SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Memahami Integritas dalam Bekerja beserta Contohnya

Apa itu Integritas?

Kita pasti sering mendengar istilah integritas saat orang membicarakan tentang sosok pegawai atau karyawan. Begitu pula saat membahas kiprah dan prestasi seorang tokoh, atau sebaliknya saat melihat kegagalan dan perilaku tidak terpuji karena integritas yang rendah.


Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan integritas? Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebut, integritas adalah muutu, sifat, serta keadaan yang menggambarkan kesatuan utuh  dari seseorang. Sehingga, dengan integritas itu seseorang memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran.


Istilah itu kemudian diterjemahkan beragam meski tidak menyimpang dari pengertian dan maksud utamanya. Sesuai dengan situasi dan kondisi istilah itu digunakan.


Dalam dunia kerja misalnya, integritas diartikan sebagai sikap karyawan yang mampu bertanggung jawab terhadap pekerjaannya secara profesional, serta menjauhkan diri dari kepentingan pribadi.


Baca juga : Pertanyaan Interview Kerja Menjebak, Begini Cara Jawabnya


Integritas jadi salah satu tolok ukur penilaian kinerja karyawan. Sebab dengan integritas, karyawan dapat menghasilkan produktivitas yang tinggi dan selalu termotivasi saat bekerja.


4 Contoh Menumbuhkan Integritas dalam Bekerja

Karena jadi poin penting penilaian kinerja, maka integritas sangat berpengaruh dalam perjalanan karir seorang karyawan. Sikap berintegritas tinggi bisa dilakukan siapa saja, asal ada niat dan kemauan yang kuat.


Punya Motivasi yang Kuat

Integritas dalam bekerja bisa ditumbuhkan melalui motivasi untuk jadi yang terbaik, memiliki prestasi tinggi, atau bekerja dengan tanggung jawab terhadap amanah yang diberikan.


Sehingga karyawan siap bekerja kapan saja ketika atasan atau perusahaan memberi tugas, selama tidak melenceng dari tanggung jawabnya sebagai karyawan.


Selalu Menghargai Waktu

Disiplin memanfaatkan waktu jadi salah satu kunci utama untuk menerapkan integritas dalam bekerja. Seperti datang ke kantor tepat waktu, mengerjakan tugas secara benar pada jam kerja, dan tidak membuang-buang waktu kerja dengan kegiatan tidak bermanfaat.


Jujur pada Kekurangan Diri

Dengan mengakui dan menerima adanya kelemahan pada diri, maka karyawan berintegritas tinggi akan melakukan mawas diri, sekaligus memperbaikinya untuk terus jadi yang lebih baik.


Baca juga : Bukan Pemborosan, Ini Manfaat Self Reward


Menjaga Rahasia Perusahaan

Mampu menjaga rahasia perusahaan apalagi yang berkaitan dengan data dan informasi penting juga jadi salah satu bentuk integritas karyawan. Dengan kesetiaan dan loyalitas tersebut, kamu jadi lebih bertanggung jawab pada perusahaan dan berusaha keras untuk berkembang.


Namun, integritas di tempat kerja bukan sekadar mau bekerja keras, disiplin, mawas diri, jujur, dan menghargai atasan dan sesama karyawan saja. Integritas juga berarti komitmen yang kuat dan memiliki kebanggaan pada perusahaan dengan menjalankan nilai-nilai dan budaya yang ditanamkan perusahaan.


Bicara perusahaan mapan dengan budaya dan lingkungan kerja yang baik, PT Serasi Autoraya atau SERA adalah salah satunya. Perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1990 ini, merupakan bagian dari Grup Astra dan rutin melakukan rekrutmen karyawan.


Baca juga : Ciri Lingkungan Kerja Toxic Yang Mesti Dihindari


Hingga saat ini, SERA masih terus memberi kesempatan kepada siapa saja untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/


Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terkini.


605
Tags
SERA