SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mudah Kelola Kendaraan Operasional Perusahaan dengan AstraFMS

Mengelola kendaraan operasional perusahan tidaklah mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan, terutama jika jumlahnya mencapai ratusan hingga ribuan kendaraan. Agar tidak kewalahan, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bantuan sistem manajemen kendaraan.

Banyak alasan yang dapat dipertimbangkan untuk memanfaatkan jasa pengelolaan kendaraan perusahaan. Salah satunya, dengan bantuan sistem manajemen kendaraan, perusahaan dapat mengawasi setiap kendaraan secara real-time. Apakah staf driver sedang bekerja atau tidak, atau apakah barang yang dibeli konsumen masih dalam perjalanan atau sudah diterima dengan selamat.

Grup Astra melalui salah satu anak usahanya, PT Serasi Autoraya (SERA) meluncurkan produk fleet management solution (FMS) berbasis teknologi bernama Astra FMS. Kehadiran layanan ini bertujuan membantu manajemen transportasi perusahaan, baik untuk penumpang ataupun logistik.

Presiden Direktur SERA Firman Yosafat Siregar mengatakan, kehadiran Astra FMS diharapkan mampu mengatasi berbagai masalah di lapangan yang kerap timbul dari unsur transportasi. Padahal, transportasi merupakan salah satu komponen penting dalam menggerakkan roda bisnis perusahaan.

Gangguan terhadap transportasi perusahaan berpotensi berdampak pada operasional serta keuangan perusahaan secara keseluruhan. "Inovasi teknologi ini dapat membantu perusahaan melakukan efisiensi biaya sekaligus meningkatkan produktivitas dalam menjalankan bisnis,” ujar Yosafat. (Bisnis.com,  1/2/2019).

Salah satu yang dapat dilakukan AstraFMS adalah mengelola operasional kendaraan sedemikian rupa. Hal ini memungkinkan biaya-biaya yang tidak diperlukan dapat dipangkas dengan optimal.

Direktur SERA Hadi Winarto menyebutkan, AstraFMS merupakan solusi komprehensif untuk pengelolaan kendaraan dan transportasi pertama di Indonesia yang berbasis teknologi informasi. Layanan dihadirkan melalui sebuah platform dan pengalaman dalam pengelolaan transportasi serta infrastruktur yang dimiliki Astra. 

“Sehingga memungkinkan terjadinya peningkatan efisiensi, efektivitas, keamanan dan keselamatan dalam proses transportasi logistik maupun penumpang," kata Hadi.

Melalui sistem AstraFMS, perusahaan dapat memantau pengelolaan operasional pada sistem transportasi. Khususnya yang menyangkut armada kendaraan, kondisi pengemudi, biaya operasional, pengelolaan waktu, rute perjalanan, dan kondisi fisik kendaraan.

Beberapa fitur penting dari produk AstraFMS akan membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan keamanan di bidang transportasi. Di antaranya, memberikan visibilitas terhadap pergerakan kendaraan secara real time. Astra FMS juga memfasilitasi monitor setiap manuver berbahaya seperti berkendara melebihi batas kecepatan, rem mendadak hingga memberikan peringatan jika mobil dalam bahaya pencurian.

Selanjutnya, AstraFMS juga dapat membantu mengatur jadwal perawatan berkala termasuk dokumen dan garansi kendaraan, memonitor, mengelola, menganalisis performa  dan perilaku pengemudi (eco & safety index).

Fitur lainnya, memastikan operational excellent. Caranya dngan memenuhi permintaan pemesanan melalui sistem auto dispatch yang melibatkan kendaraan dan pengemudi baik transportasi penumpang ataupun transportasi logistik. Selain itu, mengatur efisiensi biaya operasional kendaraan.

Sistem Astra FMS telah teruji dan berhasil diaplikasikan di unit bisnis PT Serasi Autoraya lainnya, seperti TRAC dan SELOG. Hadi menyebutkan, seluruh manfaat tersebut sudah dirasakan oleh lebih dari 2000 armada logistik dan penumpang yang tersebar di berbagai sektor industri. “Seperti pada industri logistik dan distribusi, FMCG, otomotif, pertambangan hingga finansial,” tutur Hadi.

Pengalaman tersebut memberikan kepercayaan diri bahwa AstraFMS dapat menjadi jawaban atas berbagai permasalahan dan tantangan transportasi di bermacam-macam sektor industri. Apa pun kebutuhan Anda, kami siap memberikan solusi pengelolaan transportasi yang terbaik untuk bisnis Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Astra FMS, Anda dapat menghubungi kantor cabang TRAC terdekat di kota Anda. Klik tautan ini untuk info detail: 

https://www.sera.astra.co.id/id/page/214/astra-fms

58
Tags
SERA AFMS