SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mengenal Jenis Kapal Kargo Sebagai Alat Transportasi Logistik

Istilah logistik akhir-akhir ini semakin nyaring dan semakin dikenal masyarakat luas di Tanah Air seiring dengan upaya pemerintah dalam mendorong keterlibatan semua pemangku kepentingan untuk ikut memacu pertumbuhan ekonomi.


Maklum, logistik yang merupakan manajemen atau pengelolaan aliran perpindahan barang dari satu titik ke titik lain untuk memenuhi permintaan atau konsumsi tertentu itu, memang memiliki peran strategis dalam ekonomi.


Bahkan saking pentingnya, pakar ekonomi Anthony Brewer menegaskan kalau kegiatan logistik yang efektif dan efisien akan mempercepat pertumbuhan ekonomi sekaligus pertumbuhan produktivitas suatu bangsa. Sebab, semakin tinggi kinerja logistik yakni semakin efektif dan efisien, maka pertumbuhan ekonomi yang terjadi juga semakin tinggi.


Meski begitu, juga harus dipahami bahwa tantangan untuk mewujudkan proses logistik yang efektif dan efisien dan efektif juga tidak kecil. Terlebih di negara kepulauan seperti Indonesia, yang 70 persen wilayahnya merupakan perairan.


Namun, hal itu bukan berarti tidak ada solusi. Sebab, kunci dari tingkat efektifitas dan efisiensi proses logistik adalah sarana transportasi yang digunakan.


Baca juga : Mengenal Jasa Logistik Dan Perbedaannya Dengan Freight Forwarding


Artinya, jika proses logistik ini melalui wilayah perairan tentu yang dibutuhkan adalah kapal yang memiliki kapasitas angkut besar serta daya tempuh yang cepat. Kapal khusus yang berfungsi untuk angkutan logistik adalah kapal kargo.


7 Jenis Kapal Kargo

Saat ini ada beberapa jenis kapal kargo yang fungsi dan perannya sesuai dengan komoditas atau barang yang akan diangkut. Selain itu, daya jelajah kapal kargo tidak hanya meliputi wilayah di dalam negeri saja, melainkan juga mancanegara. Berikut tujuh jenis kapal kargo yang kini digunakan sebagai angkutan logistik.


Container Vessels

Merupakan kapal kontainer yang dirancang untuk mengangkut kontainer standar. Kapal ini digunakan untuk mengangkut barang-barang seperti produk elektronik, pakaian, atau makanan. Dalam sekali angkut, kapal ini mampu mengangkut kontainer dalam jumlah yang sangat banyak.


General Cargo Ship

Ini merupakan kapal yang dirancang untuk mengangkut barang yang tidak bisa dimasukan dalam kontainer, seperti alat berat, excavator, atau komoditas tambang yang berwujud curah seperti batubara, bijih besi, dan sebagainya.


Kapal Ro-Ro

Kapal dengan pintu yang bisa dibuka tutup ini dirancang untuk mengangkut kargo kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil, truk, bus, hingga alat berat seperti excavator. Kapal ini umumnya dikenal dalam dua jenis yaitu Pure Cars and Truck Carriers (PCTC) dan Pure Car Carriers (PCC).


Baca juga : Mengenal Kapal Roro, Jenis Dan Fungsinya Dalam Kegiatan Logistik


LNG Carriers

Kapal kargo ini digunakan sebagai angkutan khusus Liquefied Natural Gas (LNG) atau gas alam cair. LNG merupakan bahan bakar khusus yang biasanya digunakan oleh industri dalam proses produksi, karena selain efisien juga ramah lingkungan.


Large Crude Carriers (LCC)

Ini merupakan kapal tanker besar yang biasa digunakan mengangkut minyak mentah hingga puluhan ribu ton. Kapal ini juga dilengkapi sejumlah perangkat keamanan dan keselamatan canggih pencegah kebakaran, sistem navigasi canggih, hingga sistem monitoring keadaan lingkungan sekitarnya.


Reefer Vessels

Kapal kargo jenis ini digunakan untuk mengangkut barang tertentu yang mudah rusak atau membusuk seperti makanan, minuman, daging, dan sebagainya.


Dilengkapi sistem pendinginan canggih untuk menjaga kualitas barang tersebut tetap dalam kondisi bagus. Kapal kargo jenis ini paling banyak berseliweran di lautan karena pengiriman bahan makanan yang setiap harinya selalu ramai.


Break bulk Vessels

Jenis kapal kargo yang dirancang khusus untuk mengangkut barang curah bera, seperti bijih besi, batu bara, garam, pasir dan lainnya. Umumnya memiliki daya angkut yang besar serta dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang besar dan kuat untuk menahan beban berat dari muatan.


Kapal kargo ini berperan penting dalam industri pertambangan dan energi. Keberadaannya sangat terkait dengan ekspor impor komoditas tambang, maupun produk olahan hasil pertanian dan perkebunan.


Baca juga : Pengertian Warehouse, Jenis Dan Fungsinya Dalam Jasa Logistik


Pilih Penyedia Jasa Logistik Terpercaya

Bagi Anda yang ingin mengirim maupun mengimpor barang, tentu pemahaman terhadap jenis kapal yang digunakan sangatlah penting. Selain itu, dibutuhkan kecermatan penghitungan volume barang dengan tarif jasa angkut, bahkan pemilihan perusahaan pengelola operasional kapal yang benar-benar terpercaya dan diakui kredibilitasnya.


Salah satu perusahaan logistik itu adalah SELOG yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA, serta bagian dari PT Astra International Tbk yang telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri ini.


SERA yang pada awalnya perusahaan jasa penyewaan kendaraan, kini telah menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan.


Dengan pengalaman 32 tahun lebih dan terus berinovasi, SERA menawarkan layanan jasa logistik yang efektif, efisien, dengan kualitas tinggi melalui perusahaan SERA Logistic (SELOG).


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, hingga Courier Services.


Layanan SELOG didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.


Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.


Perusahaan ini juga memiliki armada kendaraan yang senantiasa terawat kondisi maupun kelengkapannya, sehingga siap digunakan setiap saat. Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang diberikan, termasuk SELOG, Anda bisa mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/


2139
Tags
SELOG