SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Pengertian dan Keunggulan Contract Logistic

Logistik merupakan salah satu kegiatan yang strategis bagi perusahaan karena sangat menentukan kelancaran laju roda bisnis. Logistik adalah manajemen barang (baik pengadaan, penyimpanan, hingga pemeliharaan) barang sekaligus mendistribusikan atau mengirimkannya kepada konsumen.

Oleh karena prosesnya yang memerlukan tenaga dan waktu tersendiri karena harus dilakukan secara efektif dan efisien, maka banyak perusahaan yang menyerahkan proses logistik kepada pihak ketiga atau perusahaan lain. Cara seperti itu dikenal dengan istilah Contract Logistic.

Apa itu Contract Logistic?

Secara sederhana contract logistic bisa diartikan sebagai langkah strategis di mana sebuah perusahaan mendelegasikan tugas yang berkaitan dengan manajemen sumber daya serta distribusi kepada pihak ketiga.

Tugas-tugas ini meliputi berbagai aspek logistik, termasuk perencanaan rantai pasok, desain fasilitas, pergudangan, transportasi, pemrosesan pesanan, pengelolaan inventaris, hingga beberapa fungsi layanan pelanggan.

Bahkan dengan melakukan kontrak logistik itu sejatinya ada beberapa keuntungan yang didapatkan perusahaan. Keuntungan itu antara lain penghematan biaya, sebab kontrak logistik perusahaan tidak perlu membangun infrastruktur logistik, mulai dari gudang, kendaraan sebagai sarana transportasi, hingga perekrutan karyawan khusus untuk menanganinya.

Baca juga : Pahami Ini Saat Menggunakan Shipping Agency

4 Manfaat Contract Logistic

Fokus pada Operasional Bisnis

Selain itu, perusahaan jadi lebih fokus ke operasional bisnis maupun organisasi inti. Perusahaan bisa lebih fokus pada hal-hal yang esensial seperti meningkatkan rantai pasok produksi, mengembangkan sumber daya manusia, dan lain-lain.

Lebih Fleksibel

Perusahaan juga bisa lebih fleksibel dalam menyesuaikan kebutuhan bisnis. Terutama pada saat pola permintaan dari mitra bisnis berubah, perusahaan akan dengan mudah menyesuaikan kapasitas transportasi, ruang gudang yang dipakai, hingga lebih mudah menyesuaikan saat terjadi perubahan ekspansi bisnis.

Mendapat Layanan Berkualitas

Perusahaan jadi bisa mendapatkan jasa kontrak logistik yang benar-benar handal. Sebab umumnya perusahaan logistik lebih memahami kondisi riil di lapangan terkait kegiatan supply chain atau rantai pasok semata.

Terintegrasi dengan Teknologi Terkini

Perusahaan kontrak logistik kini terus melakukan pembaruan sistem teknologi untuk menyesuaikan ekosistem bisnis yang terus berubah dan semakin efektif dan efisien.

Baca juga : NLE Masih Jadi Fokus Pemerintah Untuk Pertumbuhan Logistik Di 2024

Namun, semua keuntungan itu akan Anda dapatkan jika benar-benar menggandeng perusahaan kontrak logistik yang benar-benar profesional dan diakui kredibilitasnya.

Salah satu perusahaan logistik di Tanah Air yang dikenal luas memiliki profesionalisme tinggi dan terpercaya adalah SERA Logistic (SELOG).

Lini bisnis PT Serasi Autoraya atau SERA yang juga bagian dari Grup Astra ini dikenal luas sebagai salah satu perusahaan layanan transportasi logistik serta pergudangan terbesar di Indonesia dengan layanan one stop solution.

SELOG merupakan salah satu perusahaan logistik terbesar di Indonesia yang hadir untuk memenuhi kebutuhan jasa logistik end to end dengan layanan yang beragam.

Baca juga : Mengenal LCL, Istilah Logistik Dalam Pengiriman Barang

Dengan pengalaman 35 tahun lebih dan terus berinovasi, SELOG memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik, salah satunya Contract Logistics.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan SELOG, khususnya terkait layanan contract logistik, silahkan mengunjungi halaman berikut https://www.sera.astra.co.id/id/page/35/perusahaan-logistik-pengiriman-cargo

273
Tags
SELOG