SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Lakukan Hal ini Jika Ingin Membeli Mobil Bekas di Atas 10 Tahun

Mau Beli Mobil Bekas di Atas 10 Tahun, Jangan Tergiur Harga Murah


Berburu mobil bekas masih jadi alternatif pilihan bagi masyarakat yang ingin segera memiliki kendaraan roda empat namun memiliki keterbatasan dana, apalagi jika usia mobil sudah di atas 10 tahun pasti harganya murah. Tapi apakah mobil bekas di atas 10 tahun ini masih layak untuk digunakan sehari-hari? Jangan langsung tergiur harga yang murah ya, simak penjelasan berikut ini dulu. 

Membeli mobil bekas dengan umur di atas 10 tahun sebenarnya masih bisa digunakan sebagai kendaraan harian. Namun Anda perlu perhatikan baik-baik beberapa hal ini sebelum memutuskan membeli.

 

Baca juga : Agar Tak Terbelit Masalah, Pastikan Keaslian Dokumen Saat Beli Mobil Bekas


Pastikan Suku Cadang Masih Tersedia di Pasar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui harga suku cadang mobil tersebut. Selain memastikan kondisi mobil dalam kondisi yang layak pakai, tapi Anda juga harus tahu kalau mobil tersebut masih banyak beredar di jalanan, karena itu menentukan suku cadang dan juga harganya. Jangan sampai beli mobil tapi Anda susah mencari suku cadang karena mobil di atas 10 tahun sudah pasti akan ada perbaikan baik dari mesin, transmisi, kaki-kaki, dan juga interiornya. 


Cek Kondisi Mesin

Cek juga kondisi mesin, pastikan kondisinya kering di mana tidak ada rembesan oli ataupun cairan di bagian mesin hingga ke bagian kolong. Jika kondisi mesin kering maka Anda tidak akan mengeluarkan biaya yang besar untuk perbaikan mesin.

Dengarkan juga suara mesin, pastikan tidak ada suara kasar dari ruang mesin. Biasanya mobil dengan usia di atas 10 tahun dan tidak dirawat dengan baik akan memiliki suara mesin yang kasar. Perhatikan juga apakah ada getaran yang tidak wajar dari mesin, kalau iya tandanya Anda harus mengganti engine mounting-nya.


Baca juga : Jangan Asal Tukar Tambah Mobil Bekas, Serahkan Pada Ahlinya


Pastikan Asap dari Lubang Knalpot Normal

Periksa juga ke bagian belakang, apakah keluar asap putih tipis dari lubang knalpot atau tidak. Jika ada asap putih, maka dipastikan kondisi mesin tidak baik dan biasanya harus turun mesin. Cek juga ujung knalpot mobil bagian dalam, kalau berwarna hitam kering berarti mobil memiliki masalah pembakaran yang tidak sempurna. Tapi kalau basah, biasanya pertanda ada oli mesin yang ikut terbakar.


Cek Suhu Mesin dalam Kabin

Jangan lupa untuk mengecek juga suhu atau temperatur mesin dari dalam kabin. Tunggu sampai beberapa saat hingga mesin panas dan pastikan indikator suhu mesin tidak lebih dari 3/4 atau bahkan mencapai huruf H.


Baca juga : Ingin Membeli Mobil Bekas Berkualitas? Ini Caranya


Pastikan Elektrikal Masih Berfungsi Baik

Kalau mesin sudah normal, maka periksa juga fungsi elektrikal di mobil, pastikan komponen elektrik tidak ada yang bermasalah. Cek apakah ada lampu peringatan di dashboard mobil ada yang menyala, seperti lampu check engine dan juga airbag. Mobil-mobil modern cenderung memiliki komponen elektrikal yang cukup banyak, dan jika ada yang bermasalah biasanya akan butuh biaya perbaikan cukup mahal.


Cek Kaki-Kaki Mobil

Ini cara terakhir untuk membuktikan kalau mobil incaran Anda tadi masih layak untuk dibeli. Biasanya mobil bekas dengan usia di atas 10 tahun akan memiliki masalah di kaki-kaki dan juga transmisinya. Untuk itu, melakukan test drive akan sangat diperlukan agar tahu apakah ada bagian kaki-kaki yang mengeluarkan bunyi-bunyi tidak wajar.

Jangan lupa untuk mengetes transmisi mobil dengan seksama, termasuk mengetes di tanjakan dan juga melakukan akselerasi ringan. Perhatikan juga saat berbelok apakah ada suara-suara yang kurang enak di dengar atau tidak.


Baca juga : Cara Kredit Mobil Bekas Aman Dan Mudah!


Beli di Dealer Mobil Bekas Terpercaya

Supaya Anda tidak tertipu dengan bodi mobil yang mulus tapi padahal jeroannya parah, sebaiknya beli mobil bekas langsung ke mobil88. 

Dealer mobil88 adalah anak perusahaan Serasi Autoraya (SERA) di bawah naungan Grup Astra, yang bergerak di bisnis jual beli mobil bekas. Komitmen perusahaan ini adalah menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelayanan maupun kepastian kualitas mobil bekas yang ditawarkan. 

Selain menjamin validitas dokumen mobil bekas yang disediakan, dealer yang telah berpengalaman lebih dari 33 tahun itu juga menjamin mobil bekas yang dijualnya bukan bekas tabrakan, dan bebas banjir. Sebab, saat membeli mobil bekas yang akan dijualnya kembali staf inspeksi mobil88 melakukan pengecekan bagian demi bagian dari mobil tersebut.

Dengan kata lain, calon pembeli tidak perlu ragu soal validitas dokumen atau bahkan enggan karena tidak perlu mengalami ribetnya mengurus dokumen. Semua tidak diselesaikan secara tuntas oleh mobil88. 

Untuk membeli mobil bekas di mobil88 juga cukup mudah, selain bisa langsung datang ke dealer yang telah mencapai 20 cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, calon pembeli juga dapat mengunjungi website mobil88 di www.mobil88.astra.co.id untuk informasi lebih lanjut

2541
Tags