.

  • Periksa tata letak dan format CV agar terlihat rapi dan mudah dibaca.

  • Mintalah bantuan orang lain untuk mengoreksi CV Anda dan memberikan umpan balik.

  • Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat membuat CV fresh graduate tanpa pengalaman yang menarik perhatian perusahaan dan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan pertama.


Itulah beberapa informasi dan tips dalam membuat CV Fresh Graduate. Setelah mengetahui tipsnya, sekarang saatnya untuk menyiapkan CV terbaik Anda dan apply lowongan kerja di perusahaan ternama, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

810
Tags
SERA