SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mobil Hingga Gadget, Sederet Barang Ini Bisa Dibeli Lewat Lelang Online

Lewat Lelang Online Bisa Beli Barang Selain Mobil dan Motor


Lelang online jadi salah satu jalan pintas untuk beli barang bekas yang digelar balai lelang. Harga yang lebih murah dan transparan, jadi alasan paling jamak didengar dari banyak orang yang bertransaksi lewat cara ini.


Minat masyarakat mengikuti cara lelang semakin meningkat setelah mengetahui, ternyata proses lelang tidak hanya diperuntukkan bagi pembeli dalam partai besar saja, tetapi juga perorangan alias ritel. Terlebih, masyarakat semakin paham ada banyak keuntungan yang mereka dapatkan dengan mengikuti lelang.


Keuntungan pertama membeli mobil melalui lelang adalah, harganya yang relatif di bawah harga pasaran. Bahkan, jika dihitung-hitung selisih harga mobil di balai lelang dengan di showroom bisa mencapai belasan juta rupiah.


Perbedaan yang cukup mencolok antara harga di balai lelang dengan di showroom bisa terjadi, karena kondisi mobil bekas yang dilelang, umumnya dalam kondisi asli atau apa adanya. Mobil tersebut belum mendapatkan sentuhan polesan.


Baca juga : Tips Dapat Mobil Dengan Harga Murah Di Balai Lelang


Terlebih, kini proses lelang khususnya mobil yang digelar balai lelang juga semakin mudah, karena menggunakan cara online. Sehingga, siapapun dapat mengikuti lelang online dari manapun mereka berada.


Jangan Asal Pilih Balai Lelang

Salah satu balai lelang yang terpercaya adalah Balai Lelang Serasi (IBID) yang telah berdiri sejak 2007. Sebagai balai lelang yang bernaung di bawah grup Astra, IBID selalu melakukan berbagai inovasi baik dari segi pelayanan, proses, hingga objek lelang. 


Sejak awal berdiri, balai lelang IBID memang terkenal sebagai balai lelang yang menjual kendaraan bekas seperti mobil dan motor, namun selain itu IBID juga melelang barang lainnya lho.


Lelang sekarang menjadi salah satu pilihan masyarakat saat mencari kendaraan bekas, dan tidak hanya mobil saja yang dicari. Karena itu, balai lelang IBID juga menjual kendaraan berat, seperti kendaraan yang dipergunakan untuk area pertambangan, konstruksi, perkebunan dan lainnya.


Baca juga : Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Menang Lelang Mobil Bekas


Tapi bukan itu saja, pasalnya balai lelang IBID juga menghadirkan lelang gadget dan elektronik. IBID juga melelang beragam jenis gadget dan elektronik yang dilelang secara online dengan metode Timed Auction, yaitu lelang yang berlangsung hingga beberapa hari dan diselenggarakan eksklusif hanya di aplikasi IBID.


Meski, untuk mendapatkan mobil bekas dengan harga yang murah, dibutuhkan siasat dan trik khusus saat mengikuti proses lelang.


Untuk mengikuti lelang motor, gadget dan juga alat berat ini, Anda juga tidak perlu repot datang langsung ke balai lelang IBID. Cukup menggunakan fitur Live Auction atau lelang online, Anda bisa mengajukan penawaran melalui aplikasi di smartphone.


Secara prosedur, mengikuti lelang motor bekas dan alat berat tidak jauh berbeda dengan lelang mobil bekas yang sudah rutin diselenggarakan IBID.


IBID yang bernaung di bawah bendera Grup Astra hingga akhir 2016, telah menjual lebih dari 27.000 kendaraan roda empat di ajang lelang dan mengadakan lebih dari 500 event lelang setiap tahunnya.


Setiap minggunya secara rutin IBID mengadakan lelang di 10 cabang yang tersebar di Indonesia. Selain itu IBID juga sudah mengadakan lelang di lebih dari 30 kota di Indonesia.


Baca juga : Pakai Cara Ini Agar Auto Menang Di Lelang Mobil


Fitur Lelang Online IBID

Saat ini IBID memiliki tiga metode lelang utama yaitu Live Auction, Timed Auction, dan Flash Auction. 


Live Auction

Live Auction merupakan tipe lelang real-time di mana setiap lot objek lelang tampil bergiliran pada satu jadwal lelang yang telah ditetapkan. Ketika objek lelang itu tampil, maka para peserta lelang boleh memberikan penawaran terbaiknya hingga mencapai satu harga tertinggi.


Maka setelah peserta dengan penawaran tertinggi itu menang, IBID akan melanjutkannya dengan lot objek lelang selanjutnya.


Timed Auction

Setiap objek lelang mulai pada waktu yang sama sesuai dengan jadwal lelang. Perbedaannya, Flash Auction memiliki durasi waktu yang pendek yaitu sekitar satu jam saja, sedangkan Timed Auction bisa beberapa jam hingga hari.


Misalnya Timed Auction minggu ini terdapat 10 mobil bekas yang akan dilelang pukul 12:00 hingga 17:00 WIB.


Semua mobil tersebut akan tampil serempak pada jam tersebut dan setelah lelang berakhir, barulah diputuskan siapa peserta yang berhak membawa pulang mobil bekas tersebut berdasarkan penawaran tertinggi.


Baca juga : Ini Cara Menghindari Penipuan Mobil Bekas Di Balai Lelang


Flash Auction

salah satu kelebihan fitur ini tidak dimiliki oleh metode lelang lainnya. Yaitu mobil bekas yang dilelang dalam Flash Auction bisa dibilang masih “hangat” karena baru saja selesai diinspeksi oleh tenaga ahli Astra Car Valuation (ACV).


Dari sisi penitip lelang, mobil bekasnya bisa lebih cepat laku. Sedangkan dari sisi peserta lelang bisa mendapatkan mobil bekas yang fresh. Hal ini berbeda dengan Timed Auction yang merupakan lelang terjadwal seperti Live Auction.


Keunggulan lain yakni tersedianya fitur Live Streaming dan Live Chat untuk peserta lelang. Setiap peserta lelang yang sudah memiliki NPL bisa menanyakan 10 pertanyaan mengenai detail kondisi mobil bekas kepada inspektor melalui fitur Live Chat.


Inspektor pun bisa menunjukkan detail mobil bekas melalui Live Streaming dengan langsung mengarahkan kamera ke bagian yang ditanyakan oleh peserta lelang. 


Flash Auction hadir sebagai jawaban untuk menciptakan kenyamanan lelang online. Cukup dari rumah, peserta lelang bisa melihat detail objek lelang melalui Live Streaming sehingga tidak ada lagi kekhawatiran akan mendapatkan mobil yang bermasalah karena kondisi kendaraan dijabarkan secara rinci dan lengkap. 


Tertarik untuk mengikuti lelang di IBID? Unduh aplikasi IBID lewat Google Play Store dan Apple App Store atau kunjungi https://www.ibid.astra.co.id.

1981
Tags
IBID