SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tips Dapat Mobil dengan Harga Murah di Balai Lelang

Bisa Dapat Mobil Murah di Balai Lelang, Simak Tips Berikut


Membeli mobil bekas melalui lelang yang digelar balai lelang kini banyak dilakukan oleh masyarakat. Harga yang lebih murah dan transparan, secara cara yang fair menjadi alasan mereka untuk menempuh cara ini.


Terlebih, kini proses lelang mobil yang digelar balai lelang juga semakin mudah, karena menggunakan cara online. Sehingga, siapapun dapat mengikuti lelang dari manapun mereka berada.


Baca juga : Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Menang Lelang Mobil Bekas


Meski, untuk mendapatkan mobil bekas dengan harga yang murah, dibutuhkan siasat dan trik khusus saat mengikuti proses lelang. Jika Anda ingin mengikuti lelang dan ingin mendapatkan mobil bekas dengan harga yang pas, lakukan beberapa langkah ini.


Pahami Proses Mengikuti Lelang

Pertama, pahami cara mengikuti proses lelang tersebut. Ini perlu Anda lakukan agar tidak mengalami kesulitan saat proses lelang berlangsung.


Hal-hal yang perlu Anda perhatikan adalah, peraturan mengikuti proses lelang yang ditetapkan balai lelang. Cek jadwal lelang termasuk cara registrasi dan penyerahan deposit, mekanisme lelang, hingga waktu pengumumannya.


Pastikan Mobil yang Anda Beli

Kedua, pastikan mobil yang akan Anda beli. Ketiga, cari informasi terkait harga pasaran mobil tersebut.


Baca juga : Pakai Cara Ini Agar Auto Menang Di Lelang Mobil


Cek Kondisi Mobil

Ketiga, cek kondisi mobil dari informasi yang disajikan balai lelang maupun menanyakan langsung ke petugas balai lelang.


Jangan Mudah Terpancing Emosi

Keempat, jika telah mengikuti proses lelang jangan mudah terpancing emosi untuk menawar. Sebab, jika Anda larut dalam emosi dan terburu-buru karena khawatir mobil akan jatuh ke penawar lain, kemungkinan besar Anda justeru terjebak dan mendapatkan mobil dengan harga yang lebih mahal dari semestinya.


Lakukan Penawaran di Detik Terakhir

Kelima, lakukan penawaran di detik-detik terakhir. Sebab, pada saat itu, umumnya penawar lain kemungkinan besar sudah melemparkan tawaran tertinggi mereka.


Sehingga, Anda bisa mengetahui tawaran tertinggi sekaligus mengukur apakah tawaran yang ada itu masih di bawah target besaran tawaran Anda atau sebaliknya.


Baca juga : Ini Cara Menghindari Penipuan Mobil Bekas Di Balai Lelang


Namun, agar Anda mendapatkan kepastian proses lelang itu benar-benar mudah dan proses setelahnya tidak menyulitkan, sebaiknya dipastikan balai lelang penyelenggaranya memiliki reputasi yang sangat baik. Selain itu, memiliki jaringan yang luas.


Pilih Balai Lelang Dengan Reputasi Baik


Bicara soal balai lelang dengan karakter seperti itu, PT Balai Lelang Serasi, dengan kegiatan usaha jasa balai lelang bermerek IBID. Kelebihan lain dari IBID selain terpercaya adalah, masyarakat dapat mengikuti live auction lewat aplikasi IBID yang sudah tersedia di Google Play Store, sehingga mereka bisa nge-bid dari mana saja tanpa harus ke lokasi.


Berdiri sejak tahun 2007, IBID yang bernaung di bawah bendera Grup Astra hingga akhir 2016, telah menjual lebih dari 27.000 kendaraan roda empat di ajang lelang dan mengadakan lebih dari 500 event lelang setiap tahunnya. Setiap minggunya secara rutin IBID mengadakan lelang di 10 cabang yang tersebar di Indonesia. Selain itu IBID juga sudah mengadakan lelang di lebih dari 30 kota di Indonesia.


Baca juga : Menimbang Untung Rugi Beli Mobil Bekas Melalui Lelang


Saat ini IBID memiliki tiga metode lelang utama yaitu Live Auction, Timed Auction, dan Flash Auction.


Fitur Lelang Online IBID


Live Auction

Live Auction merupakan tipe lelang real-time di mana setiap lot objek lelang tampil bergiliran pada satu jadwal lelang yang telah ditetapkan. Ketika objek lelang itu tampil, maka para peserta lelang boleh memberikan penawaran terbaiknya hingga mencapai satu harga tertinggi.


Maka setelah peserta dengan penawaran tertinggi itu menang, IBID akan melanjutkannya dengan lot objek lelang selanjutnya. Metode lelang ini berbeda dibandingkan dengan Timed Auction dan Flash Auction.


Timed Auction dan Flash Auction

setiap objek lelang mulai pada waktu yang sama sesuai dengan jadwal lelang. Perbedaannya, Flash Auction memiliki durasi waktu yang pendek yaitu sekitar satu jam saja, sedangkan Timed Auction bisa beberapa jam hingga hari.


Misalnya Timed Auction minggu ini terdapat 10 mobil bekas yang akan dilelang pukul 12:00 hingga 17:00 WIB. Semua mobil tersebut akan tampil serempak pada jam tersebut dan setelah lelang berakhir, barulah diputuskan siapa peserta yang berhak membawa pulang mobil bekas tersebut berdasarkan penawaran tertinggi. Sedangkan untuk Flash Auction, misalnya terdapat 5 mobil yang dilelang pada jam 14:00 WIB sampai 15:00 WIB.


Baca juga : Flash Auction, Metode Spesial Lelang Mobil Yang Wajib Dicoba


Untuk NPL (Nomor Peserta Lelang), di IBID terdapat dua jenis NPL (Nomor Peserta Lelang) yaitu NPL Live (untuk Live Auction) dan NPL Timed (untuk Timed dan Flash Auction).


Ada satu kelebihan Flash Auction yang tidak dimiliki oleh metode lelang lainnya, yaitu mobil bekas yang dilelang dalam Flash Auction bisa dikatakan fresh from the oven karena baru saja selesai diinspeksi oleh tenaga ahli Astra Car Valuation (ACV).


Dari sisi penitip lelang, mobil bekasnya bisa lebih cepat laku. Sedangkan dari sisi peserta lelang bisa mendapatkan mobil bekas yang fresh. Hal ini berbeda dengan Timed Auction yang merupakan lelang terjadwal seperti Live Auction.


Keunggulan lain Flash Auction adalah tersedianya fitur Live Streaming dan Live Chat untuk peserta lelang. Setiap peserta lelang yang sudah memiliki NPL bisa menanyakan 10 pertanyaan mengenai detail kondisi mobil bekas kepada inspektor melalui fitur Live Chat.


Inspektor pun bisa menunjukkan detail mobil bekas melalui Live Streaming dengan langsung mengarahkan kamera ke bagian yang ditanyakan oleh peserta lelang.


Flash Auction hadir sebagai jawaban untuk menciptakan kenyamanan lelang online. Cukup dari rumah, peserta lelang bisa melihat detail objek lelang melalui Live Streaming sehingga tidak ada lagi kekhawatiran akan mendapatkan mobil yang bermasalah karena kondisi kendaraan dijabarkan secara rinci dan lengkap.


Tertarik untuk mengikuti lelang di IBID? Unduh aplikasi IBID lewat Google Play Store dan Apple App Store atau kunjungi https://www.ibid.astra.co.id

1837
Tags
IBID