SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Ingin Membeli Mobil Bekas Berkualitas? Ini Caranya

Beli Mobil Bekas Berkualitas Bisa Didapat dengan Cara Berikut!

Di kala hendak membeli mobil bekas, dari awal Anda perlu menyiapkan mental. Sekaligus kompromi jika kondisi unit tak benar-benar sempurna. Sudah sewajarnya, bukan mobil baru. Namun setidaknya, Anda masih bisa menghindari mendapat unit yang terlalu mengenaskan. Simak tips berikut agar dapat unit berkualitas.


Sesuaikan Budget

Bukan berarti menyamakan budget dengan harga beli mobil. Ketika mencari unit bekas, umumnya memerlukan sekian jumlah uang tambahan untuk perbaikan. Tak semata-mata bisa langsung digunakan seperti mobil baru.

Jika Anda menghendaki unit seharga Rp 100 juta, dari awal baiknya siapkan cadangan dana lagi. Semisal, sepuluh atau dua puluh persen dari harga mobil. Meski bisa saja nominal itu nantinya tak terpakai, paling tidak sudah preventif. Sehingga jika hal tak diinginkan terjadi masih mampu untuk melakukan penyempurnaan mobil incaran.


Ketahui Pasti Keabsahan Dokumen

Kalau sudah tersedia dana, mulai mengecek satu per satu unit yang diincar. Dan jika sudah memfilterisasi kandidat, lakukan dulu pengecekan dokumen masing-masing mobil. Untuk memeriksa hal seperti ini di zaman sekarang mulai mudah.

Salah satunya, Anda bisa langsung melihat fisik nomor rangka serta mesin. Kemudian cocokan dengan BPKB dan STNK. Tak berhenti di situ, cek juga keabsahan dokumen tadi di platform online milik Samsat.

Biasanya semua data tentang kendaraan tertera di sana. Dari warna, tipe, mesin, malah perihal pajak pun bakal ditampilkan. Sekaligus jika ada keterlambatan atau jika statusnya progresif dan lainnya. Hal ini juga bisa jadi parameter dalam menyusun budget tadi.


Periksa Fisik Mobil

Selesai menyiapkan budget dan cek dokumen, kondisi fisik mobil tentu menjadi hal penting pula. Tak seragam memang soal keinginan orang seperti apa. Namun umumnya, mendapat unit dalam kondisi bodi standar lebih dianggap bagus. Karena, risiko hilangnya nut bodi jika sudah dimodifikasi berlebihan cukup besar. Dan sulit untuk dikembalikan lagi.

Di samping itu, mengenai cat mulus juga bisa dinomorduakan. Sebab ada hal lebih penting, yakni memastikan gap antar panel tak terlalu berbeda signifikan, hingga nut atau garis samarnya masih utuh. Jika ada yang ganjil atau hilang, patut dipertanyakan apakah unitnya bekas celaka atau bukan.

Pemeriksaan hal ini tak selesai di bodi luar. Indikasi bekas tabrak juga bisa dilihat dari tulang di balik kap mesin. Yang semestinya beralur presisi tanpa ada titik sambung anomali. Ketebalan platnya juga harus sama alias tak bergelombang.

Dan, bisa saja Anda lepas karet-karet di balik bagasi. Untuk melihat lempengan plat dan memastikan proporsinya lurus bawaan pabrik. Tidak bekas direparasi. Kalau soal cat baret, masih lebih mudah diperbaiki ketimbang hal-hal tadi.


Lihat Interior

Kalau sudah bagus kondisi dashboard, jok, plafon, dan lainnya, coba hirup dan perhatikan detail. Adakah bau tak sedap yang muncul? Jika iya, hati-hati unit pernah terendam banjir cukup parah. Anda juga dapat mengecek sela-sela di jalur kabel dan karet, untuk memastikan tak ada sisa lumpur. Serta, door trim dan karpet dasar, bahkan hingga plafon baiknya tidak belang.


Cek Mekanikal Mobil

Sangat umum, ketika mengecek mesin hal paling pertama bisa dilihat adalah menarik dipstick oli. Warna pelumas di ujung, mestinya berwarna coklat bening. Atau lebih baik hitam sekalian. Jika terindikasi berwarna kopi susu, bisa jadi ruang bakar tercampur air. Ada kebocoran di suatu titik. Berlaku pula di radiator atau reservoirnya.

Kebocoran dari blok mesin juga sebaiknya diperhatikan. Mobil uzur, umumnya telah memiliki komponen yang mulai aus. Hingga kadang oli keluar dari sela-sela kecil. Artinya packing-packing mulai perlu diganti baru.

Rem, ban, aki, juga pastikan dalam kondisi baik. Setidaknya bisa dibawa jalan hingga ke tempat aman. Jikalau memang Anda berniat mau memperbaikinya sendiri. Tentu tak mau habis beli mobil lantas mogok di jalan bukan?


Pilih Penjual Mobil yang Terpercaya

Solusi terbaik bila ingin membeli mobil bekas, pilihlah penjual atau dealer mobil bekas yang terpercaya seperti mobil88 yang memiliki standar tinggi ketika menjual mobil bekas pada konsumen. Mobil dipastikan bukan bekas tabrakan, bebas banjir, odometer asli, keabsahan dan kelengkapan dokumen terjamin, serta nomor rangka dan mesin sesuai dengan dokumen kendaraan.

Selain itu, di mobil88 memberikan jaminan atas kualitas produk dan layanan yang terangkum dalam buku garansi mobil bekas mobil88. Buku garansi hadir sebagai komitmen mobil88 dalam memberikan jaminan bagi konsumen, melengkapi proses seleksi, uji mutu dan layanan jual beli mobil bekas yang dijalankan tim mobil88.

Beli mobil bekas di mobil88 tidak perlu repot, karena merupakan dealer yang sudah berpengalaman dan merupakan unit usaha SERA di bawah naungan Astra. Bukan hanya di Jakarta saja, tapi showroom mobil88 sekarang ini sudah memiliki 21 showroom di 9 kota ; Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bandung, Palembang, Pekanbaru, Medan, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Balikpapan.

Anda juga bisa Tukar Tambah apapun Merk dan Type mobil lama Anda di mobil88 dengan mudah hanya dalam waktu 1 jam saja! Tunggu apalagi, langsung saja cek stok unit mobilnya di sini.

3400