SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Teknik Podomoro, Manajemen Waktu Paling Efektif saat Kerja

Produktivitas merupakan kunci dalam mencapai sebuah keberhasilan atau cita-cita yang diterapkan seseorang maupun lembaga, tak terkecuali lembaga bisnis atau perusahaan.


Karyawan yang produktif dapat  menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu dan efisien. Dampaknya, tentu membuat produktivitas perusahaan jadi meningkat sesuai dengan kurun waktu yang telah ditetapkan.


Nah bicara soal produktivitas, erat kaitannya dengan manajemen waktu karena keduanya memang tak bisa dipisahkan. Di dunia kerja, ada satu teknik manajemen waktu yang cukup populer, Teknik Podomoro namanya.


Baca juga : Memahami Integritas Dalam Bekerja Beserta Contohnya


Apa itu Teknik Podomoro?

Teknik Podomoro ditemukan oleh seorang ahli dari Italia bernama Francesco Cerillio tahun 1980.Teknik ini merupakan sebuah sistem pengelolaan waktu oleh seseorang agar tetap bisa fokus secara maksimal dalam mengerjakan tugas.


Teknik ini dijalankan Francesco saat masih jadi mahasiswa saat belajar agar mendapatkan nilai terbaik. Caranya dengan membagi materi belajar dalam beberapa bagian, dan mempelajarinya dengan durasi tertentu.


Francesco membaginya setiap 25 menit untuk membaca atau mengerjakan tugas dan 5 menit untuk beristirahat. Selama jeda istirahat, dia melakukan kegiatan yang menyenangkan agar kembali rileks dan menyegarkan otak serta pikiran.


Ada beberapa kegiatan yang dilakukannya selama istirahat. Seperti menyeduh kopi atau minuman lainnya, serta berjalan di halaman rumah. Setelah itu kembali lagi mengerjakan tugas lainnya.


“Jika Anda membagi tugas besar dalam unit-unit kecil dengan waktu pengerjaan yang lebih pendek, maka akan lebih mudah untuk mengerjakannya,” katanya saat itu.


Usai lulus, Francesco menerapkan teknik Podomoro itu saat bekerja. Istilah Podomoro sendiri diambil dari sebuah alat pengatur waktu atau timer bernama Podomoro dalam bahasa Italia.


Baca juga : Pertanyaan Interview Kerja Menjebak, Begini Cara Jawabnya


Tips Menerapkan Teknik Podomoro saat Bekerja

Teknik Podomoro tentu sangat baik diterapkan karyawan agar bisa menyelesaikan tugas tepat waktu secara efektif dan efisien.


Mengutip dari glints.com ada beberapa cara yang bisa dilakukan karyawan dalam menerapkan teknik Podomoro ketika bekerja. Tujuannya tentu saja untuk menjaga keseimbangan produktivitas dan kesehatan mental agar dapat berjalan selaras. Berikut tipsnya.


  • pilih tugas yang akan diselesaikan, urutkan pada to-do list

  • nyalakan timer menjadi 25 menit

  • kerjakan tugas, jangan buka hal-hal yang mendistraksi untuk sementara

  • berhentilah mengerjakan tugas ketika timer berbunyi

  • beri tanda di to-do list

  • istirahat singkat, 3-5 menit, kamu boleh membuka hal-hal yang tadi menjadi distraksi

  • ulangi langkah 2-5, apabila sudah 4 kali berturut-turut, ambil istirahat panjang (15-30 menit)

  • kembali ke langkah 1


Itulah beberapa penjelasan tentang teknik Podomoro dan tips menerapkannya saat bekerja agar kamu punya manajemen waktu yang baik. Tapi, selain kemampuan manajemen waktu, faktor lingkungan kerja sedikit banyak juga turut berpengaruh pada produktivitas karyawan.


Makanya saat mencari lowongan kerja, penting untuk mempelajari latar belakang hingga budaya kerja di perusahaan tersebut. Pilih perusahaan yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


Baca juga : Bukan Pemborosan, Ini Manfaat Self Reward


SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/


Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terkini.


495
Tags
SERA