SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Asah Skill Kepemimpinan dengan Lakukan Hal Berikut

Ini Cara Mengasah Skill Kepemimpinan


Kepemimpinan atau leadership merupakan salah satu kunci keberhasilan sebuah organisasi, baik pemerintahan maupun perusahaan dalam mencapai tujuan. Sebab semua keputusan, pergerakan, maupun laju sumberdaya yang dibutuhkan dalam pencapaian tujuan merupakan hal dasar yang akan menentukan keberhasilan suatu organisasi ataupun perusahaan tertentu.

Selain itu, untuk membangun tim yang kuat dibutuhkan kepemimpinan efektif dan disegani. Oleh karena itu, sifat dan perilaku kepemimpinan yang kuat harus dimiliki oleh pegawai atau karyawan yang dipercaya menjadi pimpinan sebuah tim atau unit kerja.

Sejumlah ahli mengatakan sejatinya setiap individu memiliki potensi untuk menjadi pemimpin. Hanya saja, potensi tersebut seringkali tidak terbangun dan diasah, sehingga menjadikannya tidak muncul atau terwujud ke permukaan dalam kegiatan sehari-hari.


Baca juga : Empat Cara Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Kerja


Dibutuhkan Kebiasaan dan Latihan

Untuk mewujudkan karakter atau sikap kepemimpinan itu dibutuhkan latihan dan kebiasaan sehari-hari. Karakter seorang pemimpin harus dijalankan dalam setiap tindakan atau perilaku.

Namun, sebelum menjalankannya juga harus memahami bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik dan berpengaruh. Pemimpin yang efektif harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan kreatif.

Selain itu, harus memiliki kemampuan memotivasi tim termasuk manajemen konflik, mempunyai kemampuan menangani dan mendelegasikan tanggung jawab kepada anak buah, mendengarkan masukan dan memiliki empati. Bahkan, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan bersikap fleksibel untuk memecahkan masalah di tempat kerja yang selalu berubah.


Baca juga : Ingin Berkarir di Bidang IT? Simak Beberapa Tips Berikut Ini


Asah Selalu Soft Skill

Satu hal lagi, seorang pemimpin juga harus mampu selalu menciptakan kondisi positif dan kondusif di lingkungan unit kerja yang dipimpinnya. Dengan kata lain seorang pemimpin selain harus memiliki hard skill juga harus memiliki soft skill.

Hard skill adalah keterampilan atau kemampuan yang terkait dengan bidang tugas sehari-hari yang ditangani. Sedangkan soft skill merupakan kemampuan yang tidak tampak dan sulit diukur namun bisa dirasakan, sebab berkaitan dengan sikap maupun perilaku.

Karakter kepemimpinan seperti itulah yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki sistem kerja yang rapi. Bahkan, sejak dari awal perekrutan karyawan, umumnya perusahaan-perusahaan seperti itu telah melihat potensi calon karyawannya, apakah memiliki karakter seperti itu. 

Dan bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan dapat mencantumkannya potensi kepemimpinan saat melamar pekerjaan di perusahaan, apalagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan ternama.


Baca juga : Startup Vs Corporate, Mana Yang Lebih Cocok Untuk Karir Anda


Salah satu perusahaan yang masuk dalam kategori itu adalah PT Serasi Autoraya (SERA) yang kini juga tengah membuka lowongan kerja untuk mengisi sejumlah posisi yang dibutuhkan. 

SERA yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk itu, saat ini mengoperasikan tiga lini bisnis, yaitu solusi transportasi yang terintegrasi melalui TRAC-Astra Rent a Car, kemudian bisnis penjualan kendaraan bekas melalui mobil88 dan IBID-Balai Lelang Serasi, serta bisnis logistik terintegrasi melalui SELOG.

Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, setiap tahunnya melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Saat ini di SERA sedang ada perekrutan karyawan untuk posisi Information System & Technology seperti Business Analyst, Mobile Developer, dan IT Secure Analyst. Kemudian ada juga lowongan di bagian Finance Accounting Tax untuk posisi Accounting Analyst, Finance Staff (Jakarta). Untuk lowongan Sales juga ada beberapa posisi yang bisa dicoba seperti, Sales Officer (Surabaya), Account Executive, serta posisi Marketing Research Analyst. 

Jika Anda tertarik untuk bergabung mengisi lowongan posisi yang ditawarkan, Anda dapat mengunjungi situs resmi https://career.sera.astra.co.id/.

2497
Tags
SERA