SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Komponen Mobil yang Perlu Dicek Usai Mudik Lebaran

Periksa Komponen Mobil Ini Setelah Dipakai Mudik 


Saat dipakai mudik lebaran kemarin, komponen mobil pasti bekerja lebih ekstra. Apalagi perjalanan mudik ke kampung halaman yang berjarak jauh, pasti membuat mobil harus menempuh rute dan perjalanan tak biasa. Terlebih, jika lintasan atau jalan yang dilalui merupakan lintasan berat seperti berbatu, bergelombang, atau bahkan berlumpur.


Oleh karena itu, untuk tetap menjaga kenyamanan dan keamanan saat digunakan, mobil yang baru dipakai untuk mudik sangat dianjurkan untuk dicek kembali. Ada sejumlah bagian atau komponen mobil yang perlu diperiksa lagi.


Bagian-bagian itu mulai dari kaki-kaki, eksterior, interior, rem, hingga mesin. Bahkan, jika ditemukan ada yang perlu diganti sebaiknya dilakukan penggantian.


7 Komponen Mobil yang Wajib Dicek


1. Ban

Pengecekan ban tidak hanya untuk mengetahui secara pasti apakah ada atau tidak bagian dinding yang retak atau robek, tetapi juga memastikan apakah ukiran di telapaknya masih bagus atau tidak.


Maklum, ban merupakan "kaki“ bagi mobil dan bersentuhan langsung dengan permukaan jalan telah bekerja ekstra keras selama perjalanan ke kampung halaman.


Baca juga: Biar Tidak Salah Pilih, Perhatikan Ini Saat Memilih Showroom Jual Beli Mobil Bekas


2. Kolong Mobil

Komponen mobil berikutnya yang perlu dicek adalah bagian kolong mobil. Pengecekan bagian ini dimaksudkan untuk memastikan apakah ada kotoran baik berupa lumpur, cairan, maupun debu pekat yang menempel di bagian-bagian kolong.


Sebab, semua kotoran itu jika dibiarkan berlama-lama di kolong akan bereaksi kimia sehingga memicu terjadinya karat. Pengecekan juga perlu dilakukan pada komponen kaki-kaki mobil seperti di shockbreaker, terutama karet-karet di bagian sambungan.


Jika terkena kotoran karet-karet yang berfungsi sebagai penyebab sekaligus peredam getaran akan getas akibat kotoran yang menempel. Begitu pula dengan selang atau pipa-pipa cairan seperti selang minyak rem. Pastika tidak ada kebocoran.


3. Panel Instrument

Caranya cukup aktifkan kunci kontak ke posisi on. Kemudian perhatikan apakah ada lampu indikator yang menyala sebagai penanda adanya masalah di bagian-bagian tertentu dari mobil.


Jika ternyata ada yang menyala, maka secepatnya lakukan tindakan. Hal ini dimaksudkan agar kerusakan atau masalah tidak merembet.


4. Oli Mesin

Pastikan volume mesin tidak berkurang signifikan. Jika berkurang, segera tambah oli. Cara untuk mengecek volume oli ini, sejatinya cukup mudah, yakni melalui dipstick.

Namun, jika kondisi oli memang sudah waktunya diganti, sebaiknya segera diganti. Pengecekan oli sangat dianjurkan, karena saat digunakan mudik, mesin mobil bekerja keras.


Baca juga : Mobil Diatas 10 Tahun Masih Layak Dibeli? Simak Info Berikut


5. Komponen Sistem Pengereman

Pengecekan harus dilakukan mulai dari pemeriksaan volume minyak rem, termasuk ada tidaknya kebocoran. Kemudian pastikan juga tingkat kepakeman rem yang merupakan indikasi kondisi kampas rem.


6. Cairan lainnya

Cairan yang wajib diperiksa adalah kondisi air radiator, cairan washer, hingga minyak power steering. Tambah atau ganti, jika memang diperlukan.


7. Bagian kabin

Pembersihan bagian ini bukan saja untuk kenyamanan karena hilangnya kotoran dan bau tak sedap, namun juga untuk keamanan bagi kesehatan.


Sebab, jika terdapat banyak debu atau kotoran dan AC mobil diaktifkan selama perjalanan maka debu atau kotoran akan terhisap orang yang berada di dalam mobil.


Baca juga : Ini Komponen Mobil Bekas Yang Wajib Dicek Saat Akan Dibeli


Itulah serangkaian komponen mobil yang perlu dicek ulang saat kendaraan bermotor itu usai dipakai untuk mudik lebaran. Pengecekan perlu dilakukan demi kenyamanan dan keamanan saat mobil dipakai lagi.


Satu hal yang perlu dicermati berkaitan dengan mobil yang usai dipakai mudik adalah, mobil-mobil tersebut langsung dijual oleh pemiliknya. Jika Anda sebagai pembeli dan mendapatkan mobil dalam kondisi seperti itu, maka Anda akan sangat riskan sekali.


Oleh karena itu, jika Anda berminat membeli mobil pasca Lebaran, sebaiknya membeli di showroom mobil bekas terpercaya. Salah satu showroom mobil bekas seperti ini adalah mobil88.


Showroom mobil bekas milik PT Serasi Mitra Mobil, salah satu lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA. Sebab, mobil bekas yang dijual di mobil88 telah menjalani inspeksi atau pemeriksaan secara menyeluruh oleh inspektor bersertifikat dan terpercaya.


Hasil inspeksi itulah yang menjadi acuan jaminan kondisi mobil untuk diinformasikan kepada pelanggan. Hasil pemeriksaan itu pula yang menjadi acuan penetapan harga, sehingga harga jualnya menjadi lebih objektif dan Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga yang pasti, tanpa perlu was-was soal kualitas.


Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, mobil88 memiliki sistem dan cara kerja profesional yang diakui kredibilitasnya. Untuk mengetahui secara jelas dan rinci tentang mobil88, Anda bisa mengunjungi situs resmi https://www.mobil88.astra.co.id/

1613
Tags