SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

HSE Officer: Tanggung Jawab dan Skill yang Dibutuhkan

Apakah kamu pernah membaca lowongan kerja untuk jabatan HSE Officer? Kalau kamu masih asing dengan posisi tersebut, HSE merupakan sebuah singkatan dari Health, Safety, and Environment (HSE). Sesuai namanya, pekerjaan itu berkaitan dengan masalah kesehatan, keselamatan dan lingkungan.

Sedangkan HSE Officer adalah orang dengan keahlian khusus yang bertanggung jawab mengawasi dan memastikan perusahaan beserta seluruh karyawannya mengikuti peraturan kesehatan dan keselamatan (UU Keselamatan Kerja) demi terciptanya lingkungan kerja yang aman.

Dalam istilah yang lebih sederhana, profesi ini juga populer dengan sebutan petugas Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH).

HSE Officer umumnya bekerja dalam industri tambang, minyak, proyek konstruksi, pabrik, rumah sakit, serta lingkungan kerja dengan resiko kecelakaan kerja yang terbilang tinggi.

Tapi kini bidang-bidang lain pun membutuhkan HSE Officer. Makanya kini hampir di tiap perusahaan diwajibkan untuk menerapkan K3. Kalau tertarik dengan posisi ini, berikut tanggung jawab serta keahlian yang dibutuhkan.

Baca juga: Lowongan Kerja Juli 2024 SERA Grup Astra

Tugas dan Tanggung Jawab HSE Officer

  • Aktif memantau potensi insiden cedera, kecelakaan, dan situasi serupa di wilayah kerja dengan fokus pada kesejahteraan pekerja

  • Membuat laporan rinci yang menyajikan informasi terkait kesehatan dan keselamatan di area kerja sehingga bisa memberikan gambaran komprehensif tentang kondisi lingkungan kerja

  • Merancang strategi guna mengurangi insiden kecelakaan dan permasalahan lingkungan yang berpotensi mempengaruhi keselamatan pekerja dan masyarakat umum

  • Terlibat langsung dalam penyelidikan kecelakaan lingkungan dan masalah keselamatan, bahkan dapat menugaskan tim untuk menyelidiki insiden yang dilaporkan

  • Membuat program pelatihan tentang pengetahuan keselamatan demi memastikan bahwa seluruh personel memiliki pendidikan dan kesadaran terhadap keselamatan

  • Menjelaskan hasil riset terkini melalui presentasi yang informatif tentang bahaya kesehatan, keselamatan, dan lingkungan serta memberikan edukasi pada pekerja untuk menghindari potensi risiko tersebut

  • Ikut andil dalam merekrut dan melatih anggota baru untuk memastikan keahlian serta pemahaman keselamatan yang diperlukan tim

  • Rutin melakukan penilaian risiko terkait peralatan, tempat kerja, dan lingkungan kerja, serta memastikan kepatuhan terhadap standar keselamatan

Skill yang Dibutuhkan 

Karena dituntut punya kecermatan dan ketelitian demi terciptanya kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja, perlu beberapa skill khusus yang wajib dimiliki HSE Officer. Berikut diantaranya.

Baca juga: Curi Perhatian HRD Saat Interview Kerja Pakai Cara Ini

Kemampuan Komunikasi

Punya kemampuan komunikasi yang baik antar sesama anggota tim, departemen lain, serta publik agar dapat menyampaikan informasi secara tertulis atau verbal dengan jelas dan ringkas.

Kepemimpinan

Skill kepemimpinan juga perlu dimiliki HSE Officer agar dapat memotivasi tim dengan berorientasi pada keselamatan kerja. Keterampilan itu juga dapat membantu mengembangkan skill mengatur dan mendelegasikan tugas.

Kemampuan Memecahkan Masalah

HSE Officerjuga harus mampu memecahkan masalah untuk mengidentifikasi kemungkinan bahaya di tempat kerja, mengembangkan protokol keselamatan, dan menemukan cara untuk meningkatkan kondisi tempat kerja.

Kemampuan memecahkan masalah ini diperlukan untuk mengidentifikasi kecelakaan di tempat kerja dan menentukan tindakan terbaik untuk memastikan keselamatan karyawan dan masyarakat.

Berpikir Kritis

Skill ini dibutuhkan untuk menganalisis situasi dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang dimiliki. Sehingga bisa menentukan tindakan terbaik dalam situasi darurat dalam upaya mengidentifikasi potensi bahaya.

Baca juga: Kesalahan Dalam Karir Yang Jarang Disadari Pekerja

Organisir Pekerjaan

Kemampuan mengorganisir pekerjaan ini penting karena sering kali HSE Officer diberikan banyak tugas yang harus diselesaikan dalam waktu bersamaan.

Dengan kemampuan tersebut, mereka bisa memprioritaskan tugas dan menyelesaikannya secara efisien. Terutama saat harus mencari dokumen dan catatan penting.

Lowongan HSE Officer di SERA

Kalau kamu sudah memahami tugas dan tanggung jawabnya dan secara kebetulan juga memiliki skill yang dibutuhkan, kamu bisa coba kirim lowongan kerja ke PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu, salah satunya HSE Officer. Berikut detailnya.

Kualifikasi:

  • Pendidikan minimal D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau Teknik Lingkungan maupun jurusan terkait lain dari Universitas ternama

  • IPK minimal 3,00 dari 4,00

  • Terbuka untuk fresh graduate

  • Punya keahlian AK3U jadi nilai tambah

  • Penempatan di Jakarta Utara

Informasi lebih lanjut tentang lowongan kerja SERA, cek langsung ke website SERA www.sera.astra.co.id dan follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir hingga lowongan kerja terbaru.

93
Tags
SERA